HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Tradisional Mengobati Kucing Lumpuh

Cara mengobati kucing lumpuh secara tradisional- Ternyata lumpuh bukan hanya terjadi pada manusia saja. Namun bisa pula terjadi pada binatang peliharaan seperti kucing atau anjing. Sedangkan lumpuh sendiri adalah suatu kondisi di mana kaki kucing tidak dapat berfungsi dengan baik, sehingga sulit untuk digerakkan. Biasanya lumpuh menyerang pada kaki belakang.

Siapapun tidak boleh meremehkan jenis penyakit ini. Karena lumpuh juga termasuk satu dari berbagai penyakit kucing yang bahaya. Apabila tidak segera ditangani akan berakibat fatal. Meski kucing tidak bisa mengeluh kesakitan, tapi tetap saja ia merasa kesakitan merintih dan menderia sekali.

Baca juga: 9 Penyakit Pada Kucing Kampung dan Cara Mengobatinya

Mau berjalan susah, mau buang kotoran juga sulit dan lebih penting lagi dia tidak bisa lagi bermain dengan anda. Hanya bisa tidur di kandang sambil menahan sakit. Oleh sebab itu, sebagai owner harus menaruh rasa kasihan dan berusaha untuk mengobati kaki kucing yang lumpuh.

Ada banyak cara mengobati kucing lumpuh, mulai dari cara medis sampai tradisional. Dan menurut teman teman yang ada di grup komunitas kucing, pengobatan cara medis diyakini lebih ampuh dibandingkan tradisional. Mengapa?

Sebab jika dibawa ke dokter hewan, mereka akan memberi informasi secara detail terkait penyakit tersebut. Mulai dari penyebab-penyebabnya sampai cara mengatasinya. Jika sudah diketahui biasanya akan ditindak lanjuti dengan dioprasi atau diberi obat penyembuh.

Namun sayangnya buat kita yang isi dompetnya pas pasan tentu akan berfikir keras untuk membawa ke dokter spesialis. Sehingga mencari alternatif lain yaitu mengobati kucing lumpuh dengan cara alami atau tradisional.

Lalu apa saja sih obat tradisional untuk kucing lumpuh?

Penyebab Kucing Lumpuh


Cara Tradisional Mengobati Kucing Lumpuh

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, alangkah baiknya sobat membaca terlebih dahulu penyebab mengapa kucing kita lumpuh. Sehingga kita bisa lebih waspada.

1. Penyakit Distemper


Lumpuh bisa disebabkan karena adanya virus yang menyerang tubuh si kucing. Penyakit ini biasa disebut dengan distemper. Jika kucing anda sebelumnya sehat lalu tiba-tiba lumpuh, coba langsung merujuk ke dokter hewan. Bisa jadi penyebabnya adalah penyakit distemper.

2. Geriatrik


Apa itu geriatric? Geriatrik adalah kelumpuhan yang disebabkan karena usia kucing yang sudah tua. Layaknya manusia, semakin tua maka tulang-tulang yang ada di dalam organ tubuh semakin melemah sehingga membuatnya menjadi lumpuh dan susah berjalan.

3. Karena Traumatrik dan Kecelakaan


Yang menyebabkan lumpuh pada kucing ternyata bukan hanya karena penyakit virus atau karena usia. Namun bisa juga akibat insiden kecelakaan. Misalnya tertabrak, jatuh dari ketinggian atau karena berantem.

Lalu bagaimana cara tradisional mengobati yang kucing lumpuh?

Cara Mengobati Kucing Lumpuh yang Alami atau Tradisional


Cara Mengobati Kucing Lumpuh yang Alami atau Tradisional

Apabila sobat mendapati kaki kucing lumpuh maka harus segera diatasi. Jangan sampai menundanya sebab bisa terjadi hal yang lain bahkan bisa membuat saraf kaki jadi mati. Di sini hanya ada dua cara mengatasi kucing lumpuh secara tradisional, yaitu:

1. Pijat Kaki Kucing


Kucing lumpuh jika hanya diberi obat medis tidak akan berpengaruh dengan cepat. Dan itu malah akan menyiksa si kucing karena terus mengkonsumsi obat obatan kimia. Tapi kakinya tidak juga kunjung sembuh.

Maka solusinya adalah memijat kakinya secara perlahan lahan. Supaya otot kakinya kembali lentur dan simpul simpul sarafnya kembali normal. Lakukan hal tersebut jika dirasa kelumpuhan pada kucing tidak terlalu parah.

2. Terapi Akupuntur


Terapi akupuntur ini juga bisa digunakan untuk kelumpuhan pada kucing. Biasanya dipakai untuk kasus yang sudah parah namun tak kunjung sembuh meski sudah diobati dengan obat obatan kimia.

Terapi akupuntur sendiri merupakan cara yang paling aman untuk mengatasi kucing lumpuh, sebab tidak ada efek samping sekali. Apa sih akupuntur itu?

Akupuntur ialah teknik pengobatan secara tradisional dengan menusukkan jarum pada bagian yang sakit. Teknik ini sudah terbukti dapat menyembuhkan lumpuh pada kaki kucing.

Mungkin saat pertama kali di terapi akan terasa sakit, akan tetapi bila sudah lebih dari satu kali maka si kucing menjadi terbiasa. Fungsi terapi akupuntur dapat meningkatkan sel darah merah, meningkatkan sistem imun tubuh dan meningkatkan berbagai relaksasi serta fungsi alat gerak tubuh.

Pengobatan akupuntur berlangsung selama 10-30 menit, tergantung seberapa parah kelumpuhan yang dialami si kucing. Bila tidak terlalu parah, terapi hanya berlangsung sebentar. Lakukan pengobatan tersebut secara rutin, kira kira 6-10 kali terapi. Maka dengan izin tuhan, kucing yang lumpuh dapat sembuh dengan cara ini.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Kucing Tertutup Selaput Putih

Itulah cara mengobati lumpuh pada kucing secara tradisional. Jikalau dengan dua obat di atas belum juga sembuh, maka kemungkinan kucing akan lumpuh permanen.

0 Komentar Cara Tradisional Mengobati Kucing Lumpuh

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top