HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

9 Makanan Burung Kenari Yang Bagus Biar Cepat Gacor

Makanan burung kenari yang baik- Kenari merupakan salah satu jenis burung kicau yang populer dan banyak dipelihara oleh hobiis di Indonesia. Setiap hari dia bisa mengeluarkan suara gacor, lantang dan bervariasi di rumah kita. Namun itu semua tidak terwujud apabila kalian tidak memperhatikan dua cara. Yaitu perawatan dan pola makan yang bagus.

Dari segi perawatan kalian harus rutin dan disiplin dalam membersihkan sangkarnya. Kemudian sobat juga harus rajin memandikan dan menjemurnya. Jika perawatan yang diberikan sudah benar, maka kalian tinggal mengatur pola makan dan jenis pakannya.

Agar burung kenari bisa cepat gacor dan ngerol, kalian tidak boleh sembarangan memberikan pakan untuk burung kenari. Meskipun mereka doyan, akan tetapi belum tentu pakan yang kalian berikan itu bagus untuk kualitas kicauannya.

Lalu apa saja pakan burung kenari yang baik dan bagus untuknya?

Baiklah di sini hobinatang.com akan memberikan informasi penting kepada kalian terkait jenis-jenis makanan burung kenari yang bisa membuat dia cepat gacor sepanjang hari.

Pakan Burung Kenari Biar Gacor


Makanan Burung Kenari Yang Bagus Biar Cepat Gacor

Setidaknya ada 9 makanan untuk burung kenari yang sering digunakan oleh para pecinta burung di Indonesia. Dan kesembilan pakan tersebut diyakini dapat meningkatkan keindahan suara kenari jantan.

1. Makanan Kenari Telur Semut (Kroto)


Makanan Burung Kenari Kroto

Jenis pertama adalah telur rang-rang atau biasa kita sebut sebagai kroto. Meskipun burung kenari tergolong pemakan biji-bijian, ternyata kroto juga sangat baik diberikan pada burung kenari. Kandungan protein yang tinggi diyakini mampu meningkatkan stamina, vitalitas atau intensitas ocehannya.

Baca: Cara Budidaya Kroto Rumahan yang Menjanjikan

Cara memberikannya adalah dengan menaburkan telur kroto ke dalam wadah makan burung. Namun kalian harus tahu bahwa tidak semua burung kenari menyukai pakan ini. Jadi sebaiknya kalian campurkan dulu kroto dengan biji-bijian. Bila sudah terbiasa makan kroto, kalian bisa memisahkannya.

Selain itu disarankan juga agar kalian memberi pakan kroto pada kenari sejak ia masih kecil atau berusia muda. Sehingga dia akan terbiasa makan kroto saat beranjak dewasa.

2. Biji Bijian Niger Seed dan Fumayin


Pakan Burung Kenari Niger Seed Biji Hitam
Biji hitam niger seed

Biji bijian merupakan makanan pokok burung kenari sekaligus makanan favoritnya. Biji fumayin dan niger seed (biji hitam) dapat membuat kenari gacor. Namun jika kalian memberikan niger dan fumayin terlalu banyak bisa mengakibatkan ketagihan dan kehangatan tubuhnya. Jadi berikanlah secukupnya dan jangan dijadikan sebagai makanan pokok setiap harinya.

3. Pakan Biji Bijian (Mix)


makanan untuk burung kenari biji bijian

Masih tergolong jenis biji-bijian. Maksud biji-bijian mix ialah makanan kenari yang sudah di kombinasikan dengan berbagai jenis biji-bijian yang disukainya. Misalnya biji milet merah dicampur dengan biji sawi, biji canary seed, biji egg food, biji milet putih atau jenis biji-bijian lainnya.

Untuk mendapatkan jenis biji bijian di atas, kalian bisa membelinya di toko burung terdekat. Tanyakanlah kepada pembeli terkait jenis biji-bijian yang disukai oleh kenari.

4. Sayuran Segar


makanan burung kenari

Disamping anda memberikan buah milet atau canary seed, kalian juga bisa menambahkan sayuran segar sebagai makanan pokok burung kenari. Sayuran segar dipercaya mampu merangsang mood kenari untuk gacor. Sebab di dalamnya terkandung vitamin dan protein nabati yang seimbang.

Jadi sangat baik bagi kicauan dan kesehatannya. Tapi tidak semua jenis sayur cocok untuknya. Berikut beberapa sayuran segar yang biasa diberikan pada kenari:

  1. Sayur gambas/oyong
  2. Jagung muda
  3. Sayur sawi
  4. Wortel
  5. Selada
  6. Sayur kubis
  7. Mentimun
  8. Dan lain lain

Untuk pemberiannya bisa di waktu pagi hari ataupun sore hari.

5. Buah Apel


makanan burung kenari buah buahan

Sudah bukan rahasia lagi kalau burung kenari juga suka memakan buah apel. Setelah ditelusuri ternyata buah apel dapat membuat burung kenari rajin gacor. Cara memberikannya cukup mudah, yaitu dipotong menjadi beberapa bagian kemudian diletakkan di kandang kenari. Birkan dia memakannya.

6. Pakan Kenari Ulat Hongkong


pakan burung kenari ulat hongkong

Cara kerja pakan ulat hongkong hampir sama seperti telur semut rangrang alias kroto. Yaitu mampu membuat kenari rajin berkicau. Karena keduanya sama-sama mengandung protein hewani. Sedangkan untuk porsi pemberiannya sama seperti kroto, jangan terlalu banyak cukup dijadikan pakan tambahan saja.

7. Telur Puyuh Pakan Burung Kenari


makanan kenari telur puyuh

Daftar pakan untuk kenari berikutnya adalah telur puyuh. Telur puyuh bukanlah makanan pokok melainkan makanan pendamping (tambahan) setelah biji-bijian atau buah-buahan. Kandungan protein yang dimilikinya juga bisa membuat burung anda cepat gacor.

Tetapi kalian harus memperhatikan cara pemberiannya. Rebuslah dahulu kemudian ambil bagian kuningannya lalu diberikan kepada burung. Kenapa tidak pakai putih telor? Ya, sebab kandungan vitamin dan gizinya lebih bagus kuningannya daripada putihannya. Apabila telur sudah basi sebaiknya langsung dibuang jangan diberikan pada burung.

8. Biskuit dan Bubur Bayi


Bubur bayi maupun biskuit mengandung gizi yang cukup lengkap. Para hobiis pun sudah banyak yang menggunakan jenis pakan satu ini untuk kenari agar gacor. Penyajiannya pun sangat simpel, letakkan di wadah tanpa dicampur dengan air. Sedangkan untuk biskuit bisa di lembutkan dahulu sebelum diberikan.

9. Daun Mengkudu


makanan burung kenari agar gacor

Poin terakhir dari jenis makanan burung kenari yang baik agar cepat gacor adalah daun mengkudu. Sebagian orang memakai trik ini supaya burungnya memiliki suara yang merdu. Tapi saya juga tidak bisa menjamin cara ini bekerja dengan baik pada burung anda.

Namun tidak ada salahnya juga bila kalian mencoba. Pertama, ambilah daun mengkudu yang masih muda dan gantungkan pada sangkar burung kenari. Biarkan kenari memakannya.

Baca juga: Panduan Ternak Kenari Bagi Pemula

Itulah informasi-informasi penting tentang jenis-jenis makanan kenari agar bisa cepat gacor dan ngerol. Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan anda dan bisa juga berguna buat burung anda. Selamat mencoba.

3 Komentar 9 Makanan Burung Kenari Yang Bagus Biar Cepat Gacor

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top