Makanan Kelinci Khusus Umur 2 Bulan atau 3 Bulan

Makanan kelinci umur 2 bulan- Hari ini hobinatang.com lagi semangat sharing nih sob, jadi kalian juga harus semangat untuk baca-baca di situs ini ya. :) Yups sebelumnya kami sudah membahas daftar makanan kelinci secara universal atau umum. Di sana sudah dijelaskan berbagi jenis makanan untuk kelinci yang cocok baginya. Namun ada beberapa makanan yang tidak bagus untuk bayi kelinci.

Makanya di kesempatan ini saya akan menjelaskan secara khusus jenis pakan kelinci yang tepat untuk yang berumur 2 bulan atau di atasnya dikit. Apa saja makanan kelinci usia 2 bulan?

Makanan Kelinci Umur 2 Bulan


Makanan Kelinci Umur 2 Bulan atau 3 Bulan

Anak kelinci baru boleh diberi makan jika sudah mencapai umur 2 bulan. Jadi di usia-usia awal ini kalian harus mencarikan pakan yang bersifat lunak, agar terhindar dari cedera pada gigi anakan kelinci yang masih kecil. Adapun makanan yang kami rekomendasikan dan cocok untuk kelinci umur 2 bulan ialah:

1. Umbi-Umbian


Makanan Kelinci Umur 2 Bulan atau 3 Bulan

Makanan kelinci untuk umur 2 bulan yang pertama adalah umbi-umbian. Menurut para master umbi-umbian sangat cocok untuk kelinci usia 2 bulan. Kenapa? Karena bahannya sangat lunak dan lembut, sehingga gampang dicerna di lambung. Selain itu umbi-umbian juga banyak mengandung vitamin A. Contohnya, ubi, singkong, wortel dan kentang. Tapi saat memberinya makan, jangan lupa direbus dulu agar empuk dan mudah dicerna oleh si kelinci.

2. Sayuran Hijau


Makanan Kelinci Umur 2 Bulan atau 3 Bulan

Sebenarnya sayuran hijau ini kurang cocok guys, karena mengandung banyak gas. Tapi tidak ada pilihan lain selain sayuran. Sebab kalau anak kelinci umur 2 bulan sudah dikasih rumput dan hay sebagaimana kelinci dewasa maka bisa-bisa lambungnya malah rusak karena masih terlalu lemah.

Nah maka dari itu sebagai gantinya adalah sayuran hijau. Disarankan sayurannya berupa kol,  sawi hijau, sawi putih dan kangkung. Namun, cari sayuran yang kering ya dan jangan yang basah. Nanti dikhawatirkan air yang dipakai untuk mencuci sayuran mengandung bakteri penyebab penyakit diare.

3. Buah-Buahan


Makanan Kelinci Umur 2 Bulan atau 3 Bulan

Jika anda mempunyai finansial yang cukup, berilah buah-buahan sesekali pada anak kelinci, namun buahnya jangan yang mengandung banyak gas, karena tidak baik untuk pencernaan si kelinci yang masih berusia sangat muda. Jadi berilah buah seperti pisang, nanas, apel, pepaya dan kesemek. Itupun cukup sebagai cemilan saja, bukan sebagai makanan pokok.

4. Voer Ayam


Pemberian voer ayam juga sangat dianjurkan guys, karena di dalamnya mengandung banyak gizi dan sangat bagus untuk kesehatan si anak kelinci serta dapat membantu pertumbuhannya. Voer ayam juga mengandung lemak dan protein sehingga mudah diserap oleh tubuh. Nah, jika anda tidak menemukan voer ayam maka bisa kog diganti dengan ampas tahu yang dicampur dengan dedak. Untuk porsinya cukup berikan hanya pada pagi hari saja, jika sore hari biasakan makan sayuran atau rumput, biar si kelinci juga makan dari bahan-bahan yang alami.

Nah itulah beberapa bahan makanan yang cocok untuk kelinci yang baru disapih oleh sang induk. Semoga artikel makanan kelinci umur 2 bulan ini bermanfaat untuk pencinta kelinci seluruh Indonesia. Baik kelinci pedaging atau hias seperti anggora, rex dan lop. Untuk menambah wawasan silahkan baca makanan kelinci kecil lainnya di artikel, 5 jenis makanan kelinci yang masih kecil

0 Komentar Makanan Kelinci Khusus Umur 2 Bulan atau 3 Bulan

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top