Setelah pekan kemarin admin menulis “Boleh Tidaknya Memberi Minum Kelinci“. Maka kali ini hobinatang.com akan berbagi cara memberi minum kelinci yang baik dan benar. Ditambah juga bagaimana cara memberi makan pada kelinci. Tips ini berlaku bagi yang masih kecil (anakan) maupun yang sudah dewasa.

Cara Memberi Makan dan Minum Kelinci yang Baik dan Benar

Emang serumit apa sih pemberian makan dan minum kelinci? Sampai sampai dibuatkan panduannya!

Buat para master/suhu, tentu ini bukanlah masalah besar. Namun, bagi pemula bisa menjadi masalah besar jika tidak tahu bagaimana cara memberi makan dan minum yang benar. Karena memberi makan pada kelinci tidak boleh sembarangan. Kita harus mengatur jadwal makan, pola makan, nilai gizi pada makanan dan lain sebagainya.

Bila kalian (para pemula) salah dalam memberi makan dan minum pada kelinci, akibatnya bisa fatal. Seperti kelinci akan sakit hingga berujung kematian. Kasian kan?

Manusia saja kalau pola makannya salah bisa sakit apalagi hewan kelinci yang imun tubuh tak sekuat manusia. Maka dari itu, mari kita ubah dan benahi lagi cara pemberian makan dan minum untuk si rabbit. Di bawah ini kami akan memandu anda cara pemberian minum dan makan pada kelinci yang benar.

Cara Memberi Makan Dan Minum Kelinci

Pemberian makan dan minum yang salah dapat menyebabkan kelinci stres dan menggigiti jeruji kandang. Bila dibiarkan seperti itu terus, maka kelinci sobat bisa mati. Berikut langkah langkah cara memberi minum kelinci dan memberi makan kelinci.

1. Sediakan Tempat Makan dan Minum yang Khusus

Cara Memberi Minum Kelinci

Sebelum memberi makan dan minum kelinci, sobat harus menyediakan mangkok yang diikat di besi kandang. Atau beli tempat makan kelinci khusus di toko hewan terdekat. Tujuannya supaya makanannya tidak tercecer kemana mana. Jika kelinci kalian makan rumput kering (hay) bisa langsung ditaroh di wadah besar khusus makanan. Sehingga kandangnya tidak berantakan dan bersih.

Cara Memberi Minum pada Kelinci
Dot minum Kelinci

Adapun untuk wadah minum, bisa menggunakan botol minum lalu ditambahi dot yang biasa dipakai hamster (lihat gambar di atas). Atau kalian bisa juga membuatnya sendiri. Tapi kalau mau mudah, Ya beli saja. Murah kok. Dengan menggunakan wadah minum khusus tersebut, air jadi mudah dikontrol. Kalau habis tinggal ditambah. Selain itu agar tidak berceceran dan mudah disedot.

2. Mengatur Jadwal Makan dan Minum Kelinci

Cara Memberi Makan dan Minum Kelinci

Kelinci merupakan hewan nokturnal yang aktif di malam hari. Sehingga dalam pemberian jadwal makan, anda wajib memberinya makanan dengan porsi besar pada malam hari. Misal 2-3 kali dalam satu malam. Kelinci memakan sedikit demi sedikit namun sering. Jadi alangkah baiknya jika sobat memberinya juga sedikit tapi sering. Jangan terlalu banyak. Hal ini untuk menghindari makanan tercecer kemana mana. Hingga akhirnya tumbuh bakteri penyakit.

Banyak pemilik kelinci yang mengabaikan poin ini. Mereka cenderung memberi makan yang banyak pada pagi atau siang hari, namun lupa pada malam hari. Sehingga si rabbit mati karena kembung minum air terus serta menggigit kayu kandang akibat kelaparan tidak ada makanan.

3. Pilih Jenis Pakan yang Baik untuk Diberikan

Cara Memberi Makan Kelinci

Dalam pemberian pakan pada kelinci harus memenuhi kebutuhan nutrisinya agar si kelinci tumbuh dengan baik dan sehat. Gizi yang seimbang sangat diperlukan. Berilah jenis makanan kelinci favorit yang sehat. Namun juga disesuaikan keadaan dan usia. Inilah rinciannya:

a). Pemberian Pakan Kelinci Usia 0-2 Bulan

Untuk kelinci yang masih kecil harus benar benar diperhatikan jumlah dan jenis makanannya. Jika anda memberinya sayuran seperti kangkung, sawi dan kubis maka porsinya jangan terlalu banyak. Sebab sayuran tersebut mengandung banyak gas yang berakibat si kelinci diare dan kembung. Akan lebih baik jika sobat memberinya pakan berupa rumput layu dan pelet untuk menghindari kelinci diare dan kembung yang berujung kematian. Baca: Makanan Kelinci Khusus Umur 2 Bulan atau 3 Bulan

b). Pemberian Pakan Pada Kelinci Hamil

Tidak hanya kelinci, semua hewan maupun manusia yang sedang hamil membutuhkan asupan makanan yang bergizi dan porsi lebih banyak. Sebab, bayi yang dikandungnya membutuhkan makanan juga untuk pertumbuhan mereka dan kelak bisa lahir dengan normal dan sehat.

c). Pemberian Pakan Ampas Tahu

Makanan ampas tahu biasa digunakan para peternak untuk peliharaan mereka. Ampas tahu bisa digunakan sebagai pakan kelinci yang sangat baik. Kandungan gizinya hampir sama dengan pelet. Hanya saja pelet lebih mahal harganya namun lebih awet. Sedangkan ampas tahu hanya bertahan kurang dari 3 hari. Sebelum memberikan ampas tahu pada kelinci, sobat harus memerasnya terlebih dahulu agar airnya terkurangi dan tidak menyebabkan kembung.

d). Alternatif Pakan Lainnya

Selain sayuran dan ampas tahu, sobat juga boleh memberikan buah buahan. Tapi jangan terlalu sering. Karena bisa mengganggu pencernaan kelinci. Untuk biji bijian, disarankan berupa ubi jalar, ketela pohon dan biji jagung. Bekatul juga cocok untuk kelinci, cara memberinya harus dicairkan dulu dengan air serta jangan sampai berasa asam. So, harus fresh dan masih baru pada saat memberinya.

Pada dasarnya makanan terbaik untuk kelinci adalah rumput. Anda bisa membacanya pada artikel kami berjudul, “8 Jenis Rumput yang Bagus untuk Kelinci Beserta Gambarnya“.

4. Pemberian Minum Pada Kelinci

Pemberian Minum Pada Kelinci

Sampai kepada poin keempat (terakhir). Memberi minum pada kelinci bisa dibilang wajib. Jangan percaya mitos mitos sesat yang tersebar saat ini. Kelinci itu sangat mudah dehidrasi. Dia butuh cairan meskipun sudah makan rumput basah. Lalu bagaimana cara memberi minum kelinci?

Seperti yang sudah saya singgung di atas. Gunakan botol khusus kelinci dan sediakan selalu air di dalamnya. Bila didapati air minumnya habis, segeralah di isi ulang supaya kelinci anda tetap terjaga asupan cairan yang ada di tubuhnya. Untuk ukuran kebutuhan air minum setiap hari bisa dibaca di sini: Takaran Air Minum untuk Kelinci Setiap Hari

Itulah cara memberi makan dan minum kelinci yang benar. Silakan Anda praktekan di rumah dan jangan lupa tetap perhatikan asupan gizi nutrisi yang ada pada makanannya.

Leave a Comment