Mulut kucing berlendir dan bau- Halo cat lovers, merupakan problem yang sangat serius apabila melihat kucing kita mengidap gejala penyakit pada mulutnya. Misalnya mengeluarkan lendir yang berlebihan dan beraroma tidak sedap.

Banyak pencinta kucing di Indonesia yang mengalami hal ini, buktinya tidak jarang yang bertanya di forum-forum Facebook, “Kenapa ya, kok mulut kucing saya berlendir dan mengeluarkan bau tak sedap? Bagaimana cara mengobatinya?“. Seperti itu kira-kira pertanyaan mereka yang pernah kami jumpai di sebuah grup Facebook.
Untuk itulah di sini hobinatang.com mencoba membantu memecahkan permasalahan anda. Kami akan menulis beberapa penyebab mulut kucing berlendir dan berbau kemudian disertai bagaimana cara mengobatinya.
Tulisan ini dikutip dari situs luar negeri yang ditulis oleh Drh. Kevin (baca sumber di bawah).

Penyebab dan Cara Mengatasi Mulut Kucing Berlendir dan Bau

Penyebab dan Cara Mengatasi Mulut Kucing Berlendir dan Bau

Ada beberapa penyebab terhadap masalah mulut kucing. Ada yang tergolong wajar dan ada pula yang tergolong parah atau bahaya.

1. Kucing Mengeluarkan Lendir Akibat Muntah

Kadangkala kucing merasa mual dan memuntahkan makanan yang tidak cocok bagi pencernaannya. Gejala ini sangat umum dialami oleh kucing. Maka untuk mengatasinya diamkan dulu selama 30 menit, apabila sebelum 30 menit kucing sudah tidak mengeluarkan air liur, tandanya gejala ini hanya gejala biasa. Yaitu muntah dan mual.
Namun apabila sudah 30 menit si kucing masih mengeluarkan banyak air liur, ini sudah masuk ke dalam masalah yang serius.

2. Indikasi Cedera pada Mulut Kucing

Mengeluarkan air liur yang berlebihan pada kucing bisa juga akibat cedera mulut. Misalnya ada tulang yang bersarang di antara gusi giginya, atau ada sariawan yang menyerang di antara sela-sela mulutnya.
Sehingga yang paling penting harus kita lakukan adalah melihat langsung ke dalam mulut apakah ada sesuatu yang membuat dia kesakitan atau tidak. Segera obati bagian yang terluka pada mulut kucing.

3. Virus Calici

Mulut Kucing Berlendir dan Bau

Inilah penyakit yang harus kalian waspadai dan juga kerap dialami oleh pencinta kucing. salah satu penyebab utama kucing meneteskan air liur yang baunya tidak sedap adalah virus calici.
Virus calici merupakan virus pernafasan yang biasanya menyerang hewan kucing. Virus ini juga mampu menular kepada kucing lainnya. Sedangkan tanda-tanda kucing yang terkena virus calici adalah:
  • Mengeluarkan air liur yang berlebihan dan bau tidak sedap.
  • Kucing mendadak lemas tidak bergairah alias lesu.
  • Sering bersin dan tidak responsif.
  • Jalan pincang.
Pertama yang harus kalian lakukan apabila mendapati gejala diatas adalah memisahkan kucing yang terkena virus calici dengan kucing lainnya supaya tidak menular kemana-mana.
Selanjutnya bawalah ke dokter hewan secepat mungkin agar mendapat penanganan yang profesional. Biasanya nanti akan diberi obat antibiotik berfungsi membunuh virus virus tersebut. Pertolongan pertama mungkin sobat bisa memberi air kelapa hijau yang dapat menetralisir virus calici. Tambahkan juga vitamin kucing.
Perlu kami tegaskan, masalah ini sangat serius dan butuh penanganan dokter hewan. Jadi kalau memang Anda sayang terhadap kucingnya, jangan ragu ragu bawa ke dokter hewan untuk mendiagnosa penyebabnya lebih lanjut.

4. Kanker Mulut

Mulut Kucing Berlendir dan Bau

Gejala kanker mulut ditandai dengan keluarnya cairan yang berbau busuk. Keluar darah dari mulut yang terkena kanker serta gigi kucing mudah lepas. Jika kucing sudah terkena kanker mulut maka dia akan sulit untuk makan dan bahkan berhenti tidak mau makan lagi, hal ini disebabkan karena sakit yang ia rasakan sungguh luar biasa. Selain itu anda akan mendapatinya lebih sering tidur dan bersuara seperti kesakitan.

