HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Cepat Menambah Nafsu Makan Musang Pandan

Cara menambah nafsu makan musang- Binatang peliharaan musang memang tergolong binatang yang mudah dipelihara, baik untuk jenis musang pandan atau jenis musang lainnya. Namun adakalanya kita menemui kendala besar dalam merawatnya. Misalnya musang tidak mau makan alias mogok makan.

Sehingga membuat pemiliknya cemas dan khawatir, terlebih lagi buat para pemula yang baru terjun ke dalam dunia permusangan. Lalu apa yang harus dilakukan saat musang tidak mau makan? Bagaimana cara mengatasi musang pandan tidak nafsu makan? Apakah ada obat dan suplemen menambah nafsu makan musang?

Yups di bawah ini hobinatang.com akan memberi tips cara menambah nafsu makan musang dengan cepat khususnya untuk musang pandan. So sobat jangan khawatir dan cemas lagi ya. :)

Cara Menambah Nafsu Makan Musang Pandan


cara Menambah Nafsu Makan Musang Pandan
Gambar musang by grup facebook MLI

Penyebab musang pandan tidak nafsu makan biasanya karena 2 faktor. Pertama faktor kesehatan dan kedua faktor bosan. Barangkali musang sobat sedang tidak enak badan alias sakit sehingga ia tidak doyan makan. Atau bisa juga karena sobat tidak mengkombinasikan menu pakan musang sehingga dia bosan dan jenuh terhadap menu makanannya.

Nah untuk faktor pertama coba sobat baca artikel kami yang berjudul, [ciri-ciri penyakit musang dan obatnya] agar bisa ditangani segera. Adapun untuk faktor yang kedua sobat harus pinter-pinter mengkombinasikan makannya dan lebih lengkapnya baca: makanan musang yang baik

Memberi Suplemen Vitamin Penambah Nafsu Makan Musang


cara Menambah Nafsu Makan Musang Pandan
By grup facebook MLI
  
Langkah selanjutnya untuk menambah nafsu makan adalah dengan memberikan vitamin penambah nafsu makan pada musang pandan. Apa saja jenis vitaminnya?

Pencinta musang di Indonesia biasa memberikan vitamin merek seperti biolisin, minyak ikan dan curcuma plus. Berikan secara berkala dan teratur.  Selain itu untuk menambah gizi dan nafsu makan pada musang pandan sobat bisa membeli nutri plus gel di pet shop terdekat, vitamin tersebut berbentuk gel yang mudah dijilat oleh si muspan.

cara Menambah Nafsu Makan Musang Pandan
MLI musang lovers Indonesia

Salah satu penghobi musang yang bernama Yohan Dermawan juga menceritakan pengalamannya dalam mengatasi musang tidak nafsu makan, beliau berkata,

"Saat musang mogok makan sebaiknya diberikan curcuma rasa jeruk. Pertama, ambil curcuma dengan takaran dosis 1 tutup botolnya kemudian dicampurkan dengan susu dan terakhir diberikan pada musang. Cara ini terbukti, sebab musang saya tidak pernah ngedrop dan setiap dikasih makan selalu habis".

Nah itulah sob cara lengkap menambah nafsu makan musang pandan dengan cepat berdasarkan pengamatan dan pengalaman para master musang. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkannya. Silahkan disebarkan kepada sesama penghobi musang lainnya. Salam wangi

44 Komentar Cara Cepat Menambah Nafsu Makan Musang Pandan

  1. Anonymous03 December

    Pemberian vitamin sahari berapa kali mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nafsu makannya berkurang, berikan vitamin satu sampai dua kali sehari. Kalau makannya sudah bagus, tidak perlu lagi memakai vitamin.

      Apalagi untuk musang yang berusia 2 bulan ke bawah, biasanya diberi makan SGM LLM sudah cukup

      Delete
  2. Dok kok musangku udah 4 hari sama sekali tidak makan dan kencingnya kucing
    Kalau itu penyakit apa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah 4 hari, bahaya tu mas. Soalnya sudah lama sekali gak makan. Usahakan perutnya di isi, jangan sampai kosong. Akibatnya dia akan mengeluarkan kotoran cair dan berwarna kuning.

      Biasanya disebabkan karena kurang cairan dan cuaca yang tidak stabil mas.

      Coba mas kasih pisang yang sudah dilembutkan dan cariin air kelapa ijo.

      Kalau tidak ada perubahan segera bawa ke dokter hewan sebelum musangnya mati karena kehabisan energi.

      Murah kok mas, suntik paling cuma 100-150. Kalau di Jakarta, ada di daerah Pasar Minggu.

