HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Sugar Glider

Cara menghilangkan bau sugar glider- Bukan rahasia lagi jika ada hobiis yang mengeluhkan bau pada sugar glider. Sampai sampai seisi ruangan rumahnya tercium aroma seperti kandang hewan. Kalau dirasakan, memang sangat menyebalkan. Tapi seharusnya kalian memakluminya. Karena salah satu resiko memelihara sugar glider adalah mendapat bau yang tak sedap.

Lantas mengapa harus dikeluhkan? Karena untuk menghilangkan seluruh bau sugar glider itu tidak bisa. Hampir mustahil. Namun kalian masih bisa mengurangi baunya dengan cara melakukan beberapa hal yang akan kami tulis nanti.

Yang akan hobinatang.com tulis di bawah ini sekaligus untuk menjawab pertanyaan teman teman yang sering dikirim ke grup grup komunitas di media sosial yaitu, "Mengapa sugar glider bau?" atau "Bagaimana cara mengurangi bau sugar glider?"

Penyebab dan Cara Sugar Glider Bau Tidak Sedap


Sugar glider bau disebabkan oleh beberapa faktor. Setelah mengetahui penyebabnya kalian bisa dengan mudah menghilangkan bau sugar glider meski tidak sepenuhnya:

1. Sugar Glider Bau Karena Kotorannya


Cara Menghilangkan Bau Sugar Glider

Saat pertama kali mengadopsi SG, dulu saya juga bingung. Mengapa kotoran sugar glider sangat bau. Setelah ditelusuri dan banyak bertanya pada komunitas pencinta sugar glider ternyata salah satu sebab adalah faktor pakannya.

Kotoran SG sangatlah menyengat. Semakin bagus kandungan pekannya, maka semakin bau pula pee dan pup. Misalnya jenis makanan ulat hongkong, jangkrik, buah pepaya dan makanan lainnya yang mengandung banyak protein dan lemak.

Kotoran tersebut biasanya tersebar di mana mana, bukan hanya dikandang tapi juga di lantai kadang (saat kita melakukan free room) dan bahkan sering menempel di tubuhnya. Itulah mengapa sugar glider menjadi bau. Untuk mengatasinya, kalian harus rutin membersihkan kandang dari kotoran minimal 2 kali dalam sepekan/seminggu. Bersihkan juga yang ada di  pouchnya. Yang terakhir di mandikan.

Baca: Cara Memandikan Sugar Glider Yang Benar dan Sehat

2. Bau Karena Kandang Sugar Glider


Cara Menghilangkan Bau Sugar Glider

Kandang yang kurang perawatan akan menimbulkan bau seisi ruangan rumah anda. Karena kotoran akan menumpuk dan menimbulkan bau yang menyengat. Inilah fitrah dari hewan ini, mereka selalu menandai daerah kekuasaannya dengan baunya. Entah itu dengan kotorannya sampai air kencingnya.

Maka solusi terbaiknya ialah rutin membersihkan kandang sugar glider. Jangan dibiarkan menumpuk begitu saja. Bisa juga dengan diberi serbuk kayu pada alasnya, seperti gambar di atas. Cara unik lainnya kalian bisa memakai kopi untuk menghilangkan bau sugar glider. Caranya:

  • Taburkan kopi bubuk pada alas sugar glider.
  • Ratakan sampai merata.
  • Lalu letakkan koran atau kertas putih tepat di atas serbuk kopi. (Fungsinya agar ekor SG tidak menyentuh kopi. Jadi tidak bau).

Selesai deh. Tap sayang cara di atas hanya bertahan satu hari. Lama lama kopi anda akan habis. hehe Jadi bisa dibarengi sama rutin mencuci kandang.

3. Bau Kelenjar Sugar Glider


Cara Menghilangkan Bau Sugar Glider

Sugar glider mempunyai bau khas bawaan dari lahir, khususnya untuk yang jantan. Bau ini mulai tercium kuat jika sudah agak besar sekitar 6-7 bulanan. Orang orang menyebutnya sebagai kelenjar bau. Walau begitu, keluarnya bau pada kelenjar ini bukan berarti tanpa tujuan.

Bau tersebut dipakai untuk menandai daerah kekuasaan dan menandai bahwa si jantan siap kawin juga sedang birahi (rasa ingin kawin). Bagaimana menghilangkannya? Tidak bisa. Kecuali kalian mau menonaktifkan kelenjar bau ini. Tapi susah mas, jangan coba coba. hehe

Cukup kurangi baunya dengan rajin memandikan. Mandikannya harus bener, pakai tisu basah non alkohol. Jangan langsung disiram air satu gayung. Baca saja tutorial link di atas tadi.

Baik itulah sebab sebab mengapa sugar glider kita bau beserta cara mengatasinya agar tidak bau. Baca juga artikel ini Bro/Sis: Cara Merawat atau Memelihara Sugar Glider Lengkap Untuk Pemula. Artikel ini milik situs hobinatang.com, dilarang keras mencopy-paste tanpa menyertakan sumbernya.

0 Komentar Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Sugar Glider

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top