Susu untuk anak kelinci- Normalnya setelah melahirkan induk kelinci akan merawat anak anaknya hingga ia tumbuh dewasa. Dia akan menyusui sendiri tanpa bantuan manusia. Dia akan memberi nutrisi yang cukup agar bayinya bisa tumbuh dengan sehat. Karena kelinci yang masih kecil baru lahir sangat membutuhkan kolostrum, lemak dan protein yang terkandung dalam ASI induknya.

Akan tetapi fitrah di atas tidak selalu berjalan dengan semestinya. Buktinya para pemelihara kelinci kerap mengalami kasus di mana bayi kelinci tidak mendapatkan perawatan dari sang induk. Bayi kelinci tidak disusuin oleh ibunya. Tentu saja ini masalah serius. Dan umumnya kasus semacam itu disebabkan karena beberapa alasan.

Seperti ditinggal mati induknya. Atau karena mental induknya belum siap untuk merawat anak anaknya sehingga ia stres dan menolak menyusui. Maka dari itu seorang pemelihara kelinci harus tanggap. Kalian sendirilah yang harus merawat bayi kelinci tersebut agar tidak mati.

Merawat bayi kelinci yang baru saja lahir tentu tidaklah mudah. Kita harus mencari susu pengganti agar asupan gizinya terpenuhi. Nah di sini hobinatang.com sudah merangkum jenis jenis susu yang cocok dan bagus untuk anak kelinci yang ditinggal induknya.

Adapun tutorial perawatan anak kelinci baru lahir tanpa induk bisa dibaca di artikel, cara merawat bayi kelinci yang tidak disusui Induknya.

Susu Untuk Anak Kelinci yang Cocok

Susu Untuk Anak Kelinci

Mencarikan susu untuk anak kelinci itu simpel. Intinya bayi kelinci yang baru lahir hanya butuh susu untuk mempercepat pertumbuhannya. Biasanya induk kelinci akan menyusui bayinya sebanyak dua kali sehari. Berikut alternatif susu tambahan atau pengganti untuk anak kelinci:

1. Susu Anak Kelinci dari Induk Lain

susu untuk anak kelinci yang cocok dan bagus

Inilah susu pengganti untuk bayi kelinci paling bagus. Anda harus berusaha mencari induk pengganti sebelum memberikan susu formula untuk anak kelinci. Mau bagaimana pun ASI adalah asupan terbaik untuk semua bayi. Bila diberi susu selain ASI itu hanya dalam keadaan terpaksa saja. Karena seperti yang kami katakan di atas ASI mengandung gizi yang dibutuhkan si bayi.

Untuk mencari induk pengganti sebaiknya bau bayi kelinci tidak tercium oleh induk pengganti. Sebab mereka jadi tidak mau menyusui karena bau bayi tersebut berbeda dengan bayi lainnya. Untuk mensiasatinya, anda bisa mengoleskan sedikit minyak wangi di hidup induk kelinci. Dengan begitu ia hanya akan mencium satu aroma saja. Atau anak kelinci di letakkan di tempat tidur induk pengganti sampai tercium baunya.

2. Susu Kucing untuk Anak Kelinci

Selanjutnya jika anda tidak berhasil mencari induk pengganti atau induk penggantinya menolak menyusui kelinci lain, maka berilah susu formula yang biasa diminum anak kucing. Untuk mengetahui apa saja susu anak kucing silakan baca: 13 Susu yang Sesuai untuk Anak Kucing Baru Lahir Beserta Gambarnya

Anda tidak perlu khawatir, susu kucing juga cocok untuk bayi kelinci dan juga bayi anjing. Sehingga tidak menimbulkan efek samping apapun asal diberi dalam dosis yang tidak berlebihan.

3. Susu Bayi Manusia Usia 0-6 Bulan

susu formula untuk anak kelinci

Selain susu kucing, ada juga susu formula manusia yang cocok untuk anak kelinci. Yaitu susu formula khusus bayi manusia usia 0-6 bulan. Mengapa bisa dikatakan cocok? Karena susu tersebut tidak mengandung laktosa sehingga diperbolehkan untuk bayi kelinci.

Merek dagang yang bisa anda beli ada bebelove, SGM dan sebagainya. Berikan pada bayi kelinci sesuai takaran dan jangan terlalu banyak. Cairkan terlebih dahulu serbuk susu dengan air hangat.

4. Susu Kambing Etawa buat Anak Kelinci

Saat ini susu kambing sudah banyak dijual di toko herbal. Akan tetapi anda harus hati hati, sebab banyak susu kambing yang sudah dicampur dengan tepung atau gula. Susu kambing jauh lebih sehat dan lebih bergizi dibandingkan susu sapi. Ia tidak menyebabkan alergi maupun indikasi lain seperti diare atau gangguan pencernaan. Belilah susu kambing asli tanpa campuran apapun termasuk gula.

Cara Memberi Susu Pada Anak Kelinci Baru Lahir

Cara Memberi Susu Pada Anak Kelinci Baru Lahir

Setelah mengenal jenis susu yang bagus buat anak kelinci, selanjutnya kami akan membagikan tutorial cara memberikan susu pada bayi kelinci. Karena tidak mungkin kelinci yang masih lemah bisa meminumnya sendiri. Kita perlu membantunya.

Silahkan gunakan dot khusus bayi kelinci atau kucing. Dot khusus tersebut sudah didesain mirip puting induk kelinci sehingga mudah disodorkan dan disedot oleh bayi kelinci. Alternatif lain Anda juga bisa menyuapinya dengan pipet kecil. Atau membuat tempat susu dari botol bekas seperti gambar di atas.

Untuk takaran pemberian susu pada bayi kelinci hendaknya disesuaikan usia. Disarankan diberi sedikit demi sedikit namun dilakukan secara sering, sekitar dua jam sekali.

Baiklah sahabat hobinatang.com kami sudahi artikel hari ini. Semoga apa yang kami tulis di atas membawa manfaat untuk anda semua. Dan selamat mencoba. Apabila semua susu di atas tidak cocok untuk bayi kelinci anda silakan bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan saran lain.

One response to “4 Jenis Susu Untuk Anak Kelinci yang Bagus dan Cara Pemberiannya”

  1. Unknown Avatar

Leave a Comment