HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Penyebab dan Cara Mengatasi Induk Kelinci Kanibal Makan Anaknya Sendiri

Kelinci memakan anaknya sendiri merupakan kasus yang tidak wajar namun hal ini bisa terjadi pada kelinci anda. Terutama saat induk kelinci melahirkan anaknya. Padahal semestinya kelinci adalah hewan herbivora pemakan tumbuh-tumbuhan. Tapi mengapa mereka bersifat kanibal.

Inilah tema yang akan dibahas di situs hobinatang.com kali ini. Tapi perlu anda ketahui bahwa sebenarnya sifat kanibal ini bukan hanya dialami oleh kelinci saja. Ada hewan lain yang bisa memakan anaknya sendiri, yaitu sugar glider, musang dan kucing. Jadi ternyata kasus ini juga kerap terjadi pada peternak hewan peliharaan lainnya.

Meski demikian kalian tidak boleh menganggap sepele masalah ini. Jika dibiarkan akan mengganggu perkembangbiakan kelinci dan proses beternak kalian. Lantas Apa penyebab kelinci memakan anaknya sendiri atau kanibalisasi?

Penyebab Kelinci Jadi Kanibal Makan Anaknya Sendiri


Penyebab dan Cara Mengatasi Induk Kelinci Kanibal Makan Anaknya Sendiri

Gejala kanibal bukan diakibatkan karena penyakit tertentu, melainkan karena gangguan kejiwaan, stress atau kurang baiknya perawatan dari si pemilik. Makanya tidak heran apabila kasus semacam ini kerap dialami oleh para pemula. Menurut beberapa sumber dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh asosiasi peternak kelinci menemukan ada dua penyebab utama mengapa kelinci kanibal.

Yakni yang pertama karena pakan yang diberikan kelinci saat hamil sangat buruk kurang nutrisi dan kedua gangguan kejiwaan (stres). Misalnya seorang peternak yang menyediakan pakan buruk pada kelinci atau pakan yang tidak terjamin baik dari segi kualitas dan kuantitas. Tentu akan merubah fisiologis pada kelinci. Ditambah lagi kondisi kelinci yang kehilangan tenaga saat melahirkan, membuat karakternya menjadi liar dan kemungkinan akan memakan anaknya sendiri.

Atau parahnya lagi, memang si induk kelinci memiliki sifat kanibal. Jika memang begitu, sebaiknya jangan dijadikan induk lagi. Kemudian bagaimana cara mengatasi kelinci kanibal memakan bayi nya sendiri?

Cara Mencegah atau Mengatasi Kelinci Memakan Anaknya/Kanibal


Penyebab dan Cara Mengatasi Induk Kelinci Kanibal Makan Anaknya Sendiri

Setelah melihat penyebab di atas tentu Kalian juga bisa menyimpulkan sendiri. Solusi utamanya adalah menyediakan pakan yang cukup bahkan kalau bisa dilebihkan untuk berjaga-jaga. Terutama di saat kelinci sedang hamil, posisi makanan harus ditambah dan gizinya perlu diperhatikan. Sebagaimana yang sudah kami jelaskan pada artikel, cara ternak kelinci yang benar.

Untuk jenis makanan kelinci bisa mencarikan rumput hijau atau rumput timothy. Lalu beberapa jenis pakan tambahan seperti ubi jalar. Sebab banyak mengandung karbohidrat. Ditambah pemberian multivitamin A, B,E atau k serta tidak lupa menyediakan air bersih.

Itulah penyebab dan langkah-langkah mencegah agar kelinci tidak makan anaknya sendiri. Sebagai peternak harus bertanggung jawab akan masalah ini, jika tidak perkembangbiakan kelinci  akan terhambat. Bertanyalah kepada yang lebih senior dan berpengalaman mengenai masalah kelinci. Atau kalian bisa mencari informasi terkait kelinci di sini.

0 Komentar Penyebab dan Cara Mengatasi Induk Kelinci Kanibal Makan Anaknya Sendiri

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top