HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Inilah Makanan Landak Mini Yang Baik dan Menyehatkan

Makanan landak mini- Binatang eksotis landak mini tergolong cukup unik dan menarik. Dia tidak seperti landak hutan yang mempunyai racun berbahaya, melainkan dia seperti binatang hamster yang berkarakter lucu dan aman untuk dipelihara.

Selain lucu, landak mini juga mudah dirawat dan tidak mudah mati. Sehingga banyak yang menjadikannya sebagai binatang peliharaan di rumah. Dan sebagian hobbies di Indonesia membudidayakannya untuk dijual kepada sesama komunitas pecinta landak mini atau para konsumen yang masih pemula.

Bagi siapa saja yang merawat landak mini tentu harus tahu tentang jenis makanan landak mini yang baik. Karena asupan makanan merupakan faktor terpenting dalam pertumbuhan landak mini. Jangan sampai landak mini diberi pakan yang salah, bisa-bisa ia akan sakit atau bahkan mati. Apa saja makanan landak mini?

Baca juga: Cara Merawat Landak Mini Bagi Pemula yang Baik dan Benar

Makanan Landak Mini Yang Baik dan Menyehatkan


 Makanan Landak Mini Yang Baik dan Menyehatkan

Di bawah ini hobinatang.com merangkum daftar makanan untuk landak mini yang boleh diberikan padanya dan yang tidak boleh diberikan, alias harus dihindari.

1. Pakan Kucing atau Anjing


 Makanan Landak Mini Yang Baik dan Menyehatkan

Jenis pakan pertama ialah cat food dan dog food. Kedua jenis makanan tersebut sudah sangat umum dan sering dipakai sebagai makanan landak mini. Lagi pula di dalam pakan tersebut mengandung banyak protein, gizi dan nutrisi yang berfungsi membentuk pertumbuhan otot landak mini.

Disarankan agar memilih makanan kucing atau anjing yang berbau amis seperti daging ayam, sapi atau ikan untuk menambah nafsu makannya. Takarannya adalah 2-4 sendok makan untuk sepasang landak mini.

2. Biji Bijian, Sayuran dan Buah


 Makanan Landak Mini Yang Baik dan Menyehatkan

Selain makanan kucing dan makanan anjing, biji bijian, buah dan sayuran juga bisa dijadikan pakan selingan landak mini. Bahkan sebagian mereka sangat menyukai buah, biji-bijian dan sayuran. Yang penting pakan tersebut mudah dicerna.

Misalnya kacang polong, buah pepaya, wortel dan masih banyak lagi yang lainnya. Adapun untuk masalah kandungan nutrisi dan gizi tidak diragukan lagi, sebab jenis makanan ini kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik bagi kesehatan landak mini.

4. Jangkrik, Ulat Hongkong dan Kroto


 Makanan Landak Mini Yang Baik dan Menyehatkan

Selain 2 menu di atas, anda juga bisa memberikan makanan alternatif atau cemilan berupa jangkrik, ulat hongkong dan kroto. Kandungan protein dan lemak yang ada di dalam pakan tersebut sangat tinggi dan seimbang. Sehingga bagus bagi pertumbuhannya.

Untuk landak mini yang normal (sedang tidak sedang hamil) berikan cemilan sebanyak satu kali dalam 3-7 hari. Dan untuk landak mini yang sedang hamil, menyusui atau masih dalam masa pertumbuhan, sebaiknya diberikan sebanyak satu kali dalam 2-3 hari.

4. Pakan Landak Mini Racikan


 Makanan Landak Mini Yang Baik dan Menyehatkan

Pada dasarnya landak mini memerlukan pakan yang mengandung protein, karbohidrat dan rendah lemak. Dalam sehari ia membutuhkan 70-100 kalori (tapi semua tergantung berat badan si landak mini) kemudian jumlah protein sebanyak 28-30% atau dua kali jumlah FAT yaitu 15-16%.

Jadi jika sobat ingin merciknya sendiri, gunakanlah bahan bahan segar seperti daging yang dimasak tanpa bumbu dan sayuran berupa kubis, kol serta sayuran hijau lainnya. Adapun buah buahan bisa diberi apel dan pir. Berikan pakan tersebut 4 kali dalam seminggu. Jangan setiap hari ya sob supaya tidak bosan.

Itulah 4 jenis pakan landak mini yang bagus untuk dikonsumsi oleh hewan kesayangan anda. Lalu apa saja makanan landak mini yang harus dihindari?

Makanan Landak Mini yang Harus Dihindari


 Makanan Landak Mini Yang Harus Dihindari

Makanan landak mini yang harus kalian hindari adalah jenis pakan yang mengandung pengawet kimiawi seperti ethoxyquin, BHA dan BHT. Kemudian makanan yang mengandung pemanis dan pewarna aditif.

Karena pemanis banyak kalorinya daripada gizinya seperti sirup jagung dan sukrosa. Adapun untuk pewarna aditif dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Dan apabila landak mini keseringan mengkonsumsi tiga bahan kimia di atas, maka akan mengakibatkan kanker, kerusakan hati dan gangguan kesehatan lainnya pada tubuh si landak mini.

So, berhati hatilah dalam memilih makanan hewan. Karena kadang sebagian besar dari hobiis lebih tertarik pada pakan yang berwarna warni, padahal pakan itu sama sekali tidak sehat alias mengandung bahan pewarna aditif, pengawet dan pemanis.

Baca: Tips Ternak Landak Mini, Lengkap!!

Akhirnya selesai juga pembahasan makanan landak mini yang baik dan sehat untuk dikonsumsi. Semoga informasi ini bermanfaat buat para pecinta Landak Mini di Indonesia. Bagikan sob, jangan dicopas kecuali menyertakan sumbernya.

0 Komentar Inilah Makanan Landak Mini Yang Baik dan Menyehatkan

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top