Cara Mencegah Penyakit Kelinci di Musim Hujan

Terkadang kita dibuat bingung dengan fenomena kelinci pada musim hujan, tepatnya saat awal bulan November sampai akhir Februari. Di bulan-bulan tersebut biasanya keluhan mengenai kematian kelinci yang mendadak semakin marak. Bukan hanya anak kelinci yang mati, tapi induk-induknya juga ikut mati akibat sakit di musim hujan.

Padahal jika dipikir-pikir harusnya kelinci tidak mati saat musim hujan. Karena posisi kelinci tidak kehujanan. Selain itu, di habitat aslinya kelinci juga tidak mati saat musim hujan. Tapi kenapa kelinci kita mati? Yang salah sebenarnya cuaca atau kitanya?

Yang jelas, manusianya yang salah. Namun tentu saja semua ada penyebabnya. Tidak mungkin ada akibat kalau tidak ada sebab. Untuk itu demi menjawab persoalan-persoalan yang ada di grup-grup media sosial mengenai penyakit kelinci pada musim hujan, hobinatang.com akan membagikan tips jitu mencegah penyakit yang menyerang kelinci di musim hujan. Disertai juga penyebab-penyebab mengapa kelinci banyak yang mati di musim hujan.

Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Kelinci di Musim Hujan


Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Kelinci di Musim Hujan

Jika ada pertanyaan, "Mengapa kelinci sering mati mendadak di musim hujan dan lebih rentan terhadap penyakit?"

Jawabannya adalah karena musim hujan bisa mempengaruhi perubahan suhu dan kelembaban. Kadar udara semakin dingin dan tingkat kelembaban semakin tinggi. Ditambah lagi rumput-rumput menjadi basah.

Kondisi seperti itulah yang menjadi penyebab kelinci sakit pada musim hujan. Bakteri dan virus berkembang biak dengan cepat. Rumput yang basah menjadi tempat yang paling baik bagi pertumbuhan parasit eimeria. Eimeria sendiri adalah salah satu virus yang dapat menyerang tubuh kelinci serta mengakibatkan diare dan lain lain.

Kelinci yang masih kecil dan memiliki daya tahan tubuh yang lemah, rentan terhadap parasit tersebut. Bahkan kelinci dewasa yang berdaya tahan tubuh lemah juga bisa terkena imbasnya. Oleh sebab itu kalian harus mengurangi resiko kematian kelinci pada musim hujan. Karena bila sudah terlambat, memakai obat saja kurang maksimal. Berikut beberapa langkah mencegah penyakit kelinci musim hujan:

1. Cuci Rumput untuk Pakan Kelinci


Jangan beranggapan kalau hujan akan membersihkan debu debu yang menempel pada rumput. Sebaliknya justru gerimis atau hujan akan membuat rumput semakin kotor, terutama di daerah perkotaan yang sudah tercemar oleh banyak sampah. Maka sebaiknya mencuci ulang rumput yang akan  dijadikan pakan kelinci.

Begitu juga pada rumput kering. Untuk berhati-hati dan memastikan tidak ada bakteri di musim hujan. Sebaiknya dicuci dulu.

2. Mengambil Rumput di Waktu yang Tepat


Sebisa mungkin kalian perhatikan waktu pengambilan rumput untuk pakan kelinci. Kalau bisa mengambilnya saat kering tidak basah karena hujan. Biasanya rumput-rumput yang kering pada saat matahari di atas kita sekitar jam 11.00 sampai jam 01.00 siang. Panasnya matahari dapat mengurangi pertumbuhan bakteri penyakit.

Baca: Jenis Rumput yang Baik untuk Makanan Kelinci

3. Hindari Kelembaban Kandang Kelinci


Kandang yang bersuhu lembab bisa menjadi sarang virus penyakit kelinci. Sehingga rentan terkena scabies. Agar hal itu tidak terjadi, kurangi kelembaban kandang tersebut dengan menempatkan di bawah panas matahari pagi pukul, 07.00 sampai pukul, 09.00 pagi. Setidaknya kalian bisa menjemurnya selama setengah jam. Hingga bakteri-bakteri yang ada di dalam kandang mati semua.

4. Berikan Air Minum Bersih


Kelinci juga membutuhkan minum sebagaimana yang sudah kami bahas di artikel, cara memberi minum kelinci. Namun jangan sampai memberi minum yang ditampung dari air hujan. Sebab kebersihan air hujan yang sudah ditampung kurang terjamin. Silakan gunakan air sumur yang sudah diendapkan semalam atau beberapa jam.

Baca juga: Ukuran Memberi Air Minum pada Kelinci Setiap Hari

Itulah 4 langkah tepat pencegahan penyakit kelinci pada musim hujan. Semoga kalian bisa mengatasinya dengan mudah tanpa ada kesulitan. Bagikan ke yang lain.

0 Komentar Cara Mencegah Penyakit Kelinci di Musim Hujan

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top