Penyakit jenis ini memang terbilang prognosis yang buruk, sehingga anda harus membawanya segera ke dokter hewan untuk pemeriksaan secara biopsi pada bagian kulit atau tumor mulut si kucing. Bila anda terlambat dan kucing sudah terlalu lemah, maka untuk memeriksa biopsi pada tumor atau kankernya akan lebih sulit.
Itulah empat faktor yang dapat membuat mulut kucing berlendir dan bau. Agar terhindar dari itu semua sebaiknya kucing diberi vaksin dan makanan yang bergizi. Sehingga kekebalan tubuhnya semakin kuat. Sekian (bersumber dari tulisan Dr. Kevin di situs justanswer dan medhelp)

73 responses to “Penyebab dan Cara Mengatasi Mulut Kucing Berlendir dan Bau”

  1. Unknown Avatar
    Unknown

    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    1. my way Avatar
      my way

      min kucing saya tadi sore tiba tiba pulang kerumah sehabis pergi mulutnya berlendir dan bau, umurnya 1 tahun dan baru saja melahirkan. kucingnya jadi ga bisa makan karena kalo makan yang kering kesakitan, sudah saya kasih makanan lembek tapi dimakanya sedikit. bagaimana ya min cara mengatasinya karena kucingnya sedang menyusui juga

  2. Unknown Avatar
    Unknown

    Salam . Kenapa anak kucing saya baru dilahirkan 6 hari . Tapi nggak mau minum susu ibunya . Mulutnya berair terus ?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Apakah sudah di cek mulutnya kak? Karna masih bayi kadang rentan cidera rahang/mulut kucing akibat terbentur atau lainnya.

    2. Kartikameilani Avatar
      Kartikameilani

      Hi ka, saya mau tanya dong kucing saya mulutnya hitam gitu kadang suka sampe berdarah dan mengeluarkan bau tidak sedap, tidak bisa makan dan minum saya sedih ka. Trus pas saya liat ke dalam mulutnya sudah kaya berdarah berdarah gitu ka. Mohon jawabannya ya

  3. Anonim Avatar
    Anonim

    Kucing saya hbs pergi 2 hari pulang2 mulutnya engeluarkan air liur, warna mulutnya kotor kyk item2, dia mau minum tp ga bisa, trs dia pupnya warna kuning cair itu knp ya? Trima kasih.

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Turut sedih dengan apa yang menimpa kucing mabk/mas. Semoga lain kali tidak terjadi lagi.

      Selama 2 hari kucing nya mendapatkan asupan makanan yang kurang terjamin mbak. Baik dari segi gizi maupun lainnya.

      Kemungkinan besar kucing mbak kemasukan bakteri yang membuat mulut jadi berlendir dan buang kotoran yang tidak wajar.

      Coba mbak bari vitamin agar kekebalan tubuhnya kembali baik dan seimbang.

      Bawa ke vet untuk penanganan lebih baik.

  4. Nomi Avatar
    Nomi

    Salam..selamat siang.. Mau tanya.. Kucing saya umur 2,5 bulan..Habis perjalanan kira2 1 jam.. Ketika sampai dirumah kucing mungkin masih bingung..dikasih makan masih belum mau makan..setelah 2 jm kemudian.. Habis pup setelah saya lihat ternyata mulutnya mengeluarkan lendir.. Ini bagaimana ya..terimakasih..

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Selamat siang juga kak. Apakah hidungnya juga mengeluarkan lendir? Sebab pada musim dingin atau musim hujan kucing mudah terkena flu atau biasa disebut dengan cat flu. Terlebih lagi jika diajak perjalanan selama 1 jam. Udara dingin juga bisa memengaruhi.

      Gejala kucing terkena flu adalah nafsu makannya kurang, hudungnya berair dan terlihat malas.

      Nah, jika memang flu, berilah vitamin C kak.

    2. Unknown Avatar
      Unknown

      Selamat siang… Mau tanya dong kucingku mulutnya nggk bisa nutup kenapa ya? Dia berliur terus gk bisa makan

  5. nomsky Avatar
    nomsky

    Mau tanya.. Kucing saya mulutnya berlendir tp masih mau makan lemas sedikt tapi kalo di kasih makanan langsu g lari meongnya juga aga berkurang..

