Cara Agar Kucing Tidak Hamil Lagi

Sebagian pencinta kucing kadang lebih memilih mempunyai satu atau tiga kucing di rumah, namun terawat. Dibandingkan memiliki banyak kucing namun perawatannya kurang maksimal. Hal itulah yang membuat orang-orang bertanya tentang bagaimana agar kucing tidak hamil terus menerus.

Memang menurut data ilmiah kucing merupakan binatang yang memiliki mekanisme reproduksi yang tinggi. Ia mampu menghasilkan keturunan secara cepat. Di usia 5 bulan saja si kucing sudah memasuki masa birahi dan hamil. Kemudian 3-5 bulan setelah melahirkan, si kucing bisa hamil lagi.

Baca juga: Tanda Tanda Kucing Hamil Yang Paling Menonjol

So, rata-rata dalam setahun kucing bisa melahirkan sebanyak 2 kali. Sedangkan sekali melahirkan mampu menghasilkan 6 sampai 7 anak. Waw Hebat ya?

Semakin banyak kucing yang kita miliki, akan semakin sulit pula dalam mengontrolnya. Kecuali yang kita pelihara adalah kucing ras seperti Anggora atau Persia, justru akan menguntungkan. Karena bisa dijual mahal kepada sesama pecinta kucing.

Nah, bagi teman-teman yang khawatir akan hal ini. Sebaiknya simak baik-baik penjelasan hobinatang.com di bawah ini tentang cara supaya kucing tidak beranak lagi.

Cara Agar Kucing Tidak Hamil


Cara Agar Kucing Tidak Hamil

Ada beberapa cara untuk mencegah agar kucing tidak hamil. Ada cara tradisional atau alami, ada pula yang memakai obat kimia. Apa saja?

1. Jaga Kucing Anda Supaya Tetap di Dalam Rumah


Apabila anda memiliki kucing kampung betina sebaiknya jangan membiarkan dia berkeliaran bebas. Terutama ketika ia sedang birahi atau ingin kawin. Jika anda biarkan si kucing peliharaan, di luar sana banyak sekali kucing kucing kampung jantan lainnya yang berhidung belang. Walhasil, perut kucing betina anda bakal bunting.

Cara Agar Kucing Tidak Hamil Lagi

Untuk mengetahui masa birahi biasanya kucing sering mengeong ngeong. Sifatnya agak sensitif dan terlihat lebih manja kepada kita.

2. Melakukan KB Kucing Agar Tidak Hamil Lagi


KB bukan hanya berlaku pada manusia, tapi bisa juga pada kucing peliharaan Anda. Cara ini terbilang paling ampuh dalam mencegah kehamilan kucing. Pertama-tama sobat harus membawa kucingnya ke dokter hewan.

Cara Supaya Kucing Tidak Hamil

Biasanya dokter menyediakan beberapa opsi KB. Yaitu bisa dengan suntik KB maupun pil KB. Untuk suntik KB biayanya mungkin lebih mahal. Namun masa KBnya berlaku lebih lama sekitar 6 bulan. Jika anda lebih memilih menggunakan pil, cara memberinya harus dicampur dengan makanan supaya si kucing mau memakannya.

3. Mencegah Kucing Hamil Secara Alami dengan Ragi


Mencegah kehamilan pada kucing bisa menggunakan ragi yang dicampurkan ke dalam makanan si kucing. Namun perlu diingat sebelum memberi ragi pada makanannya pastikan dulu kucing anda sedang tidak hamil. Karena bisa membuat bayi yang dikandungnya cacat, keguguran atau lahir prematur. Pertama, ambil sejumput ragi lalu campurkan ke dalam makanan kucing dan aduk hingga rata. Dan berikan pada kucing anda.

Baca juga: Cara Merawat Kucing Hamil sampai Melahirkan

Sebenarnya selain dari ketiga cara di atas, masih ada cara yang paling efektif dan ampuh supaya kucing peliharaan tidak hamil. Yaitu dengan cara dikebiri, bisa dilakukan dengan dioperasi secara profesional oleh dokter hewan.

Saya pribadi kurang setuju akan hal ini, sebab sudah menyimpang pada kodratnya. Sangat tersiksa bila si kucing tidak memiliki nafsu lagi, dan sebagai owner yang baik janganlah kalian berfikir untuk mencoba cara ini.

Baiklah sekian saja dari kami terkait informasi cara membuat kucing tidak hamil. Semoga  bisa menambah wawasan dan bermanfaat buat kita semua.

0 Komentar Cara Agar Kucing Tidak Hamil Lagi

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top