Penyebab dan Cara Mengatasi Kelinci Kembung AMPUH

Perut kelinci kembung, mencret dan tidak mau makan merupakan salah satu permasalahan yang bisa mengganggu proses memelihara kelinci. Bagi peternak kelinci gangguan ini adalah masalah serius yang dapat merugikan usahanya. Jika dibiarkan berakibat penurunan berat badan secara signifikan sampai berujung kematian.

Umumnya masalah perut kembung sering dialami oleh jenis kelinci pedaging yang usianya masih 2 hingga 3 bulan. Padahal di usia tersebut kelinci masih dalam masa perkembangan. Bila proses pertumbuhannya terganggu maka akan sangat merugikan diri kita.

Demi mengurangi resiko perut kembung pada kelinci. Sebaiknya kita mengetahui apa penyebab kelinci sakit kembung. Dengan begitu kita pun bisa tahu bagaimana cara mengatasi dan cara mencegah kelinci kembung.

Penyebab, Ciri Ciri dan Cara Mengobati Kelinci Kembung


Penyebab, Ciri Ciri dan Cara Mengobati Kelinci Kembung

Buat teman-teman di sini yang masih bingung apakah kelincinya sedang kembung atau tidak. Silahkan simak penjelasan hobinatang.com berikut ini. Karena kami sudah merangkum secara lengkap terkait ciri-ciri kelinci kembung, penyebab kelinci kembung, mengobati perut kembung pada kelinci beserta cara mencegahnya:

1. Penyebab Kelinci Kembung


Penyebab Kelinci Kembung

Sebab utama kelinci yang kembung adalah karena asupan makanan yang kurang tepat. Pemberian pakan yang tidak baik dengan kualitas rendah dapat menyebabkan perut kelinci kembung. Hindari sering memberi makan pelet dan sayur-sayuran yang mengandung banyak gas.

Meskipun makanan pelet mengandung beberapa karbohidrat, namun bukan berarti semua karbohidrat yang terkandung pada pelet diserap oleh tubuh kelinci. Malah kebanyakan mengendap di usus besar dan mengakibatkan kelinci kembung. Penyebab lainnya bisa karena sering diberi minum. Namun diberi porsi makan yang sangat sedikit. Ini juga salah satu faktor kelinci kembung.

2. Gejala dan Ciri Ciri Kelinci Kembung


Gejala dan Ciri Ciri Kelinci Kembung

Penyakit ini menyerang sistem pencernaan kelinci yang lemah. Gejalanya ditandai pada perubahan fisik dan karakter kelinci. Dari segi karakter biasanya nafsu makan kelinci akan menurun sehingga dia tidak mau makan. Meski mau makan, jumlahnya pun sangat sedikit. Di samping itu, gerakannya jadi lambat, lemas dan malas melakukan aktivitas.

Selain perubahan karakter, kelinci yang kembung juga ditandai dengan perubahan fisik menonjol. Yaitu perut membesar, berjalan dengan tertatih-tatih, berat badan menurun dratis, badannya mengecil dan wajahnya pucat (lihat pada gambar di atas). Dan kebanyakan kelinci kembung dibarengi dengan mencret atau diare.

Makanya apabila kalian mendapati tanda tanda seperti di atas, sebaiknya langsung segera diatasi dan diobati. Sebelum kelinci anda mati.

3. Cara Mengatasi atau Mengobati Kelinci Kembung


Cara Mengobati Kelinci Kembung

Inilah yang paling sering ditanyakan oleh komunitas kelinci terutama saat musim hujan seperti saat ini. Banyak yang bertanya baik di dunia nyata maupun di grup grup media sosial. "Bagaimana sih mengobati dan mengatasi perut kelinci yang kembung dan mencret?"

Simak juga: Cara Mencegah Penyakit Kelinci di Musim Hujan

Kalau Anda perhatikan di grup, jawaban orang orang bermacam macam. Ada yang mengatakan, "Kurangi pemberian air minum. Dan kasih makan terus". Lalu ada pula yang menyarankan supaya diciumkan minyak kayu putih.

Sebenarnya tidak ada yang salah dari jawaban mereka. Karena mereka menjawab berdasarkan pengalaman pribadi. Mungkin bisa saja cara tersebut cocok buat kelinci anda yang lagi kembung. Namun, alangkah baiknya mengatasi kelinci kembung berdasarkan saran para dokter hewan.

Obat Kelinci Kembung

Yaitu diberi obat khusus kelinci kembung dan mencret. Salah satu merek obat yang paling efektif dan sudah banyak dikenal adalah "Rebung". Bisa didapat di toko hewan atau online. Sudah banyak teman teman kami yang memakai obat ini. Dan terbilang efektif mengatasi penyakit diare, mencret dan kembung pada kelinci.

Kalau bisa, selama pengobatan Anda harus mengurangi pakan hijau hijauan. Banyakin makanan kering (hay) yang berserat. Misalnya hay rumput Timothy. Baca saja: 8 Jenis Rumput Pakan Kelinci yang Bagus Beserta Gambarnya

Lalu bagaimana cara mencegah perut kembung yang bisa menyerang anak kelinci?

Agar tidak terjadi kembung sebaiknya mengatur pola makan yang baik. Memperbaiki asupan makanan dengan pemberian rumput. Jangan sampai termakan mitos kalau kelinci lebih suka sayur-sayuran seperti wortel dan kangkung dibandingkan rumput. Selain itu perhatikan kebersihan kandang khususnya saat musim hujan.

Baca juga: 6 Mitos Tentang Memelihara Kelinci dan Faktanya

Baiklah itu saja penjelasan kami tentang kelinci kembung tidak mau makan dan mencret. Tulisan ini ditulis oleh para ahli dari admin hobinatang.com. Silahkan disebarkan dan jangan lupa sertakan sumber link artikel ini.

0 Komentar Penyebab dan Cara Mengatasi Kelinci Kembung AMPUH

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top