Cara Memandikan Anak Kucing Dengan Benar Untuk Pemula

Cara memandikan anak kucing- Hai cat lovers, apa kabar semuanya? Di sini hobinatang.com kembali lagi hadir untuk anda dalam rangka membahas masalah perawatan anak kucing. Atau lebih tepatnya adalah masalah memandikan bayi kucing yang baik dan benar.

Sebenarnya masalah memandikan anak kucing masih menjadi perdebatan. "Apakah boleh atau tidak".

Sebagian orang mengatakan tidak boleh memandikan anak kucing dengan alasan apapun. Karena anak kucing yang baru lahir atau masih sangat kecil tidak memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, mudah terpengaruh oleh suhu. Sehingga dia bisa terkena penyakit berbahaya.

Tapi tidak sedikit pula yang beranggapan boleh memandikan anak kucing, asalkan memperhatikan syarat syarat tertentu. Misalnya, harus sudah waktunya, suhu air yang pas dan masih banyak lagi.

Kami sendiri condong pada pendapat kedua. Meskipun sebenarnya anak kucing sudah dimandikan oleh induknya dengan cara dijilatin (grooming), tapi tetap saja si kitty butuh perawatan tambahan. Apalagi jika induknya tidak ada. Harus lebih disiplin dalam membersihkannya.

Alasan lain mengapa anak kucing harus dimandikan adalah karena biasanya dia lebih suka bermain di luar rumah. Akibatnya bulunya terlihat kotor dan kumal. Oleh sebab itu agar terhindar dari bakteri berbahaya, kita harus memandikan anak kucing. Lalu bagaimana caranya? Kapan anak kucing boleh dimandikan?

Cara Memandikan Anak Kucing


Cara Memandikan Anak Kucing

Untuk memandikan anak kucing dengan benar, kalian harus baca ketentuan dan tutorial di bawah ini.

1. Perhatikan Usia Anak Kucing


Sebelum Anda memandikan anak kucing sebaiknya melihat dulu usianya. Untuk kucing yang baru lahir masih merem sebaiknya jangan dimandikan, karena daya tahan tubuhnya masih sangat lemah. Bila ada induknya maka yang akan melakukan perawatan terhadap bayi kucing tersebut adalah induknya sendiri. Terus umur berapa kita boleh memandikan kucing?

Menurut dokter hewan, usia 2-3 bulan sudah bisa dimandikan. Tapi ada juga yang mengharuskan usia 3 bulan baru boleh dimandikan. Keduanya benar kok, intinya sobat perhatikan daya tahan tubuhnya. Bila dia terlihat masih sangat lemah, sebaiknya jangan dimandikan di usia 2 bulan. Namun jika 2 bulan sudah terlihat kuat, silahkan.

Baca: Umur Anak Kucing Boleh Dimandikan Menurut Para Ahli

Cara Memandikan Anak Kucing

Di samping itu, faktor jenis juga menentukan. Jenis kucing kampung dengan kucing ras seperti persia atau anggora tidaklah sama. Tapi secara umum di usia 3 bulan sudah boleh.

Baca: Cara Memandikan Kucing Persia yang Baik dan Benar

2. Mencari Waktu Yang Tepat


Tidak hanya kucing, hampir semua hewan kalau dimandikan pasti meronta. Begitu juga anak kucing saat dimandikan pertama kali, dia akan meronta bahkan bisa jadi menggigit anda. Oleh sebab itu carilah waktu yang tepat untuk memandikannya.

Misalnya mandikan anak kucing setelah bermain bersama anda, setelah makan dan sebagainya. Jadi alangkah baiknya memandikan anak kucing pada saat si kucing sedang happy.

Selain itu, mandikan saat jam 11.00 pagi atau 4 sore. Sebab di jam tersebut suhu udara tidak terlalu dingin. Intinya terlalu pagi tidak baik dan terlalu sore juga tidak baik.

3. Menyisir Bulu Sebelum Dimandikan


Biasanya setelah bermain, bulu anak kucing kotor, kumal dan kusut. Maka sebelum memandikanya sebaiknya sisir terlebih dahulu bulunya, supaya ketika dimandikan kusutnya tidak semakin parah. Bila kucing anda meronta saat disisiri, bersabarlah dan biarkan dia menenangkan hati sampai rileks baru setelah itu sisirlah bulunya pelan pelan.

