HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Umur Anak Kucing Boleh Dimandikan Disertai Bagaimana Cara Memandikannya

Umur anak kucing boleh dimandikan- Permasalahan memandikan anak kucing bukanlah hal yang asing lagi di telinga kita. Masalah ini sudah lama menjadi perdebatan antara pecinta kucing di Indonesia. Ada yang membolehkan dan ada pula yang melarang.

Sehingga kita para pemula kebingungan harus mengikuti pendapat siapa. Makanya di sini hobinatang.com akan membahas mengenai umur anak kucing boleh dimandikan berdasarkan pendapat para ahli. Semoga bisa memberi pencerahan buat teman teman semua.

Apakah boleh anak kucing dimandikan? Jika boleh, pada usia berapa anak kucing boleh dimandikan? Apakah saat umur 1 bulan, umur 2 bulan atau umur 3 bulan? Berikut jawabannya.

Umur Anak Kucing Boleh Dimandikan


Umur Anak Kucing Boleh Dimandikan

Di luar negeri sendiri memandikan kucing disebut sebagai grooming. Pada dasarnya kucing merupakan binatang yang suka kebersihan. Secara alami kucing memiliki kebiasaan membersihkan dirinya sendiri (self grooming). Caranya yaitu dengan menjilati tubuhnya menggunakan lidah yang berduri.

Jadi sebenarnya kita tidak perlu memandikan anak kucing. Tapi meski demikian bukan berarti kita tidak boleh memandikannya. Menurut pernyataan dari banyak dokter hewan, anak kucing boleh dimandikan karena beberapa alasan tertentu.

Alasan Anak Kucing Harus Dimandikan


Umur Anak Kucing Boleh Dimandikan

Ya, terkadang ada beberapa alasan mengapa kita harus memandikan anak kucing. Alasan tersebut misalnya, kucing gemar bermain di luar sehingga bulunya mudah kotor terkena debu. Jadi mau tidak mau kita harus memandikannya agar bersih.

Atau contoh lain kucing kita berbulu lebat dan mudah kotor. Biasanya kucing ini berjenis kucing persia. Jika tidak segera dibersihkan maka akan menimbulkan gatal-gatal atau jamur yang bisa membuat bulu kucing rontok.


So, kesimpulannya kita boleh memandikan anak kucing dengan keadaan tertentu. Lalu pada umur berapa anak kucing boleh mandi?

Menurut Drh. Puspasari (pemilik situs tanyadokterhewancom) anak kucing sudah bisa dimandikan ketika berumur 2 bulan. Apabila anak kucing di bawah usia 2 bulan (Misalnya umur 1 bulan atau 1.8 bulan) sebaiknya cukup dilap dengan tisu basah untuk membersihkan bulunya yang kotor.

Dan sebagian orang juga berpendapat anak kucing boleh dimandikan apabila sudah berusia 3 bulan. Saya sendiri lebih condong kepada pendapat yang 2 bulan. Karena di usia 2 bulan kekebalan tubuh kucing mulai kuat. Akan tetapi kalian harus tahu cara memandikannya. 

Cara Memandikan Anak Kucing yang Masih Kecil


Umur Anak Kucing Boleh Dimandikan

Yang paling penting saat memandikan anak kucing adalah memperhatikan suhu air dan waktu yang tepat. Dan sebenarnya ini sudah pernah kami bahas di artikel, [Cara Memandikan Anak Kucing Dengan Benar Untuk Pemula]

Tapi tidak mengapa kami bahas lagi di sini. Berikut langkah-langkah yang benar untuk memandikan kucing kecil:
  • Pastikan anak kucing dalam keadaan sehat dan tidak sakit.
  • Mandikan anak kucing pada pukul 11.00 pagi sampai 04.00 sore. Karena jika anda memandikan di bawah jam 11.00 pagi atau diatas jam 04.00 sore, suhu udara mulai dingin. Jadi tidak kami anjurkan untuk memandikan anak kucing.
  • Setelah mengetahui waktu yang tepat Anda juga harus menggunakan air yang hangat. Tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.
  • Kemudian lakukan pendekatan terlebih dahulu, jangan langsung diguyur dengan air yang banyak. Apalagi sampai dimasukkan ke dalam baskom. hal itu sangat menyiksa si kitten. Pertama-tama percikan anak kucing dengan sedikit air. Lalu secara perlahan dialiri air yang agak banyak.
  • Jika sudah keringkan dengan handuk saja. Atau boleh memakai hair dryer atau blower hangat asalkan jaraknya jangan terlalu dekat. Karena bisa membuat si kucing kepanasan. Pastikan sampai kering, karena kalau lembab bisa kena jamur.
Itulah beberapa langkah penting dalam memandikan anak kucing yang  benar dan aman. Bagi teman-teman yang memiliki kucing persia silahkan baca artikel kami sebelumnya berjudul, Cara Memandikan Kucing Persia yang Baik dan Benar

Baik kami cukupkan sampai sini saja pembahasan umur anak kucing boleh dimandikan. Semoga bisa menambah wawasan dan memberi pencerahan kepada teman-teman semua. Silakan dibagikan dengan menyertakan sumbernya.

0 Komentar Umur Anak Kucing Boleh Dimandikan Disertai Bagaimana Cara Memandikannya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top