4 Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar

Makanan ikan nila supaya cepat besar- Ikan nila memang termasuk ikan konsumsi yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Biasanya mereka mengolahnya menjadi lauk pauk yang lezat dan sehat. Hal itu menunjukkan permintaan nila di pasaran semakin meningkat. Dan menjadi peluang tersendiri untuk beternak ikan nila.

Berbicara mengenai budidaya ikan nila, biasanya para peternak pemula menginginkan ukuran ikannya bisa cepat besar dan lekas dipanen. Sedangkan menurut para ahli faktor yang paling menentukan dalam pertumbuhan ikan nila adalah asupan makanannya. Untuk itu hobinatang.com di sini akan membahas jenis pakan ikan nila biar cepat besar. Berikut ulasannya:

Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar


Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar

Membudidayakan ikan nila merah atau jenis nila lainnya membutuhkan asupan makanan yang cukup dan baik. Mulai dari protein, karbohidrat, vitamin dan mineralnya. Namun di antara itu semua yang paling dibutuhkan adalah makanan yang mengandung banyak protein dan pemberian probiotik karena dapat membantu pertumbuhan si ikan. Semakin banyak protein yang diberikan maka semakin cepat pula ikan nila tumbuh besar. Lalu apa saja makanan nila yang mengandung banyak protein dan vitamin serta gizi seimbang?

1. Makanan Cacing Sutera


Cacing Sutra Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar

Jenis pakan nila supaya cepat besar yang pertama ialah cacing sutra alias Tubifex sP. Menurut penelitian cacing sutera memiliki kadar protein tinggi hingga 40-57%, lemak 10-13% dan serat 2.04%. Sehingga sangat baik bagi pertumbuhan ikan nila terutama untuk yang masih anakan.

Di samping itu cacing sutra juga kerap menjadi pakan andalan bagi para peternak ikan. Entah ikan konsumsi maupun ikan hias seperti guppy dan cupang. Sebab cacing sutra memang diyakini dapat mempercepat pertumbuhan ikan.

Adapun untuk mendapatkannya kalian bisa mencari sendiri di parit atau membelinya pada penjual. Jika sobat memilih mencari sendiri di comberan atau parit sebaiknya dicuci terlebih dahulu sebelum diberikan pada anakan ikan nila. Hal itu bertujuan supaya tidak ada bakteri penyakit yang akan membahayakan si ikan.

2. Pellet Ikan Nila


Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar

Jika poin pertama adalah makan nila alami maka untuk satu ini adalah pakan buatan pabrik atau biasa kita sebut pellet. Umumnya masing masing produk memiliki takaran gizi dan protein yang berbeda-beda. Semua tergantung fungsi dan kebutuhannya.

Tapi bila sobat menginginkan ikan nila bisa cepat besar sebaiknya memilih jenis pellet yang mengandung gizi tinggi. Dan bila menginginkan pertumbuhan ikan yang lebih cepat lagi, kalian bisa menambahkan probiotik pada pakan pabrik (nanti akan dibahas di poin 4)

3. Tumbuhan Azola


Azola Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar

Azola Pakan Ikan Nila

Apa itu azola? Azola merupakan tumbuhan paku air yang tumbuh dari suku Azzollaceae, ia hidup mengapung di atas air. Penggunaan pakan nila dengan azola memang belum banyak. Karena sedikit dari mereka tidak mengetahui manfaat dari pakan tersebut. Padahal Azola mengandung nutrisi dan protein yang cukup baik hingga 33%. Sehingga sangat menjanjikan untuk membantu pertumbuhan si ikan nila.

Selain itu pemberian pakan azola juga dapat mengurangi pengeluaran kita sebab harganya yang murah. hehe

4. Menambahkan Probiotik Ikan Nila


Pemberian probiotik merupakan hal yang paling penting dalam pemberian pakan ikan nila. Probiotik sering dipakai oleh para peternak ikan nila, gurame, lele dan lain sebagainya supaya ikan tersebut bisa dipanen lebih cepat dengan ukuran yang ideal. Selain dapat memicu pertumbuhan, probiotik juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh ikan dari serangan parasit berbahaya seperti bakteri dan virus.

Baca juga: cara budidaya ikan gurame agar cepat panen

Adapan probiotik sendiri adalah sekumpulan mikroba atau mikroorganisme yang menguntungkan apabila diberikan pada hewan budidaya. Cara menggunakannya ada dua cara, bisa langsung ditaburkan pada kolam atau dengan mencampurkan probiotik pada makanan ikan seperti pelet atau makanan daun-daunan seperti Azolla. Namun disarankan mencampurkan pada pakan ikan nila agar lebih maksimal.

Alat yang dipakai adalah ember dan gayung saja. Setelah makanan ikan nila dicampur dengan probiotik maka langkah selanjutnya ialah diguyurkan pada kolam. Saat probiotik ini ditebarkan pada kolam, secara otomatis akan menumbuhkan hewan kecil plankton-plankton dan mikroorganisme lainnya. Sehingga dapat menjaga kualitas air dan menambah nafsu makan bagi ikan nila. Probiotik bisa kalian beli di toko ternak terdekat atau bisa juga kalian membuatnya sendiri. Pemberian probiotik cukup dua pekan sekali saja.

Itulah jenis makanan ikan nila agar cepat besar dan sehat. Perlu diketahui bahwa pemberian pakan tergantung budget yang kita keluarkan. Semakin banyak dan semakin mahal pakan yang kita beli maka hasilnya pun juga tidak akan mengecewakan sob. Baiklah itu saja dari kami semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian terimakasih

0 Komentar 4 Makanan Ikan Nila Supaya Cepat Besar

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top