Penyebab dan Cara Mengatasi Sugar Glider Susah Buang Air Besar

Dulu pernah mendapati sugar glider kesulitan buang air besar. Awalnya kami curiga, mengapa SG nya berbunyi terus. Biasanya dia tidak seperti itu. Saya cek seluruh anggota badannya ternyata secara fisik sehat-sehat saja. Kami tidak mendapati ada tanda tanda luka dari fisiknya seperti kaki bengkak atau berdarah. Bahkan untuk makan pun masih bisa.

Tapi mengapa dia masih terus berbunyi? Padahal fisiknya sangat sehat. Tidak ada ciri-ciri sakit pada sugar glider sedikitpun. Akhirnya aku pun bertanya di grup media sosial, "Mengapa SGku sering berbunyi, padahal sehat?". Berbagai macam jawaban telah kami terima, namun jawaban yang paling masuk akal menurutku adalah karena sugar glider susah buang kotoran/susah buang air besar. Sebab kami melihat ekspresinya seperti ingin buang air besar tapi kesusahan. Dan di dalam kandang, kotorannya tidak begitu banyak.

Baca juga: 6 Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan Cara Pengobatannya

Itulah yang membuatku yakin bahwa dia sedang kesulitan buang kotoran. Masalah ini tidak boleh dianggap remeh. Jika dibiarkan akan mengakibatkan ambeien dan mati. Lantas apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi sugar glider yang susah buang air besar?

Penyebab dan Cara Mengatasi Sugar Glider Susah Buang Air Besar


Penyebab dan Cara Mengatasi Sugar Glider Susah Buang Air Besar

Penyebab utama sugar glider kesusahan saat buang air besar adalah karena kekurangan serat makanan. Maka cara mengobati sugar glider yang menderita konstipasi saat buang air adalah dengan memberikan asupan makanan yang mengandung banyak serat. Seperti buah-buahan pepaya dan pisang. Pepaya yang matang sangat bagus untuk sugar glider, berikan setidaknya tiga kali sehari. Dan bisa ditambah madu pada air minumnya.

Baca juga: Makanan Untuk Sugar Glider Joey dan Dewasa yang Sehat

Begitulah jawaban singkat terkait masalah sugar glider kesulitan buang pup. Semoga artikel singkat ini bermanfaat buat anda dan suggy anda. Kalau kalian ingin sugar glider tidak kencing dan pup sembarangan di tangan, baca: Agar Sugar Glider Tidak Kencing di Tangan Saat Dipegang

0 Komentar Penyebab dan Cara Mengatasi Sugar Glider Susah Buang Air Besar

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top