HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

5 Makanan Ikan Mas Supaya Cepat Besar

Makanan ikan mas- Siapa sih yang tidak kenal dengan jenis ikan yang satu ini? Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sebab dagingnya bertekstur lembut, empuk dan rasanya enak serta bergizi tinggi.

Maka tak heran apabila banyak peternak ikan yang membudidayakannya demi meraup keuntungan yang besar. Dan tidak sedikit pula para pembudidaya ikan mas yang terus mencari cara agar ikan yang dipeliharanya cepat besar. Sehingga bisa segera dipanen dan dijual di pasar dengan harga yang sangat tinggi.

Baca: cara budidaya ikan mas yang benar untuk pemula

Bagaimana cara agar ikan mas bisa cepat besar?

Salah satu cara mempercepat pertumbuhan ikan mas adalah dengan memperhatikan faktor makanannya. Oleh sebab itu di sini hobinatang.com akan membahas apa saja makanan ikan mas biar cepat besar dan sehat.

Makanan Ikan Mas


Makanan Ikan Mas

Sebenarnya jenis pakan ikan mas sendiri hampir sama dengan jenis pakan mas koki. Hanya saja di sana ada sedikit perbedaan antara makanan ikan mas biasa dan ikan mas koki. Baiklah langsung saja berikut jenis-jenis pakan ikan mas supaya cepat besar.

1. Makanan Ikan Mas Pelet

 

Makanan Ikan Mas Pelet

Kebanyakan dari pembudidaya ikan mas menggunakan pakan buatan untuk mempercepat pertumbuhan si ikan. Salah satu pakan buatan tersebut adalah pelet.

Pakan pelet sangat cocok sekali diberikan pada ikan mas baik yang masih anakan atau dewasa. Rata-rata peternak ikan mas menjadikan pelet sebagai makanan utamanya. Karena takaran gizi dan nutrisi di dalam makanan buatan ini sudah disesuaikan dengan kebutuhannya.

Sehingga tidak semua produk pelet memiliki fungsi yang sama. Ada yang berfungsi mempercepat pertumbuhan dan ada pula fungsi lainnya. Nah, agar cepat besar sebaiknya memilih produk pelet yang proteinnya tinggi di atas 32%. Atau bisa juga kalian menanyakan langsung kepada penjualnya tentang merk pelet yang bisa mempercepat pertumbuhan ikan mas.

2. Cacing Tanah


Makanan Ikan Mas Cacing Tanah

Kadang tidak selamanya kita bisa membeli pakan pelet. Lambat laun kita akan kesulitan mengeluarkan biaya untuk pakan buatan seperti pelet. Apalagi kalau pengeluaran kita tidak seimbang dengan hasil penjualan ikan masnya. Maka sebagai alternatif lainnya kita dapat memakai pakaian mas alami seperti cacing tanah.

Selain pelet, cacing tanah juga sangat baik bagi pertumbuhannya. Sebab cacing tanah mengandung protein hingga 40% atau lebih. Jadi dapat membantu pertumbuhan ikan mas.

Disamping itu ikan mas juga sangat menyukai pakan cacing tanah alias makanan favoritnya. Dan untuk mendapatkannya pun cukup mudah, sobat bisa mencarinya di kebun atau tempat berlumpur. Akan tetapi bila kalian mau memberikan cacing tanah pada ikan mas sebaiknya dicuci dahulu agar tidak menyebarkan bibit penyakit yang menyebabkan kematian pada si ikan.

3. Ulat Daun Pisang


Makanan Ikan Mas

Makanan ikan mas yang ketiga adalah ulat daun pisang. Ulat daun pisang diyakini memiliki kandungan nutrisi sangat banyak sehingga dapat membantu pertumbuhan ikan mas dengan baik. Kalian bisa menjadikannya sebagai makanan pokok atau sampingan.

Untuk mendapatkannya kalian bisa mencari di bagian daun pohon pisang yang tergulung. Kemungkinan besar di dalamnya terdapat ulat.

4. Cacing Sutera


Makanan Ikan Mas cacing sutra

Pakan ikan mas alami cacing sutera juga sangat direkomendasikan sebab mengandung gizi dan nutrisi lengkap. Proteinnya saja mencapai 45% dan lemak 13%. Umumnya cacing sutra diberikan pada ikan yang masih kecil atau bibit.

Habitat cacing sutera berada di perairan yang kotor. Maka dari itu kalian harus hati-hati saat memberikan  cacing sutra pada ikan mas. Disarankan agar dicuci dulu dan direndam di dalam air bersih selama 3 hari berturut turut. Jika tidak ingin repot langsung saja beli pada penjual cacing sutra tanpa mencucinya.

5. Kroto 


Makanan Ikan Mas Kroto

Makanan terakhir ikan mas supaya cepat besar adalah kroto. Kroto merupakan telur semut rang rang dan berukuran cukup besar. Kroto juga mengandung protein yang tinggi loh. Dan untuk mendapatkannya kalian bisa mencari di pohon-pohon atau jika malas bisa membelinya pada peternak kroto. Karena sekarang sudah banyak yang menernaknya.

Itulah kelima jenis makanan ikan mas supaya cepat besar dan menyehatkan. Tapi yang terpenting adalah kalian harus memperhatikan manajemen pemberian pakan pada ikan mas. Dan setiap umur berbeda-beda polanya. Misalnya untuk pembesaran, dosis pelet yang harus kalian berikan berkisar 3-5% dari bobot ikan. Sedangkan frekuensi pemberiannya sebanyak 3-7 kali dalam sehari.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Gurame agar Cepat Besar dan Panen

Terkait manajemen pemberian makanan bisa kalian temukan pada tutorial cara budidaya ikan mas konsumsi.

0 Komentar 5 Makanan Ikan Mas Supaya Cepat Besar

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top