HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Menjinakan Hamster Yang Galak Agar Tidak Menggigit

Cara menjinakan hamster yang galak agar tidak menggigit- Hamster lucu nan imut kini telah banyak dijual di pasaran dan toko hewan. Sebab hewan pengerat yang satu ini sangat terkenal di Indonesia. Wajahnya imut, tingkah lakunya lucu dan bentuknya mungil membuat memikat hati banyak orang, sehingga tak heran jika hamster dijadikan hewan hias atau peliharaan di rumah untuk dijadikan teman bermain.

Hamster sendiri termasuk hewan nokturnal yang lebih aktif di malam hari. Dia memiliki sifat alami, yaitu suka menggigit jika diganggu. Apalagi jenis hamster kerdil seperti cambell dan winter white. Bagi pemula yang ingin memelihara hamster, sebaiknya siapkan terlebih dahulu kandang dan tempat bermain untuk si hammy, agar ia nyaman tingga di tepat barunya bersama anda.

Tapi kebanyakan pemula sering mengeluh, akibat hamster yang baru ia beli malah suka menggigit dan galak saat dipegang. Padahal salah satu tujuan memelihara hamster adalah untuk diajak main, tapi malah menggigit. Meski begitu sobat harus tau bahwa hamster yang suka menggigit itu hanya beberapa jenis saja, artinya tidak semua hamster itu suka menggigit.

Baca: 3 Jenis Hamster yang Mudah Jinak dan Tidak Menggigit

Lalu bagaimana cara menjinakkan hamster yang galak?

Bila sobat sudah terlanjur membeli hamster galak, silahkan simak penjelasan hobinatang.com di bawah ini mengenai tips menjinakan hamster mudah dan cepat.


Cara Menjinakan Hamster Yang Galak Agar Tidak Menggigit


Cara Menjinakan Hamster Yang Galak Agar Tidak Menggigit

Pada dasarnya hamster itu mempunyai sifat suka menggigit, apalagi yang baru dibeli. Dia menggigit karena belum nyaman dan belum jinak. Sehingga anda harus menjinakkan terlebih dahulu supaya bisa diajak bermain. Berikut beberapa cara menjinakan hamster yang sangat galak.

1. Penempatan Kandang yang Benar


Inilah cara pertama menjinakan hamster. Saat kalian membawa hamster pulang ke rumah, pastikan anda meletakkan kandangnya di tempat yang aman dari kebisingan dan lembab. Misalnya di kamar atau di ruangan tengah. Selanjutnya biarkan si hammy meyesuaikan diri dulu di tempat barunya.

Jangan terburu buru mengajaknya bermain. Sama halnya dengan manusia, kadang kita juga butuh beradaptasi apabila berada di tempat baru. Hamster juga demikian, dia butuh adaptasi di lingkungan barunya. So, tahan dahulu keinginan Anda untuk bermain. Jika anda langsung memegangnya niscaya dia langsung menggigit.

2. Biasakan Hamster Mencium Bau Tangan


Cara Menjinakan Hamster Yang Galak Agar Tidak Menggigit

Melatih hamster agar jinak itu sangatlah mudah. Hamster memiliki indra pencium yang tajam, sangat mudah baginya mengenali siapa pemiliknya. Yang penting perlahan lahan tapi pasti, langkah pendekatan pertama adalah dengan mengenalkan bau tangan anda.

Caranya sering seringlah mengganti alas kandang yang berupa serbuk kayu tersebut dengan menggunakan tangan anda sendiri, lalu remas remaslah serbuk kayu yang baru tersebut supaya bau serbuk kayu berubah menjadi bau tangan manusia. Maka lama kelamaan si hammy akan terbiasa dengan bau tangan anda.

3. Mengenalkan Suara Manusia


Mengingat penglihatan hamster kurang baik dan ia juga hanya bisa merespon dengan sentuhan dan suara saja. Maka mengenalkan suara pemiliknya juga dapat menjinakan hamster. Ajaklah si hammy ngobrol. Namun berikan nama padanya terlebih dahulu.

Baca: 100 Daftar Nama Hewan Peliharaan yang Lucu

4. Sering Menyuapi Hamster Agar Cepat Jinak


Cara Menjinakan Hamster Yang Galak Agar Tidak Menggigit

Saat memberi makan, sebaiknya jangan hanya meletakkan pakannya di kandang hamster. Akan tetapi anda harus menyuapinya dengan tangan anda. Cara ini bertujuan biar dia merasa lebih akrab dan diperhatikan. Sehingga dia tidak takut lagi dengan anda.

Hamster juga akan beranggapan kalau sobat bukanlah ancaman baginya. Untuk langkah langkahnya ialah, menyuapinya dengan menggunakan ujung jari lalu dekatkan ke mulut hamster maka dia akan menjilati makanan tersebut yang ada di jari tangan anda.

5. Pilih Waktu Yang Tepat Untuk Menjinakkan


Cara Menjinakan Hamster

Dalam proses penjinakan hamster, pilihlah waktu yang tepat. Yakni pada saat saat jam aktif. Misalnya anda bisa memulainya dari pukul 19.00 sampai 20.00. Karena apabila anda menjinakan di di siang hari, ia akan marah akibat tidurnya diganggu. Serta jangan membuatnya kaget, karena hamster akan menganggap suara anda yang mengagetkan tersebut adalah ancaman.

6. Sering Menyentuh Hamster


Langkah terakhir adalah mulai menyentuh si hammy secara perlahan lahan. Kalian cukup menjulurkan tangan ke arah hamster, nanti dia akan mengendus endus bau tangan anda, jika dia merasa nyaman dan aman, secara otomatis si hammy akan lompat ke tangan.

Ingat sob, jangan mengambil hamster langsung dari arah atas ya, mengapa? Karena hamster sering kali menjadi santapan predator yang tiba tiba datang dan memakannya. Nah bila anda mengambilnya langsung dari atas tubuh hamster, ia akan menggigit disangkanya tangan anda adalah predator.

Kemudian, hamster juga suka membalikkan tubuhnya dan menampakkan giginya saat dirinya merasa terancam. Saat posisi itulah jangan anda ambil atau sentuh. Sebab sudah pasti tangan anda akan digigit, jadi tunggulah sampai si hammy membalikkan badan seperti semula barulah julurkan tangan supaya dia naik ke tangan anda sendiri dengan nyaman.

Andai saja hamster anda sudah jinak dan terbiasa dengan anda, tetaplah memberinya kasih sayang, sering sering mengelus bulunya dan mengajaknya ngobrol. Supaya hamster kesayangan anda semakin suka dengan majikannya.

Begitulah cara menjinakan hamster yang galak agar tidak menggigit. Usahakan telaten dan jangan kapok apabila pernah digigit, teruslah berusaha maka anda pun akan mendapatkan hasil yang tidak mengecewakan. Baiklah itu saja dari kami, semoga artikel ini bermanfaat. 

0 Komentar Cara Menjinakan Hamster Yang Galak Agar Tidak Menggigit

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top