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Saya bingung kak, ini pertanyaannya apa?

      Kalau memang seperti itu, ada indikasi kucing sedang sakit. Apalagi sampai ada perubahan sifat, perlu di priksa kak.

  6. Unknown Avatar
    Unknown

    Mbak kucing saya itu mengeluarkan air liur terus menerus cair dan tidak berbau ,sebelumnya kekuncian di dapur tapi anget .dan kayak g ada tenaga dan kamu makan n minum .

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Yang ditanyakan apa kak? Mohon diperjelas pertanyaannya.

      Kemungkinan lendir biasa kak. Tapi mohon diperjelas 🙂 Makasih kak sebelumnya

  7. Ainun Nuha Al-farisi Avatar
    Ainun Nuha Al-farisi

    kucing saya mulutnya berlendir tapi gak banyak. waktu jilati tubuhnya jadi bau. bau lendirnya seperti bau bangkai. jadi lemas tidur terus. saya paham dia sakit. yang ingin saya tanyakan adalah:

    1. apakah itu berbahaya bagi saya ? karena kucingnya sering masuk kamar saya dan tidur disampig saya

    2. apakah tidak apa apa dalam masa perawatan kucing dimandikan dengan air hangat? terimakasih banyak

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Pertama, kami menaruh prihatin atas apa yang menimpa kucing Anda.

      Terkait penyakit kucing yang menular pada manusia sudah kami bahas sebelumnya. Ada ringwrom (jamur) scabies, toksoplasmosis dan lain lain. Untuk lendir kuncing memang belum ada data menularm Tapi lendir yang bau itu diakibatkan adanya penyakit/bakteri. Mungkin untuk berhati hati Anda harus memberikan tempat khusus untuk perawatan kucing yang sakit.

      Adapun untuk pernyataan kedua, kucing yang sakit sebaiknya jangan dimandikan. Kasih air gula hangat atau tambah madu dan kasih kuning telur biar tambah tenaga dan vit. Makasih (Admin)

  8. Unknown Avatar
    Unknown

    Kucing sya berlendir mulutnya dan berbau, sblom parah masih mau mkan pupnya jga ga mencret, tp lendirnya semakin parah, bdannya lemes, sekranf ga mau mkan, kira2 tindakannya apa ya???

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Terimakasih atas pertanyaannya. Tetkait masalah kucing anda, sudah dipastikan terkena virus. Sehingga aroma lendir tidak sedap. Silahkan pisahkan dulu dengan kucing lainnya.

      Pertolongan pertama beri air kelapa hijau, yang bisa menetralisir racun. Tapi alangkah baiknya kucing anda segera di bawa ke doter hewan. Soalnya keadaan sudah semakin parah.

      Terimakasih, semoga kucingnya lekas sembuh Kak.

  9. Unknown Avatar
    Unknown

    Bagaimana cara meminumkan air kelapa hijau sedang kucingnya ga mau mkn sm minum mulutnya mengeluarkan air liur terus

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Bisa memakai pipet kak. Cara tersebut sudah umum sekali dipakai. Semoga cepat sembuh ya mpus.. :*

  10. Halilah Avatar
    Halilah

    Assalamualaikum, saya ingin bertanya kucing saya bukan sahaja mengeluarkan air liur yang berbau tetapi ia juga menyebabkan kucing saya gatal2 pada bahagian mulut sehingga luka2. Adakah ini tanda penyakit virus calaci atau pom disebabkan luka didalam mulut shja.

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Jika dilihat dari gejalanya (liur+bau) itu disebabkan karena virus kak. Kami sarankan agar segera ditangani oleh Drh. Supaya cepat mendapat perawatan.

  11. Unknown Avatar
    Unknown

    saya mau bertanya dong, knp ya kucing saya mukutnya mengeluarkan liur darah trs & bau sekali, jd nya kucing saya tdk mau makan sudah 6 hari.
    tolong dibantu apa penyebabnya & bagaimana cara pengobagannya krn sya kshan kucing saya jd ga makan sudah 6 hr, badan jd kurus & mulut mengeluarkan liur darah trs… mksh

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Yang pasti terkena virus kak. Melihat tanda tanda yang mas sebutkan bisa jadi terkena virus calici atau virus panleukopenia. Gejalanya ya keluar liur banyak, bau, kadang hidungnya berdarah, Diare, lemas, tidak nafsu makan. Dulu ada 2 kucing yang terkena Calici, satunya sembuh satunya lagi mati.

