HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Alasan Kenapa Kelinci Jadi Galak Beserta Cara Mengatasinya

Tidak sedikit teman-teman dari hobiis yang pernah mengalami kelincinya jadi galak secara tiba tiba. Contohnya, kelinci jadi suka menyerang teman satu kandang. Atau jadi suka memberontak saat ingin diambil oleh pemiliknya. Padahal sebelum itu dia sangat nurut dan tidak galak.

Yang jadi pertanyaan, kenapa kelinci menjadi galak? Apa penyebab kelinci kita jadi galak?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, perlu sobat ketahui bahwa kelinci yang tiba-tiba suka menyerang temannya tidak boleh dibiarkan begitu saja. Kalian harus mencarikan solusi agar keadaan kembali seperti semula. Sebab jika dibiarkan lama kelamaan teman yang diserang bisa mati. Hal ini juga sudah banyak dialami oleh peternak atau penghobi kelinci.

Menurut data dari teman-teman sesama pecinta kelinci, 90% kelinci yang agresif dan galak secara tiba tiba didominasi oleh betina. Hal itu disebabkan karena banyak faktor (Insyaallah akan kami bahas pada poin di bawah ini). Sehingga teman-teman yang baru memelihara kelinci (pemula) tidak perlu heran kalau yang galak justru kelinci betina, bukan jantan.

Baiklah, berikut penyebab kenapa kelinci menjadi galak beserta cara mengatasi yang galak.

Penyebab Kelinci Jadi Galak dan Cara Mengatasinya


Sebagaimana yang sudah hobinatang.com katakan di atas. Saat anda melihat kelinci berubah jadi galak, maka kalian tidak boleh membiarkan begitu saja. Harus segera ditangani agar tidak fatal nantinya. Silahkan pelajari poin poin di bawah ini:

1. Kelinci Lagi Hamil


Alasan Kenapa Kelinci Jadi Galak Beserta Cara Mengatasinya

Hampir semua binatang peliharaan apabila sedang hamil sifatnya berubah menjadi lebih agresif dan galak. Begitu juga dengan kelinci hias maupun kelinci pedaging, karakternya akan berubah menjadi galak dan mungkin sering menyerang temannya saat sedang hamil mengandung anaknya.

Apabila penyebabnya karena hamil, kalian tidak perlu cemas dan khawatir. Untuk mengatasinya cukup pisahkan kelinci betina yang sedang hamil dari teman-temannya. Sediakan kandang khusus untuk persiapan melahirkan dan merawat anak-anaknya.

Baca juga: Tanda Tanda Kelinci Hamil

2. Kelinci Galak Karena Sedang Stres


Alasan Kenapa Kelinci Jadi Galak Beserta Cara Mengatasinya

Penyebab kedua adalah faktor stres. Bukan hanya manusia, binatang peliharaan seperti kelinci juga bisa stres. Dan rata rata stres didominasi oleh betina. Depresi atau stres bisa terjadi karena hormon yang tidak seimbang. Akibatnya psikis kelinci terganggu. Untuk masalah ini hanya bisa ditindaklanjuti oleh ahlinya. Jadi bawalah ke dokter hewan agar dipriksa dengan baik dan mungkin diberi obat pereda stres.

3. Kelinci Stres Karena Marking


Alasan Kenapa Kelinci Jadi Galak Beserta Cara Mengatasinya

Marking artinya seekor hewan yang sedang menandakan daerah kekuasaannya. Dan apabila ada hewan lain yang masuk ke wilayahnya, tentu dia akan marah meskipun sesama jenis. Dan setiap jenis hewan memiliki ciri khas untuk menandai wilayahnya. Namun rata-rata mereka menandai dengan air kencingnya.

Nah apabila kelinci kalian tiba-tiba galak, mungkin penyebabnya karena marking. Biasanya kasus ini terjadi apabila sekelompok kelinci yang sudah lama dicampurkan dengan kelinci yang baru dibeli. Sebab mereka yang lama merasa memiliki daerah tersebut.

Solusinya jangan langsung kalian campur antara kelinci yang baru datang dengan kelinci yang sudah lama. Namun, berilah pembatas terlebih dahulu agar mereka saling mengenal dan saling memahami. Bagaimana mudahkan?

Baca juga: 7 Cara Memelihara Kelinci Yang Baik Untuk Pemula

Ok, itu saja penjelasan singkat dari kami tentang alasan alasan kenapa kelinci jadi galak dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga informasi ini dapat  menambah wawasan buat kalian khususnya yang masih pemula dalam dunia perkelincian.

0 Komentar Alasan Kenapa Kelinci Jadi Galak Beserta Cara Mengatasinya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top