Ciri ciri kelinci mau melahirkan– Kelinci merupakan binatang mamalia yang memiliki nilai tinggi dalam hal komersial, reproduksinya yang cepat menjadi alasan utama mengapa hewan ini banyak dibudidayakan. Selain itu, peminat kelinci juga tidak pernah habis. Hampir setiap tahunnya komunitas kelinci di Indonesia meningkat, grup-grup di media sosial semakin banyak dan masih banyak lagi bukti bukti lainnya yang menunjukan tingginya minat masyarakat pada binatang kelinci.

Sebagai binatang mamalia, kelinci berkembang biak dengan cara melahirkan. Pertama mereka akan melewati masa kawin. Pada fase ini sel sel telur kelinci betina akan dibuahi oleh sperma jantan. Hingga akhirnya induk kelinci mengalami kehamilan. Kehamilan kelinci berlangsung selama 1 bulan atau sekitar 27 sampai 32 hari. Setelah lewat masa kehamilan, induk kelinci akan melahirkan anaknya. [note: terkait ciri ciri krlinci hamil sudah kami bahas sebelumnya di situs ini, silahkan dibaca]

Tentu saja sebagai peternak atau pemilik kelinci harus sigap dan menyiapkan segala perlengkapan serta tempat untuk persiapan induk kelinci yang mau melahirkan. Namun, masalahnya kita tidak tahu pasti hari keberapa induk kelinci tersebut akan lahir. Sehingga para pemula biasanya khawatir ketika menjelang kelahiran anak kelinci.

Untuk itu di sini hobinatang.com akan menuliskan pada kalian terkait ciri-ciri kelinci yang mau melahirkan anaknya. Dengan mengetahui tanda-tandanya, teman-teman jadi bisa memperkirakan induk kelinci akan lahir dan bisa mempersiapkan tempat dan kebutuhan persalinan kelinci.

Ciri Ciri Kelinci Mau Melahirkan

Ciri Ciri Kelinci Mau Melahirkan

Sebelum teman-teman membaca tanda-tanda kelinci akan melahirkan, kalian harus tahu dulu bahwa kelinci adalah hewan yang memiliki tingkat reproduksi sangat tinggi. Setahun saja bisa melahirkan 5 kali. Dan dalam satu kali lahir bisa menghasilkan 3-8 anak atau lebih. Apabila sudah lahir, kalian juga harus banyak membaca cara cara perawatan bayi kelinci. Baiklah berikut ciri-ciri kelinci mau melahirkan:

1. Induk Kelinci Akan Gelisah

Ciri-ciri kelinci yang akan melahirkan paling menonjol adalah cemas atau gelisah. Menjelang kelahiran induk kelinci akan gusar. Mondar mandir di dalam kandang. Hal itu disebabkan karena ia mulai merasakan anak kelinci yang bergerak ingin keluar.

2. Induk Kelinci Suka Menggaruk Garuk

Di habitat aslinya, kelinci akan menggali tanah apabila menjelang kelahiran anaknya. Ini merupakan sifat alamiah dan kalian tidak perlu dicemaskan jika kelincinya tiba tiba menggaruk garuk kandang di bagian pojok. Biasanya tanda seperti ini akan muncul jika masa kehamilan sudah mencapai 2 minggu ke atas (16 harian ke atas). So, silahkan disiapkan alat alat yang dibutuhkan untuk persalinan.

3. Menjauh Saat Didekati

Seekor kelinci yang sedang hamil dan akan melahirkan, hormonnya akan meningkatkan sehingga karakternya akan berubah dari biasanya. Salah satu cirinya adalah memiliki sifat moody sama manusia. Ketika ingin melahirkan biasanya akan selalu menjauh dari manusia. Bila kelinci melihat ada manusia biasanya akan kembali masuk ke dalam kandang. Kalau pintunya dibuka dia akan mengeram dan terdengar menggerutu. Tapi sifat ini akan berakhir jika sudah lahir anaknya.

4. Induk Kelinci Suka Menyendiri

Tanda Tanda Kelinci Mau Melahirkan

Suka menyendiri juga termasuk salah satu sifat yang ditunjukkan pada kelinci jika ia akan melahirkan bayinya. Pada beberapa jam sebelum lahir. Dia akan mencari tempat yang jauh dari makhluk hidup lainnya. Apabila tidak menunjukkan ciri ciri seperti ini sebaiknya kalian jangan mendekatinya. Karena ini adalah sifat alamiah, ia akan khawatir atas keselamatan anak-anaknya jika ada orang lain yang mengganggu.

5. Induk Kelinci Jadi Agresif

Kelinci mau melahirkan umumnya menjadi agresif terhadap manusia dan sesama kelinci-kelinci lainnya. Tapi jangan khawatir karena ini adalah sifat normal dimiliki oleh setiap hewan yang akan melahirkan. Entah itu kucing, anjing, musang atau hewan peliharaan lainnya. Sebaiknya jangan diganggu karena dapat mengakibatkan dia stress. Pisahkan juga kandangnya dengan kelinci lainnya.