4. Memotong Kuku


Untuk menghindari cakaran anak kucing saat dimandikan, disarankan agar kalian memotong kukunya yang tajam. Tapi, sobat harus tau teknik memotong kukunya. Jangan sampai salah, karena bisa berakibat fatal. Untuk mengetahui tipsnya, baca saja artikel kami berjudul, [Tips Memotong Kuku Kucing Paling Aman Bagi Pemula]

5. Membersihkan Mata, Telinga, Kuku Dan Hidung


Cara Memandikan Anak Kucing

Belum kalian memandikan kucing terlebih dahulu bersihkan anggota tubuh kucing yang sulit dijangkau. Misalnya daun telinga, hidung dan mata. Untuk mata bisa anda bersihkan memakai kain yang dibasahi dengan air hangat, begitu juga dengan hidungnya. Sedangkan untuk telinga, anda bisa memakai cutton bud yang dibasahi air hangat juga. Adapun kukunya bisa memakai sikat gigi yang kecil.

6. Siapkan Air yang Hangat dan Ruangan yang Hangat


Sejatinya anak kucing itu sangat membenci air sebab air memiliki suhu yang dingin. Makanya kalian harus merebus air nya terlebih dahulu supaya menjadi hangat. Pastikan juga ruangan yang anda pakai bersuhu tidak dingin.

7. Siapkan Alat Mandi


Alat Memandikan Anak Kucing

Sambil merebus air, anda bisa menyiapkan alat alat mandinya, apa saja alat mandi kucing kecil:
  • Handuk lembut
  • Shampo kucing
  • Bak mandi
  • Sisir
Untuk sampo usahakan jangan memakai shampo manusia ya sob, karena bisa merusak bulunya dan mengakibatkan ruam.

8. Tuangkan Air Hangat Setinggi Kaki


Setelah air matang, tuangkan pada bak mandi anak kucing lalu ditambahi air dingin. Buatlah air nya menjadi hangat, tidak terlalu dingin dan juga tidak panas. Hal ini supaya anak kucing tidak kaget dan tidak trauma saat mandi. Untuk takaran airnya dikira kira, bisa setinggi kaki kucing.

9. Mandikan Kucing


Memandikan Anak Kucing

Inilah point paling penting dalam memandikan anak kucing yang baik dan benar. Jika air sudah siap, kini saatnya memasukkan anak kucing dalam bak tersebut, basuhlah tubuhnya dengan air secara perlahan lahan. Jangan mengguyurnya dengan gayung, karena khawatir airnya masuk ke hidung dan telinga. Basuhlah menggunakan tangan, seperti memandikan bayi manusia.

10. Beri Shampo Khusus Kucing


Bila dirasa tubuh anak kucing sudah basah, selanjutnya tuang shampo khusus kucing pada bulunya, usap perlahan lahan sampai bersih lalu dibilas dengan air hangat sampai benar benar bersih. Shampo khusus kucing bisa anda beli di toko hewan terdekat atau di toko online.

11. Mengeringkan Tubuh Anak Kucing.


Cara Memandikan Anak Kucing

Langkah terakhir dalam memandikan kucing kecil adalah mengeringkan tubuhnya dengan handuk. Usap bulunya pelan pelan menggunakan handuk kucing. Kemudian sisir bulunya lagi pelan pelan. Selesai deh, kucing sudah wangi dan siap diajak tidur bersama. Sebagai tambahan, anda bisa memberinya bedak supaya lebih wangi lagi. Untuk masalah makeup anak kucing itu tergantung selera anda sendiri ya sob.

Bagaimana? Mudahkan?  Anda tak perlu lagi takut dan risau saat memandikannya. Buatlah suasana hati anda rileks dan santai saat memandikannya.

Baca juga: 7 Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Tanpa Induk

Baiklah itu saja tutorial kami tentang cara memandikan anak kucing, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda semua. Berikan artikel ini kepada sesama pecinta kucing di Indonesia.

0 Komentar Cara Memandikan Anak Kucing Dengan Benar Untuk Pemula

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top