      Makanya kalau urusan urgen gini sebaiknya langsung diperiksa. Kalau minta solusi ke kami, saya tidak bisa banyak membantu. Paling hanya menyarankan Air Kelapa. Tau gak mba, Air kelapa itu sangat bagus khasiatnya. Bisa menghilangkan racun dan virus pada kucing.

      Pokoknya air kelapa itu lah obatnya untuk pertolongan pertama. Lebih lanjutnya silahakan ke Vet kak.

  12. Maya Afrianita Avatar
    Maya Afrianita

    Kenapa ya mas/mbak kucing saya dah di bawa ke petshop trus sembuh dan penyakitnya kambuh lg mengeliarkan air liur dan sariawan

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Kalau kucing sarian dan keluar liur memang wajar Onty..

      Belikan listeryn greentea di Indom*rt kayaknya. Kemudian dioles pake cutton bud tepat bagian bibirnya. Biasanya sedikit berbusa, tapi gak papa aman Insyaallah.

      Solusi lain bisa pake obat sariawan GOM. Kalau mau lebih cepat sembuh, pergi ke dokter hewan lagi nanti biasanya diberi obat racikan dokter.

  13. Cat Lady Avatar
    Cat Lady

    Mau tanya, saya mudik membawa kucing tp ditengah perjalanan tiba-tiba dari mulutnya keluar air liur yg banyak, yg lama kelamaan jadi berbusa juga tp tidak bau, kira2 itu pertanda gejala apa ya? Dan bagaimana pertolongan pertamanya sampai saya bisa menjangkau vet terdekat, terima kasih.. Oia fyi blm lama kucing saya ini juga pernah ikut perjalanan jauh tp tidak apa2…

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Halo kak, sering terjadi kucing mengeluarkan lendir setelah perjalanan lebih dari 1 jam. Gejala ini biasanya flu kucing. Apakah hidungnya juga berlendir?

      Yang menyebabkan flu adalah udara dingin selama di jalan kak.

  14. Unknown Avatar
    Unknown

    Hallooo kak..
    Saya mau tanya seputar masalah yg dialami kucing saya.
    Tadinya dia periang, gemuk dan doyan sekali makan, tiba2 saja jadi pendiam lalu susah sekali makan, tubuhnya menjadi kurus sekali dan pertumbuhannya lebih lambat dari teman2nya.. Makan 2hari sekali dan sering batuk batuk. Badannya lemas sampai kadang ga kuat untuk jalan.. Kira2 penanganannya bagaimana ya? Karna akhir2 ini kondisi makin memburuk, mata belekan parah sekali. Hidung berlendir dan mulut juga berlendir dan baunya seperti bangkai. Terimakasih

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Sebelum saya ikut sedih dengan kondisi kucingnya Kak. Masalah ini sudah urgent, saya tidak bisa banyak membantu. Pertolongan pertama diberikan ait kelapa saja Kak.

      Kalau tidak ada perkembangan sebaiknya langsung ke Drh terdekat. Nanti biar disuntik dan diberi obat, dipisahkan dulu sama teman teman ya Kak.

  15. Unknown Avatar
    Unknown

    hai aku mau tanya. kucing aku ini usia 3 bulan, kucing domestik. udh beberapa hari ini dia selalu ngeluarin air liur. baunya sih bau air liur plus amis dr makanannya. aku khawatir apakah ini normal atau nggak. kebetulan air liurnya ini keluarnya pas dia tidur. tp sejauh ini nafsu makannya ga berkurang dan tetap lincah seperti biasanya. kebetulan dia ini lg suka main kecoa dan gaketauan, trs aku mandiin pake sabun cair dettol. beberapa hari kemudian dia mulai ngiler seperti yg aku jelaskan diatas. jd apakah kondisi kucingku normal? mohon bantuannya. terimakasih 🙂

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Hai Kak, saya mencoba menjawab berdasarkan ciri ciri yang disebutkan. Kemungkinan bisa keracunan akibat jenis makanan yang dimakan sebelumnya. Biasanya jadi sering mengeluarkan lendir meskipun tidak bau.

      Berbeda dengan gejala virus calici pada kucing, saat terkena virus calici biasanya kucing akan langsung demam, mata berair, sering tidur, saat mulut nya dipegang kesakitan dan liurnya sangat bau.

