HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Membersihkan Telinga Kucing Yang Kotor

Cara membersihkan telinga kucing- Perawatan kucing tergolong mudah. Apalagi masalah kebersihan tubuhnya. Sebab dia sendiri sudah pintar membersihkan bulunya dengan lidah kasarnya. Sehingga bulunya selalu bersih dari kotoran-kotoran ringan seperti debu.

Walaupun begitu, kucing juga perlu dimandikan pada keadaan-keadaan tertentu. Misalnya saat dia terkena kotoran membandel atau kondisinya sangat kotor dan kusut. Maka kita harus membersihkannya dengan air. Terutama di bagian bagian tersembunyi seperti telinga, mata, hidung atau di bagian sempit lainnya.

Baca: Cara Memandikan Anak Kucing yang Baik untuk Pemula

Karena biasanya orang-orang kurang memperhatikan kebersihan di bagian tubuh kucing yang sempit seperti telinga. Padahal telinga kucing sendiri sangat rawan ditumbuhi bakteri penyakit seperti jamur.

Kalau anda tidak segera membersihkannya maka lama kelamaan telinga tersebut bisa infeksi akibat sering digaruk karena gatal. So, bagi sobat yang memelihara kucing, kami sarankan untuk memeriksa telinganya secara rutin. Agar tidak terserang penyakit seperti infeksi jamur, infeki bakteri, ear mites (cairan telinga), dan alergi.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur pada Kucing dengan Cepat

Lalu bagaimana cara membersihkan telinga kucing yang kotor?

Membersihkan telinga kucing memang susah susah gampang. Susahnya ketika membersihkan telinga di bagian dalam. Dan lebih susah lagi jika kucing yang kita bersihkan tersebut berjenis bulu lebat seperti anggora dan persia.

Tapi sobat tidak perlu khawatir, di sini hobinatang.com akan membantu teman-teman bagaimana cara membersihkan kotoran telinga kucing yang baik dan benar. Silakan simak penjelasan di bawah ini.

Cara Membersihkan Telinga Kucing


Cara Membersihkan Telinga Kucing
shutterstock.com

Membersihkan telinga kucing itu ada beberapa metode. Metode dari dokter hewan atau metode sederhana dari kalian sendiri. Perbedaannya adalah, jika kalian memakai cara dokter, harus menggunakan alat khusus pembersih telinga. Dan Jika kalian ingin memakai cara sendiri maka cukup menggunakan bahan-bahan di sekeliling anda. Tapi harus tetap memperhatikan peraturannya, supaya tidak salah langkah.

Apa saja langkah-langkah membersihkan kucing sendiri di rumah?

1. Melihat Kondisi Psikis Kucing


Sebelum membersihkan telinga kucing, ada baiknya bila sobat menunggu sampai si kucing terlihat sedang bahagia dan tidak sakit, lapar, ngantuk atau lesu. Karena membersihkan kucing dalam keadaan bahagia itu mudah. Dia tidak memberontak dan melawan.

2. Siapkan Perlengkapan


Cara Membersihkan Telinga Kucing yang kotor

Cara kedua ialah menyiapkan alat-alat yang akan digunakan untuk membersihkan telinga kucing. Adapun alat-alat yang diperlukan adalah:

  • Cutton bud
  • Kapas lembut.
  • Tisu dan obat tetes telinga khusus kucing. (Obat tetes bisa anda dapatkan di pet shop atau toko hewan lainnya yang lengkap.)

Apabila tidak mempunyai obat tetes bisa memakai baby oil. Nanti akan kami jelaskan pada poin berikutnya.

3. Keluarkan Kucing dari Kandang dan Bersihkan Telinga Dengan Cutton Bud


Cara Membersihkan Telinga Kucing yang baik dan benar

Apabila semua sudah siap, ambil-lah kucing anda. Lalu letakkan di pangkuan dengan posisi sedikit miring. Bersihkan dahulu telinga bagian dalam dengan cutton bud. Jangan terlalu dalam ya sob, karena kulit telinga bagian dalam sangat sensitif. Gunakan cutton bud yang besar dan berkualitas baik.

4. Proses Membersihkan Telinga Kucing


Cara Membersihkan Telinga Kucing sendiri
shutterstock.com

Setelah dibersihkan pakai cutton bud, selanjutnya tetesi telinga kucing memakai obat tetes telinga pada bagian permukaan dan telinga belakang. Tapi jika tidak memiliki obat, kalian bisa membersihkan telinga kucing menggunakan baby oil. Meskipun yang kami rekomendasikan tetap memakai obat tetes khusus yang bisa kalian dapatkan di toko hewan.

Pijat perlahan lahan sampai obat tetesnya menyebar ke telinga dengan cepat. Kemudian diamkan si kucing sampai ia menggeleng gelengkan kepala. Apabila kucing sedang menggelengkan kepalanya maka otomatis obat tetes tersebut akan meresap dan menyebar dengan baik. Sehingga kotoran yang masih tersisa bisa keluar semua.

Jika sudah, bersihkan daun telinga dan permukaan telinga dengan kapas. Tapi ingat, kapasnya jangan sampai masuk terlalu dalam ke lubang telinganya. Karena bisa merusak gendang. Apabila sudah, gunakan tisu untuk pembilasan terakhir. Lakukan semua cara di atas dengan lembut dan perlahan lahan. Jangan terburu buru.

Lihat video membersihkan kotoran telinga kucing berikut:



Itulah cara membersihkan bagian telinga kucing dengan memanfaatkan alat alat sederhana di rumah anda. Bila sobat kurang puas dengan cara itu, kalian bisa menggunakan metode dokter hewan.

5. Membersihkan Telinga Kucing dengan Metode Dokter Hewan


Cara Membersihkan Telinga Kucing

Menggunakan cara ini perlu adanya alat-alat canggih khusus. Misalnya memakai alat penghisap kotoran atau suction. Dokter hewan umumnya menggunakan balon penghisap yang mana alat tersebut terbuat dari karet. Alat ini biasa digunakan untuk membersihkan kotoran gendang telinga yang telah rusak. Menyedot kotoran kotoran yang berair seperti nanah.

Selain itu bisa juga memakai cara irigasi pada telinga kucing. Cara ini sangat mudah anda lakukan di rumah. Dokter hewan biasa menggunakan cairan ceruminolotik untuk diteteskan di dalam telinga kucing. Anda bisa membeli cairan tersebut di klinik hewan.

Fungsinya adalah untuk menghancurkan dan melepaskan kotoran telinga si empus. Dengan begitu anda tidak perlu ngorek ngorek telinganya dengan cutton bud mapun kapas.

Baca juga: Cara Merawat Kucing Persia agar Sehat dan Bersih

Itulah panduan membersihkan telinga kucing yang kotor. Silakan anda gunakan cara atau metode yang menurut anda paling mudah. Yang penting tetap harus berhati hati dan teliti. Untuk membersihkan telinga kucing lakukan secara rutin 2 minggu sekali atau jika telinga terlihat kotor.

0 Komentar Cara Membersihkan Telinga Kucing Yang Kotor

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top