Penyebab dan Cara Mengobati Musang Mencret

Cara mengobati musang mencret- akhir akhir ini banyak sekali pertanyaan kepada kami mengenai masalah musang yang terkena diare atau mencret. Mereka panik dan khawatir jika penyakit ini bisa mengancam nyawa binatang kesayangannya. Maka dari itu di kesempatan ini hobinatang.com akan membahas semua permasalahan tersebut.

Diare juga dapat menyerang binatang peliharaan seperti musang. Penyakit ini ditandai oleh gangguan pencernaan atau mencret pada musang. Biasanya musang yang mengalami mencret nafsu makannya langsung menurun, badannya lemas dan kurang bergairah.

Baca juga: Cara Cepat Menambah Nafsu Makan Musang

Dan kebanyakan yang terserang penyakit ini adalah musang yang masih kecil kira kira antara usia 1-3 bulanan. Sebab musang yang masih bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, sehingga sangat rentan terhadap serangan bakteri penyakit. Makanya kalian harus pintar-pintar merawat bayi musang yang masih kecil.

Baca juga: Cara Merawat Anak Musang Umur 2 Bulan atau Yang Baru Lahir

Penyebab Musang Mencret


Penyebab dan Cara Mengobati Musang Mencret

Sebenarnya faktor utama musang mencret ialah karena kekurangan serat atau terdapat kuman dan bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan si musang. Entah itu melalui makanan maupun kandang yang kotor dan lembab. Biar lebih jelas silahkan simak beberapa sebab musang terkena diare di bawah ini:

1. Makanan Musang Yang Kurang Higienis


Makanan merupakan media yang paling mudah terkontaminasi oleh bakteri dan kuman. Melalui media ini bakteri masuk ke dalam sistem pencernaan dan mengakibatkan diare serta mencret-mencret. Jadi untuk mencegahnya para owners wajib memperhatikan kebersihan dan kualitas makanannya.

2. Kadang Musang Yang Kotor dan Lembab


Kandang musang yang lembab juga bisa menjadi faktor musang terkena diare. Kandang yang lembab menyebabkan tumbuhnya bakteri penyakit berbahaya, kemudian bakteri tersebut masuk menyerang ke dalam pencernaannya melalui makanan atau minuman. Cucilah kandang musang satu pekan sekali atau 1 bulan 3 kali.

3. Cuaca Yang Sangat Dingin


Penyebab musang mengalami mencret mencret tidak melulu karena bakteri, bisa juga akibat cuaca yang terlalu dingin hingga mengganggu pencernaan anak musang. So, sebaiknya apabila cuaca tidak mendukung Anda langsung menyediakan kain tebal agar menghangatkan tubuh bayi musang.

4. Susu yang Diberikan Musang Tidak Cocok


Cara Mengobati Musang Mencret

Penyebab keempat adalah karena susu yang mengandung banyak laktosa. Pemberian susu pada musang sebaiknya perlu kalian perhatikan, berikanlah yang non-laktosa. Jangan diberi Susu Bendera atau susu manusia karena banyak sekali mengandung laktosa dan tidak baik buat pencernaan musang.

5. Musang Masa Birahi


Poin kelima ini terjadi pada musang yang sudah dewasa dan sudah birahi (siap kawin). Musang yang ingin kawin biasanya tidak nafsu makan dan lebih memilih minum secara terus-menerus. Sehingga kotoran yang dikeluarkannya pun berair atau encer.

Itulah kelima sebab mengapa musang kita mencret. Selanjutnya bagaimana cara mengobati musang yang mencret?

Cara Mengobati Musang Mencret


Musang diare harus segera diobati sebelum terlambat. Mengobati musang mencret bisa dengan cara alami atau dengan obat kimia yang bisa kalian beli di Vet. Yang paling sering digunakan oleh teman-teman komunitas adalah menggunakan pisang atau pepaya. Karena kedua buah tersebut bisa menambah serat pada tubuhnya.

Namun, ada cara cara lain yang bisa kalian coba. Apa saja?

1. Memperbaiki Pola Makan Musang


Cara Mengobati Musang Mencret

Bila mencret yang diakibatkan karena makanan, sobat harus memperbaiki pola makan dan perbaiki pemberian pakan padanya. Pertama, perhatikan kebersihan pakan. Usahakan memberi pakan yang segar dan buah buahan yang benar benar sudah matang dan masih segar untuk dikonsumsi. Seperti pisang, pepaya dan lain lain.

Baca: 5 Makanan yang Bagus untuk Musang Baru Lahir sampai Usia 2, 3 Bulan

Jika si musang sudah selesai makan, buang sisa sisa makanannya. Hal itu untuk menghindari musang kembali memakan sisa makanan yang sudah membusuk tersebut. Makanan yang busuk terdapat banyak bakteri tentu menjadi sebab musang mencret.

2. Bersihkan Kandang Musang Secara Rutin


Cara Mengobati Musang Mencret

Faktor penyebab musang mencret bisa melalui virus atau debu yang ada di dalam kandang. So, anda wajib menjaga kebersihan kandangnya selalu seperti yang sudah kami katakan di atas. Cuci kandang 2 kali atau minimal sekali dalam seminggu.

3. Konsumsi Buah Salak


Cara Mengobati Musang Mencret

Salak buah yang padat dan tidak banyak mengandung air. Sehingga sangat cocok sebagai media penyembuhan sakit mencret. Entah untuk manusia maupun hewan termasuk musang. Anda bisa memberi salak yang benar benar matang padanya seminggu sekali.

Bila kotorannya sudah terlihat padat, hentikan pemberian salak untuknya. Di samping itu salak juga dapat menguatkan imun tubuh musang serta membunuh bakteri atau virus penyebab mencret. Namun, saya pribadi jujur belum pernah memakai cara ini. hehe

4. Air Kelapa Untuk Musang


Cara Mengobati Musang Mencret

Selain untuk detoks, air kelapa juga mampu membunuh bakteri penyebab mencret yang ada di pencernaan musang. Di samping itu air kelapa sebagai penangkal dehidrasi. Karena mencret menyebabkan tubuh musang kehilangan cairan yang cukup banyak.

Sehingga air kelapa sangat kami sarankan sebagai obat alami untuk kesembuhan si musang. Berikan setiap pagi dan sore air kelapa untuk musang yang sedang mencret sampai ia sembuh dan sehat kembali.

Baik itu saja dari kami pembahasan mengenai cara mengobati dan mengatasi musang mencret. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan para pembaca dan membantu permasalahan pada hewan kesayangan anda.

0 Komentar Penyebab dan Cara Mengobati Musang Mencret

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top