HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Membuat Kandang Kelinci Sendiri Mudah dan Murah

Cara membuat kandang kelinci- kelinci adalah hewan mamalia yang dulunya hidup di alam liar tepatnya di daerah Afrika. Namun, nampaknya hari ini masyarakat sudah banyak yang membudidayakannya untuk dimanfaatkan dagingnya atau sekadar dijadikan kelinci hias di rumah.

Baca: Perbedaan Kelinci Pedaging dan Hias

Menurut mereka usaha beternak kelinci merupakan usaha yang menjanjikan. Karena untuk membudidayakannya cukup mudah. Selain itu peminatnya juga lumayan banyak. Buktinya sudah banyak yang mencari kelinci pedagang untuk dijadikan sate kelinci lalu dijualnya.

Oleh sebab itu apabila anda tertarik untuk beternak kelinci, baik itu kelinci hias maupun kelinci pedaging. Sebaiknya Anda harus menyiapkan dahulu kebutuhan kebutuhan pokoknya. Salah satunya adalah membuatkan kandang kelinci yang layak.

Baca juga: Cara Ternak Kelinci yang Benar untuk Pemula

Dan kebetulan hobinatang.com ada waktu kosong sedikit untuk membahas cara membuat kandang kelinci. Meskipun saat ini kandang kelinci banyak dijual di berbagai toko hewan ternak atau pet shop. Tapi tetap saja bagi yang tidak memiliki uang, tentu lebih enak membuat sendiri. Selain murah, kita juga leluasa mendesain bentuk dan ukurannya.

Cara Membuat Kandang Kelinci


Cara Membuat Kandang Kelinci Sendiri Murah

Sejatinya membuat kandang untuk kelinci sangatlah mudah. Apalagi jika anda super kreatif tentu membuat kandang suatu hal yang sangat gampang dan ringan. Namun, sebelumnya ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Yaitu kandang kelinci itu dibagi 3 macam. Individual, koloni dan tingkat.

Cara Membuat Kandang Kelinci Kawat

Jika anda memiliki banyak kelinci dan ingin dipisah pisah, sebaiknya buat kandang kelinci bentuk individual. Sebab kandang kelinci yang bersifat individual bentuknya luas tapi bisa ditinggali untuk satu ekor kelinci saja.

Caranya buatlah berjajar dengan diberi sekat supaya tidak tercampur dengan kelinci yang lain. Lalu setiap tempat diberi ruangan atau kamar sebagai tempat bersembunyi si kelinci.

Cara Membuat Kandang Kelinci

Adapun kandang kelinci koloni (bersamaan), anda harus membuatnya seluas mungkin, karna di dalamnya terdapat banyak kelinci betina, jantan dan anak anak kelinci yang sudah lepas sapih. Koloni bisa ditempatkan di tanah.

kandang kelinci tingkat

Sedangkan untuk kandang kelinci bertingkat, pastikan lantai dua diberi alas agar kotoran kelinci dari atas tidak menjatuhi kelinci kelinci yang ada di lantai satu. Lihat gambar kandang kelinci bersusun di bawah.

Cara Membuat Kandang Kelinci Dari Bumbu
Kandang kelinci dari bambu

Cara Membuat Kandang Kelinci Dari Kawat
Kandang kelinci dari kawat

Cara Membuat Kandang Kelinci Dari Kayu
Kandang kelinci dari kayu

Kemudian membuat kandang kelinci bisa dari kayu, kawat, besi dan bambu. Jika kalian maunya murah gunakan bambu saja. Harganya murah sekitar 10.000 sampai 15.000 an. Adapun untuk luas, lebar dan tingginya disesuaikan jumlah kelinci serta model kandang seperti apa.

Misalnya saya mau membuat kandang model individual. Maka supaya pengeluaran saya sedikit alias irit. Saya akan membuat seluas luasnya, agar bisa di sekat sekat dan jadi banyak.

Apabila kelinci hanya sedikit misal 2 atau 3 ekor saja, maka ukuran kandangnya yang standar saja. Biasanya luas 120 cm, lebar 75 cm dan tinggi 40 cm. Kalau kalian tidak memberi atap, ukuran tingginya 80cm biar kelinci tidak loncat keluar.

Tapi andaikan jumlah kelinci anda banyak, buatlah ukuran luas 180 cm, lebar 75 cm dan tinggi 50 cm atau lebih jika dibuat bertingkat dan tidak diberi atap.

Ok, setelah Anda mengetahui poin poin penting di atas. Selanjutnya adalah panduan bagaimana langkah langkah membuat kandang kelinci.

