HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

10 Penyebab Bulu Musang Rontok dan Cara Mengobatinya

Penyebab bulu musang rontok dan cara mengobatinya- Salah satu alasan orang mau memelihara musang adalah karena bulunya yang lembut dan unik. Jika sebagian saja ada yang rontok tentu akan terlihat sangat jelek. Hal itu dibuktikan saat beberapa teman pencinta musang di grup facebook mengeluhkan kondisi bulu musang miliknya yang rontok atau bahasa gaulnya hairloss.

Sambil mengirim foto dan bertanya, "Duuh, apa ya penyebab bulu musangku rontok? Kenapa bulu musangku rontok? Bagaimana sih cara mengatasinya? Soalnya terlihat jelek. Tolong jawab!" Sangking paniknya, sampai sampai dia meminta segera dijawab. Baiklah biarkan tim ahli kami menjawab.

Kerontokan pada bulu musang merupakan masalah serius yang tidak boleh disepelekan. Masalah ini juga kerap dialami oleh musang lovers di Indonesia. Namun banyak yang menganggap remeh. Berikut penyebab penyebab bulu musang rontok beserta cara mengatasinya.

Penyebab Bulu Musang Rontok dan Cara Mengobatinya


Penyebab Bulu Musang Rontok dan Cara Mengobatinya

Kerontokan bulu musang bermacam macam. Ada yang rontok sebagian, rontok dikit, rontok banyak atau bahkan rontok dibarengi dengan korengan (semacam luka pada kulit). Semua tergantung pada penyebab itu sendiri. But yang pasti bulu musang yang botak tidak disebabkan karena ganti bulu. Tidak ada yang namanya fase ganti bulu (kalau ular disebut shedding) pada hewan musang.

Salah besar jika ada yang menulis penyebab bulu musang rontok akibat ganti bulu. Lantas apa saja penyebab bulu musang rontok dan bagaimana cara mengatasinya?

1. Bulu Rontok Karena Musang Jamuran


Jamuran bisa menyebabkan bulu musang anda rontok. Umumnya musang yang terkena jamur akan mengalami gatal gatal dan sering menggaruk-garuk kulitnya. Sehingga bulunya rontok bahkan mengoreng. Jamuran berasal dari bakteri yang ada di dalam kandang musang. Di sana mereka hidup dan berkembang biak.

Oleh sebab itu untuk mencegah kerontokan bulu musang sebaiknya sobat rajin rajin merawat kandang. Terutama dalam hal kebersihan. Cuci kandang minimal dua kali seminggu. Buang bekas makanan yang sudah mau membusuk. Jika sudah terlanjur terkena jamur, harus segera diobati. Baca: ciri ciri dan cara mengobati jamuran pada musang.

2. Musang Stres


Faktor bulu musang rontok berikutnya adalah karena stres. Musang stres disebabkan oleh beberapa hal. Pertama karena baru pindah kandang/tempat, kedua mendapat perlakuan yang buruk dari pemiliknya, ketiga kandang kurang layak, keempat tempat terlalu bising, atau karena mendapat siksaan fisik dari pemiliknya.

Maka dari itu apabila kalian tidak ingin bulu musang anda hilang. Sebaiknya merawatnya dengan baik. Sering mengajaknya bermain dan tidak menyakitinya. Adapun untuk menumbuhkan kembali bulu yang rontok, bisa memberikan madu dan vitamin hewan seperti Scott Emulsion. Ditambah rebusan kacang hijau dicampur susu. Baca: 6 Cara Memelihara Musang yang Baik untuk Pemula

3. Iklim atau Cuaca yang Buruk di Wilayah Anda


Tidak sedikit musang lovers yang mengalami kerontokan saat musim hujan tiba. Sebab kelembaban kandang mengakibatkan musang stres dan akhirnya bulu rontok. Atau suhu yang terlalu panas di dalam kandang juga bisa mengakibatkan hairloss pada musang.