      Semoga bukan itu Kak

  16. Unknown Avatar
    Unknown

    mau tanya,apa obat buat kucing yg gamau makan,lesu,lemas,tidur terus,dan mulutnya keluar liur juga
    terimakasih

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Air liurnya bau tidak? kalau memang sudah terkena virus calici dibawa langsung ke dokter hewan saja.

      Untuk pertolongan pertama dikasih air kelapa

  17. Unknown Avatar
    Unknown

    Halo kak mau tanya. Sy ad kucing liar yg mampir k rmh tiba2 dia dateng dengan liur dan mengurus langsung sy bawa ke VET akhirnya dia d suntik aja. nah yg satu GK pernah balik lg. Sy pikir sudah meninggal . Tinggal 1 lagi yg parah.. satu hari liur sama ingusnya Ilang tp setelah 5 harian ini ingusnya sama liurnya balik lg kyk hari pertama… Solusinya gimana ya kak ? Musti sy bawa ke VET? Tp sy GK bisa jaga dia soalnya GK selalu d rumah. di rmh jg bnyk jg kucing liar yg mampir.. sy udah usahakan agar tidak bercampur jg makanannya. Kalau segi makanan sy siapin wiskas basah yg pouch 2 kali sehari

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Saran saya dibawa ke VET lagi tapi habis itu diperhatikan prilaku makanannya. Virus datang dari makanan, apa yang ia makan saat di luar. Kalau mau obat tradisional ya, air kelapa itu Kak

  18. KELOMPOK 2 KEWIRAUSAHAAN Avatar
    KELOMPOK 2 KEWIRAUSAHAAN

    Sebelumnya terimakasih atas info artikelnya
    Saya mau bertanya saya punya kucing umur 2 bln tpi klo dia tidur mulutnya mengeluarkan lendir bau juga sudah di lap pakai tisu tpi 30 mnit kmudian keluar lgi air liurnya kenapa yah
    Terimakasih bnyakkk😊😊😊

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Dikonsultasikan ke dokter Kak, itu bisa jadi penyakit dalam biasanya ada masalah di organ pencernaannya atau bisa jadi virus. Sambil dicek apakah ada luka di mulut nya atau tidak, takut ada luka juga di sana

  19. yoland Avatar
    yoland

    Bismillah. Dok, kucing saya mulutnya mengeluarkan lendir atau air liur terus menerus. Sebelumnya ia keluar rumah lumayan lama. Saat pulang mulutnya sudah berliur dan saya lihat saat itu kalung rantainya hilang (saya curiga sakitnya krna kalung itu). Gusinya sedikit bengkak. Sebelumnya mau makan, tapi udh 2 hari dia mogok makan dan minum. Ini terjadi setelah saya lihat air liurnya sedikit berdarah. Dan sekali saya suapi makanan kering, tak lama ia mengeluarkan darah pada air liaurnya. Kira2 apa yang terjadi dengan kucing saya ya dok? Bagaimana cara mengatasinya tanpa harus dibawa ke vet? Sedangkan ia hanya terus tidur dan diam. Mohon solusinya segera dok. Terima kasih.

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Maaf kak telat respon, pas lebaran soalnya 🙂

      Kalau memang karena luka akibat rantai, maka sebaiknya memang di bawa vet biasanya setelah 1 pekan akan membaik. Kalau mau yang alami, pakai air kelapa itu.

  20. Unknown Avatar
    Unknown

    Halo kak.
    Kucing aku umurnya satu taun. Kan kemaren tuh qurban, aku gak tau kucing aku tuh kemana. Waktu dia pulang, sore sore tuh belum gimana gimana. Trus jam 3 pagi aku kebangun gara gara flu trus aku liat kucing aku lagi tidur trus dimulut nya banyak air liur. Waktu siang pulang sekolah air liurnya berkurang tapi waktu diliat lebih dekat sikucingnya gigit gigit lidah jadi banyak air liurnya, pertanyaannya itu tuh kenapa ya? Dan cara mengobatinya gimana? Terima kasih.

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Kalau tidak mengeluarkan bau, hanya sesaat mungkin terserang flu atau sering disebut flu cat. Silahkan beri vitamin C agar kekebalan tubuh dan staminanya terjaga. Selama tidak bau, cepat sembuh. Apakah sebelumnya hujan?