6. Kelinci Yang Mau Melahirkan Suka Berbaring

karakter ini akan muncul setelah usia kehamilan mulai tua. Perutnya semakin membesar sehingga induk kelinci lebih senang berbaring dan tidur dibandingkan melakukan banyak aktivitas seperti saat belum hamil. Dalam masa kehamilan kelinci juga mulai agresif dan galak. Jadi jangan coba-coba keseringan mengangkat dan mengajak main kelincinya. Takut janinnya terganggu.

7. Kelinci Merasa Tidak Nyaman dengan Keadaannnya

Ciri Ciri Kelinci Akan Melahirkan

Hal yang wajar dirasakan oleh siapa pun yang lagi hamil dan akan melahirkan. Janin yang semakin besar menjadi faktor utama induk kelinci tidak nyaman. Apalagi berat badannya semakin meningkat. Nah bila kalian sudah melihat tanda-tanda seperti ini, artinya kelahiran semakin dekat. Silakan siapkan kotak yang berisi jerami untuk berbaring dan tidur. Supaya dia merasa nyaman saat melahirkan.

8. Bulu Kelinci Rontok

Ciri-ciri kelinci mau melahirkan paling jelas dan menonjol adalah adanya perubahan fisik induk kelinci. Khususnya pada bulunya yang mulai rontok. Kerontokan pada bulu Kelinci akan mulai muncul saat beberapa jam sebelum persalinan. Fungsinya bulu-bulu yang sudah rontok akan dipakai untuk menghangatkan bayi kelinci yang sudah lahir. Sehingga sang induk akan menyusui di kotak yang telah disediakan.

9. Kelinci Mulai Membuat Sarang Persalinan

Memasuki 6/4 harian sebelum kelinci melahirkan, ia akan antusias membuat sarang persiapan persalinan. Misalnya, jika kalian meletakkan jerami/rumput kering di dalam kandang, induk kelinci biasanya akan menggigit jerami tersebut dan disusun menjadi sarang. Tanda-tanda seperti ini juga bisa dijadikan patokan paling menonjol kalau kelinci anda akan melahirkan. Silahkan kalian cermati sendiri di rumah.

10. Kelinci Jadi Lebih Sensitif

Sebenarnya ke sembilan tanda di atas sudah cukup untuk Anda mengetahui kelinci mau melahirkan. Tapi biar lebih meyakinkan kalian bisa melihat perubahan karakter sifatnya yang lebih sensitif. Sensitif terhadap lingkungan dan sekitarnya, seperti cahaya suara yang terlalu bising dan keadaan yang terlalu ramai. Maka Tugas kalian harus mencarikan ruangan yang sepi.

11. Perubahan Nafsu Makan dan Minum

Ciri Ciri Kelinci Mau Melahirkan

Semua makhluk hidup yang mengalami kehamilan sudah pasti ia membutuhkan asupan makanan yang sehat dan berkualitas. Begitu juga si kelinci saat hamil, ia butuh makanan yang banyak seiring bertambahnya usia janin maka jumlah porsi makannya pun semakin meningkat. Hal itu dikarenakan si janin juga butuh makanan. Selain porsi yang bertambah, sobat juga harus menyediakan makan dan minum yang cukup. Sebab, kekurangan asupan makanan dapat mengakibatkan kanibalisme saat sudah melahirkan.

Baca: Penyebab Induk Kelinci Kanibal Makan Anaknya Sendiri

12. Perubahan Psikologis

Dari segi psikis, induk kelinci yang akan melahirkan akan mengalami perubahan yakni mudah stres, gelisah dan tampak lebih agresif. Induk kelinci menjadi mudah tertekan oleh keadaan. Hal itu ditampakkan dengan cara kelinci menggigiti jeruji atau kayu kandangnya. Semua keadaan itu, menunjukkan bahwa janin kelinci sudah berkembang dengan sempurna dan mendekati persalinan. Maka dari itu, sobat harus membuatnya nyaman dengan cara memberikan alas tidur yang hangat dan hindarkan dari kelinci lainnya supaya ia tidak terganggu oleh siapapun.

13. Kelinci Kehilangan Nafsu Makan

Bila di atas disebutkan kelinci nafsu makannya meningkat saat hamil tua maka kali ini nafsu makannya menurun ketika induk kelinci sudah sangat dekat dengan persalinan yakni 24-48 jam sebelum bayi lahir. Ia nampak gelisah dan gugup saat mengalami kontraksi. Sehingga makan pun tak nafsu dan ia lebih memilih untuk fokus dengan persalinannya. Biasanya kelinci akan melahirkan pada pagi hari atau subuh. Sehingga sobat bisa siap siaga dan terus memantaunya.

Itulah ketigabelas tanda kelinci mau melahirkan. Setelah melahirkan sebaiknya anda perhatikan perkembangan bayi dan perawatannya. Bisa kalian baca di sini: 9 Cara Merawat Anak Kelinci Baru Lahir yang Benar Untuk Pemula

Tags:

One response to “13 Ciri Ciri Kelinci Mau Melahirkan No 8 Paling Jelas”

  1. Yuda Pratama Mukti Avatar
    Yuda Pratama Mukti

    Sempet punya kelinci dulu. Kirain stress nyabutin bulunya ternyata mau beranak

Leave a Comment