1. Sediakan Bahan Bahannya


Cara Membuat Kandang Kelinci Dengan Mudah

Bahan bahan yang harus disiapkan adalah:
  • Kayu untuk kerangka
  • Bambu untuk alas kandang
  • Asbes untuk atap
  • Paku besar dan kecil
  • Engsel untuk pintu
  • Tempat kotoran
  • Kawat untuk bagian ujung kandang
  • Palu
  • Gergaji
  • Obeng

2. Proses Pembuatan Kandang Kelinci


Setelah bahan bahannya sudah siap. Kalian ikuti saja tutorial di bawah ini:


cara membuat kandang kelinci


  • Buatlah kerangka terlebih dahulu dengan kayu, bentuk sesuai ukuran. Luas, lebar dan tinggi sesuaikan jumlah dan model kandang yang anda inginkan.
  • Bila kerangka sudah pas, lanjutkan membuat dindingnya, bisa memakai kayu atau bambu.
  • Kemudian buat alasnya dengan bambu sampai rata dan rapat, tapi jangan terlalu rapat ya sob supaya kotoran kelinci bisa jatuh ke tanah atau bawah kandang yang sudah diberi tempat kotoran.
  • Untuk alas, pernah memakai kardus tapi malah lembab terkena air. Justru dapat menimbulkan bakteri.
  • Selanjutnya buatlah pintu dengan ukuran lebar 15 cm dan tinggi 20 cm.
  • Lalu kamar atau tempat persembunyian yang diletakkan di dalam kandang, ukurannya luas dan lebar 30 cm, tinggi 40 cm.
  • Terakhir adalah atap. Pasang atap dengan asbes, atau terpal atau genting. 

Penempatan Kadang Kelinci yang Baik dan Benar


Rasanya ada yang kurang jika tidak membahas penempatan kandangnya. Sebab ini juga sangat penting. Penempatannya sesuka hati anda. Yang penting syaratnya harus terkena sinar matahari pagi setiap harinya.

Sinar matahari pagi dibutuhkan untuk membunuh kuman kuman yang ada di sekitar kandang dan mengeringkan kandang akibat tumpahan air minum kelinci.

Usahakan kandang kelinci di tempat yang sejuk dan nyaman, seperti di dekat pepohonan yang rindang. Berikut 3 penempatan kandang kelinci yang kami rekomendasikan. Kalian tinggal memilih salah satu yang cocok dan pas seusai keadaan lingkungan rumah Anda.

1. Kandang Kelinci di Luar Ruangan/Outdoor


Meletakkan kandang kelinci di luar ruangan membutuhkan atap dan dinding yang kuat. Agar aman dari predator seperti anjing. Atap juga dibutuhkan untuk melindungi kelinci dari terik matahari panas serta debu yang menyebabkan bakteri.

Kandang kelinci di luar ruangan sangat cocok untuk kelinci peternak tingkat menengah, yang penting masih di dalam pengawasan pemilik alias tidak jauh dari tempat tinggal anda. Selain itu buatlah kandang seperti panggung dengan ketinggian 60-100 cm dari tanah, hal ini untuk menghindari serangan predator yang berasal dari bawah seperti ular.

2. Kandang Kelinci di Dalam Ruangan


Cara Membuat Kandang Kelinci Sederhana

Kandang kelinci di dalam ruangan biasa dipakai untuk kelinci hias dan kelinci peternak tingkat atas. Umumnya di dalam ruangan tidak perlu memakai atap, karena sudah ada atap ruangan, akan tetapi seperti yang saya katakan di atas tadi tinggi kandang harus dibuat 80 cm agar si kelinci tidak loncat keluar. Pastikan kandang kelinci harus tetap aman dari predator yang kemungkinan datang menyerang.

3. Kandang Kelinci yang Bisa Dipindah Pindah


Kandang Kelinci yang Bisa Dipindah Pindah

Yang terakhir ini adalah yang paling simpel. Karena bisa dibawa kemana mana. Meskipun anda membawa kelinci ke luar rumah, kandangnya bisa dibawa. Atau saat anda ingin tidur bersama kelinci, maka anda bisa membawa kandangnya juga ke kamar. Biasanya penempatan kandang tersebut dipakai untuk kelinci hias kecil. Dan bentuk kandangnya juga minimalis dan bersih.

Nah itulah panduan lengkap cara membuat kandang kelinci sendiri yang mudah dan murah. Bila anda masih bingung, cobalah perhatikan gambar gambar kandang yang sudah kami sediakan di atas. Apabila kandang sudah selesai, anda bisa mendesainnya lebih cantik lagi, misal diberi cat, mainan di dalamnya.

3 Komentar Cara Membuat Kandang Kelinci Sendiri Mudah dan Murah

  1. Gan knp klinci sy gx mau mkan pelet yh?

    ReplyDelete
  2. Gan knp klinci sy gx mau mkan pelet yh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampean pakai pelet warna hijau ya? Pelet hijau keras teksturnya mba. Coba cari yang berwarna coklat muda.

      Kalau mau ngasih pelet, sebaiknya pelan pelan. Kasih makanan yang biasa dia makan dulu, sambil di tambahi pelet pelan pelan.

      Jika cara itu tidak manjur, ada cara lain agar kelinci mau makan. Yaitu dengan memuaskan 1 hari. Setelah lapar pasti dia mau makan apa yang diberi pemiliknya.

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top