  21. Unknown Avatar
    Unknown

    Assalamualaikum kak
    Ini kan aku kan punya kucing,kucing saya itu sebelumnya suka banget bermain,lari2 sndiri apalagi ada temenya main..uhh mlah seneng banget kak
    Tpi skarang udah gk gtu kak skaranng kucing saya itu sedang sakit udh 2 mingguan kak
    Kakinya tiba2 sakit pincang dan luka2 pda bagian telapak kaki
    trus bberapa hari ini mengeluarka lendir dari mulut
    Apa ya penyebabnya kak dan cara mengatasinya gimana kak

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Waalaikumussalam warahmatullahi wabaraktuh, saya khawatir kucingnya keracunan Kak. Dari sehat tiba tiba seperti itu umumnya keracunan, apalagi 2 pekan belum sembuh. Tentu saja untuk mendapatkan diagnosa lebih lanjut, perlu dibawa ke Drh terdekat. Nanti akan disuntik dan dianjurkan mengambil beberapa obat, untuk penanganan pertama silahkan diminumkan air kelapa hijau sampai sembuh.

  22. Unknown Avatar
    Unknown

    Assalamualaikum kak.
    Mau tanya kucing saya keluar air mata trus , mulutnya juga ada item" sedikir keluarin lendir bau itu knpa ya kak?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Sakit mata Kak. Setiap hari matanya dikompres pakai air hangat dan kapas. Karena juga berlendir, mungkin juga terkena virus, silahkan dikasih minum air kelapa.

      Kalau mau pakai obat, belikan salep Theramisin di Apotk Umum, seblum dioleskn, mata yang sakit dibersihkn pake tissue/kain lembut yg sdh dicelupkn air hngat. Lalu oleskn ke matanya sedkit aja, lakukn 3xsehri. Setiap mau dioles bersihkn lagi matanya. Tidak sampai seminggu langsung sembuh asal rutin

      Semoga membantu.

  23. Unknown Avatar
    Unknown

    Permisi..kucing syaa kenapa beberapa hari ini Susah makan dan Susah minum kemudian mulut nya mengeluarkan liur,mulut nya mengeluarkan bau busuk?
    Tolong dibantu

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Jawabannya ada di atas semua Kak. Komen komen sebelumnya, bawa drh dulu saja kalau jauh atau terkendala biaya. Coba berusaha dengan memberikan air kelapa, untuk menetralisir racun

  24. JUPRIANDI Avatar
    JUPRIANDI

    Bismillah, Assalamualaikum…
    Kak kucing saya cuma 1 usianya udah 3 tahunan, kemarin sempet hilang seminggu tapi tadi pagi dia pulang saya bingung karena udah gak mau makan n minum kurus tinggal tulang dan yang saya perhatikan..
    1. Matanya belekan terus jadi harus saya bersihin stiap 1 jam sekali.
    2. Kalo udah bersin keluar cairan hijau kental sebesar biji beras, bersinnya juga sering bahkan tidur juga bersin.
    3. Kalo lagi duduk seperti ada yang tersedak dilehernya.
    4. Dari pelipis mata, hidung, dagu, dan kaki itu semua berkerak hitam saya gak tau pasti itu dari air liur yang mengering atau bukan yang pasti, ketika saya paksa makan n minum dia langsung ngelak dan ga mau buka mulut. Sewaktu saya bersihkan semua kerak hitam dia diam, terkecuali bagian mulut dia gamau dipegang.
    5.Setelah saya bersihkan napasnya bau, mulut belum ada tanda'' berlendir atau liur, hidung yang berlendir, mata berlendir dan juga bulu rontok secara massal walaupun cuma saya usap'' aja

    Saya butuh pertolongan pertama kak, saya gak tau cara ngecek si mpus demam atau tidak tolong dikasih petunjuknya kak karena saya tinggal di desa dan butuh waktu perjalanan 5-6 jam untuk bisa bawa si mpus ke dokter.. Terima kasih Wassalamm

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, halo Kak. Pertama saya sangat prihatin dengan kondisi kucingnya saat ini.

      Dari tanda-tanda yang kami baca kemungkinan besar terkena virus calici, virus yang sangat berbahaya dan mematikan buat kucing, serta penularannya juga cukup cepat.

      Mungkin selama kucing Anda hilang, telah mengkonsumsi makanan yang buruk atau berada di tempat yang buruk. Sehingga terkena virus.

