HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

6 Cara Memilih Indukan Landak Mini Yang Berkualitas

Memilih indukan landak mini merupakan salah satu tahapan dalam ternak landak mini. Apabila sobat ingin budidaya landak mini sebaiknya kalian harus jeli dalam memilih indukannya, entah untuk indukan jantan maupun betina. Sebab kualitas indukan akan mempengaruhi keturunan yang akan dilahirkan.

Jika kalian mengawinkan indukan landak mini yang kualitasnya buruk, maka akan menghasilkan anak yang buruk pula. Namun sebaliknya jika kualitas dari indukan baik maka akan menghasilkan keturunan yang baik sehingga bisa mendapat untung yang maksimal.

Bagaimana cara membeli indukan landak mini yang baik dan bagus untuk diternakkan?

Cara Memilih Indukan Landak Mini


Paling tidak ada 5 faktor yang membuat indukan landak mini menjadi berkualitas. Apa saja?

1. Umur Induk Harus Matang


Cara Memilih Indukan Landak Mini Yang Berkualitas

Yang pertama ditinjau dari segi usia indukan landak mini. Pilihlah Indukan yang sudah berusia 6 bulan ke atas. Baik untuk jantan maupun betina. Ingat ya sob 6 bulan jangan kurang dari 6 bulan lantas indukan betina sudah dikawinkan. Sebab di usia tersebut sistem reproduksi dan mental sudah siap. Sehingga bayi yang ada di dalam kandungan lebih berkualitas.

Sistem reproduksi yang belum siap namun sudah dipaksa untuk melahirkan biasanya akan merugikan si betina, bisa jadi ia tidak dapat dikawinkan lagi atau tidak bisa melahirkan lagi. Karena sistem reproduksinya sudah rusak akibat perkawinan dibawah usia 6 bulan.

2. Indukan Landak Mini Sehat dan Kuat


Cara Memilih Indukan Landak Mini Yang Berkualitas

Memilih indukan yang sehat dan kuat sudah jelas menjadi prioritas utama. Bila salah satu indukan ada yang sakit maka jangan dipilih karena akan berakibat buruk pada keturunannya nanti. Standart indukan sehat ialah:

  • Tidak ada cacat tubuh dan kulitnya mulus tidak scabies alias korengan.
  • Hidung dan mata landak mini tidak mengeluarkan cairan atau belek. Jika mengeluarkan kemungkinan besar itu penyakit.
  • Yang jantan biasanya lebih agresif.
  • Tidak ada lecet di bagian kaki.

3. Bersih dan Terawat


Cara Memilih Indukan Landak Mini Yang Berkualitas

Cara memilih indukan landak mini yang ketiga adalah melihat kondisi tubuhnya. Apakah bersih atau kotor, terutama di daerah perut. Sebab landak mini yang kotor menunjukkan kurang baiknya dalam merawat landak mini. Biasanya pemilik sebelumnya malas membersihkan kandang dan mengganti substrat. Jadi carilah yang baik dan bersih.

Baca: cara merawat landak mini yang baik dan benar

4. Induk Landak Mini Sudah Jinak


Cara Memilih Indukan Landak Mini Yang Berkualitas

Tips selanjutnya adalah memilih indukan yang jinak. Untuk mengetahui apakah indukan landak mini jinak atau tidak ialah dengan memegangnya. Apabila ia gulung gulung lalu kembali ke posisi semula kemudian mengendus endus tangan anda berarti dia tidak takut dengan anda. Namun jika dia bertingkah galak alias takut maka ia belum jinak. Indukan yang belum jinak dan galak akan menurun pada anaknya dan kemungkinan besar susah untuk dikawinkan.

Baca: cara menjinakkan landak mini bagi pemula

5. Dari Keturunan yang Berbeda


Cara Memilih Indukan Landak Mini Yang Berkualitas

Cara yang kelima yang ini  juga tidak kalah penting sob. Pilihlah indukan yang berasal dari keturunan yang berbeda. Jangan yang saudara kandung atau sedarah. Karena hasil perkawinan dari indukan yang sedarah akan menghasilkan anak yang cacat atau sakit. Jika anak yang dilahirkan dari indukan yang berbeda keturunan maka akan menghasilkan indukan yang sehat.

6. Membeli Landak Mini yang Sejenis


Memilih landak mini yang sejenis bukan berarti sedarah. Misalnya kalau kalian ingin menghasilkan landak mini jenis pinto maka pilihlah indukan jantan dan betina dari jenis pinto juga. Jangan kalian mengawinkan antara jenis landak mini albino dengan pinto. Sebab hasilnya pasti berbeda.

Baca juga: cara ternak landak mini yang baik dan menguntungkan

Itulah 5 poin tips memilih indukan landak mini jantan dan betina yang mudah dan baik bagi pemula. Baiklah itu saja dari kami. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. sekian terimakasih.

0 Komentar 6 Cara Memilih Indukan Landak Mini Yang Berkualitas

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top