      Daripada musangnya mati. Terimakasih

      Delete
  3. Dok kok musang saya makan nya kurang ya, klo di kasih susu sgm non laktosa juga mencret berak nya, sya pernah sih kasih obat cacing, dan seperti ini jadi nya...
    Dan musang saya jd lemes terus... Kenapa ya dok..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang mengalami seperti itu mas, hindari dulu pemberian susu. Minumnya dikasih madu saja dan air kelapa, pakai kuning telur spetin ke mulutnya. Kalau ada norit, diberi norit. Lalu kandangnya dicuci pakai desinfektan. Kalau dikasih pisang apakah mau dimakan?

      Delete
  4. Kalau pisang dya makan kok, tp kadang berak nya bagus kadang kentel gtu dok, bahaya gak sih dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Normal mas, yang gak normal kalau mencretnya air. Cair. Bisa disebabkan karena cuaca yang terlalu dingin.

      Coba sediakan ruangan yang hangat.

      Delete
  5. Dok kalau dikasih air putih hangat + curcuma plus gimana?
    Dan makannya ditambah curcuma plus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan boleh saja kalau musangnya doyan. Tapi kalau tidak mau bisa pakai Scott Emulsion, apyalis, apyalis drop, minyak ikan atau nutrigel plus.

      Delete
  6. Dok musang saya umur 2bulan kurang ko makan buah gamau yah maunya yg amisamis dia makannya padahal menurit saya udah bisa makna sendiri tapi dia gamau dikasih pisang/pepaya itu kudu dispetin.. Sarannya gimana ya dok biar dia nafsu makan buah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dispetin masih mau itu sudah lumayan mas. Apalagi usianya masih di bawah dua bulan. Banyak sekali yang mengalami musang tidak mau makan buah.

      Solusinya ada banyak. Silahkan kasih bubur rasa buah dulu nanti kalau sudah doyan, langsung dicoba kasih buah.

      Solusi lain, terkadang buah pisang saya iris2 jadi kecil lalu di olesi madu habis itu disodorkan ke mulutnya musang. Lakukan cara itu terus menerus sampai doyan makan.

      Solusi berikutnya bubur di campur dengan buah pisang di blenyekin. Terus di mix..Nanti lama lama mau makan dia.

      Apakah buah lainnya udah di coba? Melon Apel dll

      Delete
  7. dok..musang sy usia skitar 3 bulan..tapi kok cm doyan susu aja ya..sy coba kasih pisang atau pepaya cm di emut aja di mulut..ada saran ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak sekali kasus musang usia 3 bulan tidak doyan makan bubur dan cuma mau makan susu. Kasus ini juga mirip mirip dengan kasus di atas (Komen mas Imam).

      Dari kami sebaiknya makanannya di variasikan. Apakah sudah coba semua buah?. Coba ditambah minyak ikan dan 5 ekor jangkrik. Atau coba diberi telor sama kepala ayam. Sambil diberi bubur.

      Karena penyebabnya kadang musang bosan dengan makanan yang itu itu saja. Makanya perlu divariasikan. Kalau ada pertanyaan lagi silahkan berkomentar.

      Delete
  8. Dok. Kok obat musang yg lagi sakit apa iya udah dua hari kaga makan terus hidung musang nya keluar air gitu dong

    ReplyDelete
  9. Dok. Kok obat musang yg lagi sakit apa iya udah dua hari kaga makan terus hidung musang nya keluar air gitu dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begini kak, soal tidak mau makan. Sebaiknya tetap dipaksakan makan. Bisa menggunakan spet. Usahakan pakannya bervariasi, jangan bursun saja. Bisa pakai buah buahan lainnya. Kalau tidak makan dia bisa kekurangan nutrisi, malah menambah parah keadaan.

      Soal cairan yang keluar dari hidung itu wajar wajar saja selagi cuman lembab atau basah di sekitar hidung. Tapi kalau sudah sampai banyak keluar air atau sedikit berlendir bisa jadi itu penyakit flu/pilek. Solusinya coba dijemur tiap pagi di bawah matahari sebelum jam 9. Tp cukup 5 sampai10 menit.

      Sebab penjemuran itu wajib bagi musang yang hidungnya berair, tapi kalau masih anakan, jangan langsung terkena cahaya matahari takut katarak.

      Oh ya jaga kebersihan kandang, tempat makan dan lain sebagainya.

      Delete
  10. Dok musang pandan saya yang betina umur 1 setengah bulan, dan yang jantan umur 1 bulan. Setiap pagi musang saya kok gemetaran ya apa karena cuaca dingin atau sakit ?
    Dan juga musang yang berumur 1 1/2 bulan tidak mau dikasih makan. Dipaksa juga tetap tidak mau tapi saya kasih susu SGM lancar aja tidak pernah nolak kalau susu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau suhu kandang dirasakan tidak dingin tapi gemetaran bisa disebabkan kekurangan vitamin B. Waspada mas bisa cacat, tapi bisa diatasi kok. Baby musang memang rentan kekurangan kalsium.