      Tidak ada saran yang lebih baik kecuali dibawa ke dokter hewan, Adapun untuk pertolongan pertama silahkan diberi kelapa hijau.

      Beli kelapa ijo, buang serabut bawah dan atas. Lalu masak diatas kompor sambil ditambahkan serei 2 batang di geprek, tapi jangan sampai mendidih.

      Setelah dingin minumin ke kucingnya sesering mungkin. Resep yang kami tulis ini pernah ada diterapkan sama teman teman di grup yang kucing nya kena virus dan Alhamdulillah bisa sembuh. Sambil kasih madu biar stamina terjaga

  25. Sofia Avatar
    Sofia

    Assallamualaikum..
    Mohon pencerahannya,dirumah saya datang seekor kucing liar,dengan penyakit yg diderita dan sy fikir itu sudah teramat parah,busuk dibagian atas bibir dkt hidung dan mengeluarkan cairan sambil besin2 dan seluruh tubuhnya seperti ada benalu ,saya mau rawat tapi saya bingung krn keuangan yg sy miliki teramat tdk memungkinkan.. sedangkan sy sudah ada 7 kucing dirumah yg sy pelihara dengan baik,tapi saya iba,sy hnya bisa ksih makn serta minum dan sedikit sy beri vitamin kucing yg sy punya untuk kucing2 sy

    Kepada seluruh pecinta kucing yg nerhati mulia,mhon bantuannya..
    Jika ingin tau lebih lajut silahkan kirim ke email sy..

    Semoga disini ada malaikat penolong yg sy harapkan.. amieen..

  26. Sofia Avatar
    Sofia

    Mohon bantuannya untuk komentar 😭

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Mohon siapa saja yang baca, bantu teman kita yang satu ini. Domisili dimana kak?

  27. Paroy Avatar
    Paroy

    Assamualaikum
    Kak, akhir2 ini kucing saya mulutnya berlendir dan bau,udah gitu gamau makan, adakah cara untuk mengobatinya selain dibawa ke dokter?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Jawabannya lengkap ada di komentar2 atas Kak. Coba kaka baca baca lagi di atas, ada puluhan pertanyaan serupa.

  28. ika Avatar
    ika

    Hai kak, kucing aku habis opname 10 hari, krna inveksi telinga, demam, dan sariawan, tpi sudah sembuh, dan ketika dibawa pulang dy sdh mau makan lumayan banyak, tpi mulutnya berlendir dan agak bau, seharian cma tidur dan ga BAB, kira" ini knapa ya😭

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Kemungkinan besar terkena virus Kak, silahkan datang lagi dan konsultasi ke dokter Kak. Kalau mau cara yg saya berikan silahkan baca komen komen di atas.

  29. Indri Avatar
    Indri

    Kak kucing sy umur 5 bulan berliur dan agak bau, serta nafsu makan berkurang tapi tetap lincah n mau diajak bermain kira2 kenapa y?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Flu paling Kak. Coba sambil baca baca komen di atas, ada kasus yang sama seperti ini 🙂

  30. Ridho Avatar
    Ridho

    Halo ka, mau nanya dong. Kucing saya sudah berumur +- 9 Tahun. kemarin sempat ke dokter untuk periksa mulutnya karena mengeluarkan banyak lendir dan berbau tidak sedap. Kata Dokternya karang giginya sudah banyak dan menyebabkan gusinya bengkas. Setelah itu Kucing saya di bersihkan karang giginya dan alhasil banyak gigi yang dicabut karena sudah tidka kuat akar giginya.

    setelah tidakakan scalling itu lendirnya mulai berkurang (3 minggu yang lalu di operasi). Namun 1 minggu ini, si kucing kembali mengeluarkan lendir yang cukup kental dan berbau tidak sedap. apakah hal tersebut wajar bagi kucing yang sudah berumur 9 tahun?

    Mohon komentarnya ya kaka 🙂

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Meski sudah tua bukan berarti sakit Sakitan. Banyak yang sampai 14 tahun namun masih sehat, dikarenakan perawatan dari pemiliknya sangat baik. Selalu divaksin dll.

      Kalau sudah tua, namun sakit2an berarti imunnya lemah. Yang dikawatirkan terkena racun distemper. Coba kaka bawa lagi dan periksa di vet

  31. Unknown Avatar
    Unknown

    Minta solusinya dok, kucing saya mengeluarkan lendir bau banget dan tidak mau makan sama sekali, apakah ada solusi selain kedokter hewan?