Cara mengatasinya cukup mudah. Silahkan pindah musang ke ruangan yang suhunya lebih stabil. Tidak terlalu lembab dan tidak pula terlalu panas. Selanjutnya berikan madu dan kacang hijau direbus campur susu untuk mempercepat pertumbuhan bulu musang.

4. Musang Sedang Fase Birahi, Fase Hamil dan Fase Menyusui


Jika penyebabnya adalah karena birahi (ingin kawin), hamil dan menyusui. Maka anda tak perlu khawatir. Sebab hal ini bersifat wajar. Saat mengalami fase-fase di atas, umumnya si musang akan mengalami ketidakseimbangan hormon sehingga mengakibatkan bulunya rontok.

Baca juga: Ciri-Ciri Musang yang Sedang Birahi atau Siap Kawin

Untuk masalah ini kalian cukup membiarkan saja, nanti juga tumbuh sendiri. Atau berikan obat yang bisa menumbuhkan bulu musang. Sudah banyak dijual di toko hewan maupun di toko online.

5. Musang Kekurangan Gizi dan Nutrisi


Tidak disangka ternyata kekurangan gizi serta nutrisi dapat menimbulkan kerontokan pada bulu musang. Jadi teman teman harus memperhatikan asupan makanan yang diberikan pada musang. Berikan vitamin E dan makanan yang mengandung banyak gizi serta nutrisi.

6. Rontok Karena Kotorannya Sendiri


Kadang owner lupa untuk membuang dan membersihkan kotoran sisa makanan yang ada di dalam kandang. Sehingga membuat tubuh musang terkena kotorannya sendiri yang menempel pada bulunya. Disarankan agar menjaga kebersihan kandang dan tubuh musang setiap harinya.

7. Faktor Makanan


Musang memang mampu memakan apa saja yang ia sukai. Namun bukan berarti apa saja boleh dimakan. Khususnya makanan yang mengandung banyak garam. Karena dapat menyebabkan bulu musang rontok jika diberikan dalam porsi berlebih. Jadi, boleh memberikan makanan yang mengandung garam namun secukupnya saja.

8. Kulit Musang Terluka


Luka akibat goresan, korengan atau cakaran yang tak segera diobati akan menyebar luas dan melebar ke seluruh tubuh. Hingga mengakibatkan kerontokan pada bulunya. So, segera obati luka musang sebelum menyebar luas ke seluruh kulit musang.

9. Rontok Karena Kutu


Tidak jarang hobis yang mengeluh akibat musangnya terkena kutu atau tungau.  Seperti yang saya alami dahulu, bulu musangku rontok akibat beberapa kutu yang menyerang musang. Setelah dimandikan kutunya baru kelihatan dan sedang menggigit kulitnya. Parahnya lagi, di bagian yang terkena gigitan musang mengalami kebotakan. Akhirnya saya belikan obat kutu hewan mati semua kutunya.

Pokoknya rajin dimandikan dan diberi sampo yang sehat. Agar kutu kutu pada mati.

10. Penyebab Lainnya


Selain 8 poin di atas masih ada penyebab-penyebab kerontokan bulu musang lainnya. Yaitu karena musang sudah tua sehingga mengalami hairloss. Kemudian bisa juga disebabkan karena karena shampo yang tidak cocok (sampo yang memiliki tingkat keasaman tinggi). Bisa juga karena efek obat-obatan yang pernah digunakan semasa musang sakit.

Nah terlepas dari itu semua. Untuk menumbuhkan kembali bulu musang intinya adalah rutin memandikan musang minimal dua kali dalam seminggu. Lalu diberi makanan makanan yang bergizi. Diberi vitamin dan madu murni. Boleh juga diberi kacang hijau yang sudah direbus dan dibuang airnya lalu dicampur dengan susu. Terakhir hindari semua penyebab di atas.

Begitulah informasi lengkap mengenai cara mengatasi bulu musang rontok beserta penyebab penyebabnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan kepada sesama komunitas lainnya.

0 Komentar 10 Penyebab Bulu Musang Rontok dan Cara Mengobatinya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top