      Silahkan diberi vitamin B1 dosisnya 1/2 tablet di berikan 2 x sehari sampai gejala berkurang. Diberikan juga antibiotik Cefixime 100mg, dosis nya di bagi 1/6 - 1/4 kapsul di berikan 2 x sehari selama 4-7 hari.

      Kalau masih pagi sebelum jam 8. Dijemur mas, ajak keluar biar gak di dalam kandang terus. Jangan lama lama, cukup 5 menit saja jemurnya. Biar gak katarak.

      Kalau belum sembuh, kasih air kelapa. Madu

      Soal gak mau makan, coba sampean kasih buah jenis lain. Soalnya buat itu cukup penting buat memenuhi kebutuhan vitamin musang. Bisa juga kepala ayam

      Delete
  11. Dok mau tanyak...
    Musang saya berumur 1tahun lebih..
    Naah yang mau saya tanyak'in...
    Musang saya kalau siang hari tidur terus dan tidak mau makan dan minum sama sekali..
    Tapi kalau malam hari musang saya doyan makan...
    Tolong sarannya dok
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkait musang yang tidur terus memang seperti itu wajar. Musang adalah binatang nokturnal, aktif hanya di malam hari. Adapun untuk musang yang gak mau makan di siang hati, kami hanya bisa menyarankan agar diberikan minyak ikan, atau vitamin penambah nafsu makan.

      Yang paling sering dipakai Scott Emulsion. Cara memberi pakannya harus dengan tangan dahulu (handfeed).

      Apakah musang anda masih baru?

      Delete
  12. Dok saya punya musang umur 2,5 bulan kalo di kasih pisang engga mmau di makan tapi kalo di kasih susu dia selalu mau gmna ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan ini sudah ditanyakan di atas oleh mas "nn" dan sudah dijawab panjang lebar.

      Intinya divariasikan dengan jenis buah lainnya. Coba juga jenis pisang lainnya, kemarin musang saya bosan dengan pisang kepok, kemudian diganti sama pisang madu baru mau makan.

      Tambahkan juga minyak ikan, sama 5 ekor jangkrik. Semoga membantu :)

      Delete
  13. Malam dok... Hari Jumat musang sy gulung2 tiba2 ga mau jalan dok,padahal pagi sebelum berangkat kerja kondisi musang sy baik2 aja.sekarang lesu ga mau makan,kalo dispet pake bursun mau walopun aga dipaksa. .yg bs sy perbuat hanya memberi B IPI komplek 1/2 sesuai dokter anjurkan. Tp saya tambahkan calcium lactate 1/2, apakah TDK apa2 dok? Stelah sy minumkan kedua ny feses ny jadi berwana kuning seperti warna vit B komplek ny apakah TDK apa2?? Dan yg terakhir dok, feses nya ada yg padat ada yg aga mencret gmn itu y dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tolong dok balasan ketiga pertanyaan sy di atas

      Delete
    2. Sebelumnya kami mohon maaf karena telat membalas, karena baru membaca malam ini pukul jam 21.14. Tadi sibuk di dunia nyata.

      Mengenai musang yang tiba-tiba lumpuh, saya belum berani memastikan dia kekurangan vitamin B. Bisa jadi dia memakan sesuatu saat ditinggal, makanya mau menanyakan dulu apakah musangnya free room saat anda tinggal?

      Pemberian Dosis Vit B1 untuk musang, 1 tablet obat di bagi 2 atau 3 bagian, dikasih minum obat sehari 1 tablet saja. Rutin di jemur dibawah sinar matahari pada jam 7-9 pagi dan hanya 15 menit saja.

      Hindari terlalu lama bisa menyebabkan Dehidrasi, klo bisa diselingin dengan air kelapa ijo. Perawatan harus telaten biar cepat sembuh musangnya.

      Terkait tidak nafsu makan, diseptin terus saja. Jamgan dibiarkan perut kosong, kasih obat minyak ikan lebih aman.

      Soal fases yang berwarna kuning, musang itu akan buang kotoran seduas apa yang dia makan. Kalau dia makan bubur rasa pisang, maka maklum kalau berwarna kuning. Jangan panik, selama pemberian obat sesuai dosis, aman.

      Delete
    3. Typo:

      #Jangan
      #..akan buang kotoran sesuai apa yang dia makan barusan.

