Cara Ternak Landak Mini Yang Baik Bagi Pemula

Ternak landak mini- Hai sob, beberapa waktu lalu kami melihat para pedagang di pasar yang menjual hewan mungil landak mini di setiap pinggir jalan. Hal itu menunjukkan bahwa pencinta landak mungil ini semakin meningkat. Menurut kamus wiki, landak mini sendiri merupakan binatang pengerat atau eksotis yang lucu dan populer. Awalnya mereka berasal dari Amerika Serikat, tapi saat ini landak mini bisa ditemukan di mana saja, mulai dari Asia, Eropa, Selandia baru atau Afrika.

Melihat penggemar landak mini terus meningkat dari tahun ke tahun, nampaknya budidaya landak mini menjadi peluang besar untuk usaha sampingan yang menguntungkan. Beternak landak mini adalah jalan satu-satunya untuk menyalurkan hobi menjadi pundi-pundi uang. Syukur-syukur bisa menambah uang jajan kita. Apalagi buat mahasiswa yang sedang merawat landak mini di kontrakan atau di rumahnya. Bagaimana cara ternak landak mini bagi pemula?

Cara Ternak Landak Mini


Ternak Landak Mini
Gambar by facebook Syaiful Cmn Solo

Cara ternak landak mini tergolong mudah bahkan bagi seorang pemula. Binatang yang beratnya hanya 200-700 gram ini mempunyai kekebalan tubuh yang cukup bagus serta mudah dikembangbiakkan atau dikawinkan. Berikut tahapan-tahapan dalam budidaya landak mini:

1. Merencanakan Modal Yang Dibutuhkan


 Ternak Landak Mini Yang Baik dan Menguntungkan

Sahabat Hobinatang.com, pertama yang harus kalian lakukan adalah menghitung modal yang diperlukan untuk beternak landak mini. Mulai dari indukan, kandang, makanan dan lain sebagainya. Di sini saya akan mencoba menghitung modal bila kalian beternak 2 pasang landak mini. Misal:
  • 2 kandang akuarium (45x40x25) @Rp.80.000 : Rp. 160.000
  • 2 Tempat minum @Rp. 15.000 : Rp. 30.000
  • 2 Serbuk kayu @Rp. 15.000 : Rp. 30.000
  • Total: Rp. 220.000
Nah, itu baru biaya kebutuhan, untuk harga induk hamster belum dihitung sebab setiap jenis hamster berbeda harganya. Silahkan baca: harga dan jenis landak mini paling lucu di Indonesia

Selain itu ada juga biaya operasional bulanan seperti pakan ganti serbuk kayu vitamin dan lain-lain. Kalau ditotal semuanya kira-kira hampir 2 juta untuk 2 pasang.

2. Menyiapkan Kandang Landak Mini


 Ternak Landak Mini Yang Baik dan Menguntungkan

Sebagaimana yang sudah kami tulis di atas. Beternak landak mini membutuhkan kandang, namun kandangnya tidak harus tempat yang luas. Sobat cukup menggunakan kandang dari box atau akuarium ukuran (100x50x35) atau di bawahnya. Yang penting landak mini bisa nyaman saat berada di dalamnya. Persis seperti hamster, berilah media tambahan untuk kandang landak mini.

Media-media tersebut berupa substrat (alas) dari serbuk kayu atau pasir wangi, mainan, tempat minum dan tempat makan. Untuk lebih lengkapnya baca: cara merawat landak mini yang benar bagi pemula

3. Menyediakan Pakan Untuk Induk Landak Mini


 Ternak Landak Mini Yang Baik dan Menguntungkan

Pakan landak mini juga tidak rumit sob. Dia sama seperti hamster bisa memakan serangga ulat hongkong dan jangkrik. Malah dia juga bisa makan makanan buatan dari pabrik seperti pakan anjing atau kucing. Adapun landak mini yang baru saja disapih, maka segera hentikan minum susunya dan ganti dengan air minum biasa.

Disarankan agar jangan memberi makan yang terlalu banyak atau berlebihan karena akan mengganggu kesehatan induk landak mini. Supaya makanannya bervariasi dan tidak bosan sebaiknya selalu dikombinasikan antara makanan alami dan pabrik. [Baca: Makanan Landak Mini yang Menyehatkan]

4. Memilih Indukan Yang Berkualitas


 Ternak Landak Mini Yang Baik dan Menguntungkan

Sebelum kalian membudidayakan landak mini sebaiknya jeli dalam memilih indukan. Sebab indukan yang berkualitas akan mempengaruhi dan menurun pada anaknya. Sebenarnya poin ini pernah kami bahas panjang lebar dalam artikel, tips memilih indukan landak mini yang bagus dan berkualitas. Di sana tertulis bagaimana cara memilih induk yang unggul.

Misalnya memilih indukan landak mini yang sudah berusia 6 bulan keatas. Karena pada usia tersebut landak mini sudah siap dari segi mental dan reproduksinya, sehingga ia bisa merawat bayinya sendiri ketika sudah lahir. Di samping itu kalian harus memperhatikan dari sisi kesehatan, kejinakan, keturunan dan perawatan dari pemilik sebelumnya.

5. Mengawinkan Landak Mini


 Ternak Landak Mini Yang Baik dan Menguntungkan

Cara ternak landak mini selanjutnya adalah dengan mengawinkan agar beranak pinak. Lalu gaimana sih cara mengawinkan landak mini?

Caranya ada dua macam, yang pertama campur landak mini jantan dengan betina pada satu tempat selama 30 hari, lalu setelahnya pisahkan mereka. Kemungkinan si betina sudah hamil dan tinggal menunggu bayinya lahir.

Cara yang kedua adalah dengan mencampur landak mini jantan dengan betina selama 3 hari lalu pisahkan mereka selama 2 hari, setelah itu campur lagi selama 3 hari lalu pisahkan selama 2 hari. Lakukan hal itu terus menerus selama 1 bulan. Jika sudah, kemungkinan si betina sudah hamil dan tinggal menunggu hasil. Biasanya indukan betina landak mini akan melahirkan setelah 35-42 hari dari perkawinannya.

Anda bisa mengawinkan landak mini sebanyak 2-3 kali dalam setahun. Selama landak mini betina hamil dia menjadi agresif jadi sebaiknya jangan sering-sering membersihkan kandangnya, karena itu akan mengganggu si betina.

6. Merawat Anak Landak Mini


Cara Ternak Landak Mini Yang Baik dan Menguntungkan

Bila anak landak mini sudah lahir selanjutnya adalah merawat anak landak mini. Pisahkan indukan jantan dari anak anaknya untuk menghindari kanibalisme (indukan jantan makan anaknya sendiri) dan jangan sampai bayi landak mini tersentuh tangan manusia, hal itu membuat indukan betina jadi tidak mau menyusui karena bayinya sudah bau tangan manusia.

Pindahkan bayi landak mini pada kandang khusus agar mudah merawatnya, anda bisa menggunakan sendok atau pouch untuk memindahkannya biar tidak bau tangan manusia. Jika usianya sudah 2 bulan, bayi landak mini bisa disapih dan biarkan mencari makan sendiri seperti landak mini dewasa.

Itulah cara ternak landak mini yang baik secara lengkap dan praktis bagi pemula. Baiklah semoga artikel ini bermanfaat untuk para hobiis landak mini yang baru mulai beternak landak mini. Sekian dari kami terimakasih

0 Komentar Cara Ternak Landak Mini Yang Baik Bagi Pemula

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top