    1. Unknown Avatar
      Unknown

      Cara mengatasinya gimana

    2. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Sudah saya jawab di pertanyaan pertanyaan sebelumnya Kak. Di scrol ya Kak. 😉

  32. Unknown Avatar
    Unknown

    Kucing saya habis gigitin kabel mumgkin dia habis kesetrum atau gimana .. pas pagi hari mulutnya berkerak banyak airliunya .. dikasihbmakan gamau maunya makan kuning telur..apakah kucing saya terkena virus / dia cidera rahang …
    Tolong infonya gan baru pertama kali diaa begini..
    Makasih

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Wah kalau habis kesetrum itu cedera Kak rahangnya/atau mulutnya.

  33. Unknown Avatar
    Unknown

    Kucing saya umur 4bulan baru saja saya suntikkan antibiotik,anti kutu dan turun panas krn suhu badannya sekitar 39°c di puskeswan,stlh sampai dirumah kita2 30mnt stlh itu kok dr mulut keluar lendir banyak yah samoe netes2 gitu,apakah ada hubungannya dgn suntikan yg baru saja dilakukan atau bgmana?trims sblumnya

  34. Unknown Avatar
    Unknown

    Kucing saya bagian mulutnya dan hidungnya hitam, mulutnya sering mengekuarkan lendir dan terkadang sehabis dia buang air besar atau air kecil dia selalu muntah, dan tidak selera makan sampai saya belikan berbagai macam ikan dia tidak ingin makan. Dia lebih sering tidur dan tidak melakukan aktivitas apapun padahal dia adalah kucing yang sangat aktif. Jadi dia kenapa ya? mau dibawa ke dokter hewan tapi dokter hewan disini hanya satu dan dokter nya sedang pulang ke kampungnya, dan untuk membawanya ke dokter hewan lain jarak nya sangat jauh butuh 7 jam untuk sampai ke sana

  35. Unknown Avatar
    Unknown

    Kucing saya bagian mulutnya dan hidungnya hitam, mulutnya sering mengekuarkan lendir dan terkadang sehabis dia buang air besar atau air kecil dia selalu muntah, dan tidak selera makan sampai saya belikan berbagai macam ikan dia tidak ingin makan. Dia lebih sering tidur dan tidak melakukan aktivitas apapun padahal dia adalah kucing yang sangat aktif. Jadi dia kenapa ya? mau dibawa ke dokter hewan tapi dokter hewan disini hanya satu dan dokter nya sedang pulang ke kampungnya, dan untuk membawanya ke dokter hewan lain jarak nya sangat jauh butuh 7 jam untuk sampai ke sana

  36. Unknown Avatar
    Unknown

    Kucing saya bagian mulutnya dan hidungnya hitam, mulutnya sering mengekuarkan lendir dan terkadang sehabis dia buang air besar atau air kecil dia selalu muntah, dan tidak selera makan sampai saya belikan berbagai macam ikan dia tidak ingin makan. Dia lebih sering tidur dan tidak melakukan aktivitas apapun padahal dia adalah kucing yang sangat aktif. Jadi dia kenapa ya? mau dibawa ke dokter hewan tapi dokter hewan disini hanya satu dan dokter nya sedang pulang ke kampungnya, dan untuk membawanya ke dokter hewan lain jarak nya sangat jauh butuh 7 jam untuk sampai ke sana

  37. Unknown Avatar
  38. Unknown Avatar
    Unknown

    Kak mau nanya ini kucing saya
    Gejalanya mulut berlendir
    Air besar nya agak sedikit berlendir
    Yg pertama kaya gitu terus mati
    Di hari Selasa bulan ini 2021 terus yang kedua sama saja mati juga di hari Minggu sore bulan 12/2021
    Yg satu lagi masih kecil kenak juga cuman di pisah kan di tidur kan di kandang sendiri dan gejalanya sepertinya belum parah apa ada solusi pertolongan pertama nya ya kak ?

  39. Unknown Avatar
    Unknown

    Kak,kucing saya mempunyai hitam hitam kecil di dagu nya kadang mulutnya berlendir tapi tidak terlalu banyak,kadang saya lap pakai kain basah ,tapi tiba" kluar darah dari mulutnya darahnya kental tapi dikit,pertanyaan saya:
    1.penyebab terjadi nya ?
    2.cara pengobatannya?

Leave a Comment