      Delete
  14. Dok musang saya sama sekali tidak mau makan penangan pertama apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah berapa hari tidak mau makan? Sudah memakai jenis makanan apa saja? Asalkan musang sehat, kemungkinan besar karena bosan dengan makanannya.

      Kami sarankan agar makanannya divariasikan. Tambah minyak ikan dan 5 ekor jangkrik. Semoga berhasil

      Delete
  15. Maaf dok mau tanya musng saya telat kasih makan pdahal malem smpe pagi, nah pas sya mau ngash makan musang saya,musang nyh lemas dan kpla nyh nengok kiri mulu,pas d kash makan dya nyh gx mau,terpaksa saya spet pke pepaya yg udah d blender,tapi mash ajh lemas dok,solusi nyh dong dok,maaf mash pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertolongan pertama dikasih Air kelapa air gula kalau tidak air putih campurkan madu. Lain kali coba lebih tepat waktu ngasihnya Kak :)

      Delete
  16. Mas saya mau tanya. Umur Musang saya sekitar 2bulan kurang. Dari pagi samepe malem tidur terus. Tapi kalo di pegang dia bangun. Itu kenapa ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlakuan musang 2 bulan yang srtins tidur itu hal wajar mas. Bukan masalah memang masih masanya.

      Delete
  17. Musang saya suka bergetar getar mas. Terus suka tidur terus ngga jalan jalan. Terus kalo di tempat anget dia ga geter geteran badannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena masih kecil, kalau gemetrgem itu tandanya kedinginan, coba diselimuti mas. Kalau ada yang mau ditanyakan lagi silahkan tulis komentar.

      Delete
  18. Nanyak om. Musang ku udah beberapa hari gak mau makan di kasi vitamin juga udah terus makanannya udah di ganti2 tapi tetap gak mau makan. Sekarang malah makin lemes dan belekan tolong dokter pencerahanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang sebelumnya dikasih makan apa? Umurnya berapa?

      Pertolongan pertama dikasih air kelapa dan kasih norid, beli saja di apotek. Caranya kasih 1 butir lalu di bagi 4, kemudian campurkan sama air minum dan dicekokin. Selang waktu 2 jam musang dispetin memakai sun, agak kentel. Hindari pemberian susu dulu. Jika tidak mau makan dipaksakan saja agar perut terisi makanan, dan gak lemes. 1 butir norit dibagi 4, kasih sehari 2x.

      Namun saran kami tolong diperiksa ke dokter hewan, bisa jadi itu kena cacingan atau flu. Nanti kan dapat obatnya dan divaksin, paling buat bayar obatnya habis dana sekitar 200.000 plus sama konsultasi.

      Delete
  19. Dok musang saya udah 1 minggu gak makan umurnya 1.5 dia maunya minum yang manis aja kalok makan dia gak mau padahal saya kasi selang seling terus juga kasi vitamin sama makanan kucing tapi dianya gak mau sekarang makin kurus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dibiarkan perutnya kosong tidak terisi makanan Kak. Saran kami buat pisang dan dilembutkan campur susu. Diusahakan mau makan, usahakan pakai spet gak masalah.

      Delete
    2. Kalo musang 1minggu-1.5 bulan hanya bisa dikasih susu formula, contoh sgm 0-6 bulan, itu jg harus 2 jam sekali, saya aja musang ku sehari minum susu 1 kali dah kebingungan. Kasihan musangnya mungkin dia lapar tp gak bisa makan, pake dot bang, kalo gak suntikan ujungnya di kasih pentil sepeda, kayak ngasih makan baby burung

      Delete
  20. Dok mau tanya musang saya tidak mau makan sekarang umur 2 minggu . Waktu itu dia bangunin 2 jam sekarng sekrng masa tidak dok . Kenapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kak, di alam saja umur 1 bulan baru dilepas induknya. Mana mungkin umur 2 mingguan kasih makan. Umur segitu baru dikasih susu Kak. :) Baca artikel kami tentang: cara merawat bayi musang baru lahir

      Delete
  21. https://chat.whatsapp.com/5nj0HTdyAo734G8D39KDCk

    ReplyDelete
  22. Saya mengadopsi baby musbul umur 1 bulan 2 ekor jantan semua, dirumah jg ada musbul 3 ekor tp sudah dewasa (jitot semua)

    2 baby musbul ini dah 2.5bulan an lah sekarang, gigi dah tumbuh semua, makan daging ayam, ikan lele pinter, tp heranya kalo makan pisang gak bisa sendiri, di benyekin jg gak bisa, jd kalo makan pisang harus diblender dulu, itu jg harus pake dot, kalo di mangkok gak dimakan sama sekali, ada pernah ngalamin gak ya, agak susah kalo ditinggal2 gak bisa makan pisang sendiri

    ReplyDelete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top