Cara Mancing Belut Paling Ampuh 98% Berhasil Disertai Videonya

Cara mancing belut- Selamat malam minggu teman teman. Panggil saja saya Om Imran, salah satu admin hobinatang.com yang gemar memancing apa saja termasuk belut yang ada di sawah atau di pinggiran sungai. Kali ini saya akan berbagi pengalaman terbaik cara memancing belut paling ampuh.

Bukan sekedar membaca-baca apa yang ada di internet. Namun tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi. Sudah puluhan kali saya mencari belut (Bahasa Jawanya Welut) dan berbagi teknik kami coba. Akhirnya saya menemukan cara paling jitu dan efektif memancing belut. Pokoknya 98% persen berhasil deh. hehe

Nah penasaran kan? Yuk ikuti teknik mancing belut dengan mudah dan cepat di bawah ini.

Cara Mancing Belut Paling Ampuh


Hobi memancing belut mungkin sudah dipandang sebelah mata hari ini. Mengingat berkembangan zaman dan banyaknya perusak ekosistem membuat orang orang jadi malas pergi ke sawah untuk mencari belut. Padahal sensasinya tidak kalah dengan memancing ikan. Bahkan bisa dikatakan lebih JozZ. hehe lebay.

Berikut langkah langkah mancing belut di sawah paling ampuh agar cepat dapat.

1. Mencari Spot Pancing Belut yang Cocok


Cara Mancing Belut Paling Ampuh

Seperti memancing ikan yang ada di laut atau di sungai. Sebelum melangkah lebih jauh kalian harus tau dulu di mana tempat yang banyak ditinggali si licin belut. Selain habitatnya, kalian juga perlu tau karakteristiknya. Ok.

Belut lebih senang tinggal di tempat berlumpur seperti sawah, pinggiran sungai/kali dan rawa-rawa. Biasanya dia akan membuat lubang rapi untuk bersembunyi. Sebab belut hanya aktif di malam hari untuk mencari makan, sedangkan siang hari ia habiskan untuk istirahat.

Nah kalau sobat mau nyari tempat yang ada belutnya, carilah sawah yang ada genangan airnya. Jangan yang kering sampai tanahnya retak. Kemudian cari lubang yang rapi. Di dalamnya ada air bening. Bedakan antara lubang belut, lubang ular dan lubang kepiting.

Lubang kepiting umumnya pipih tidak bulat serapi belut. Kalau lubang ular umumnya tidak di tempat yang berair. Meski ada airnya juga tapi tidak becek pinggirannya. Pokoknya ciri ciri lubang belut:

  • Bulat rapi berada di pinggiran air, parit atau kadang di tengah sawah tapi di samping tanaman padi, kangkung atau tumbuhan sawah lainnya.
  • Permukaan sedikit agak becek dan berlumpur. Kalau soal dalamnya, lumayan curam.
  • Lubang belut yang ada penghuninya berbentuk rata dan terlihat bersih.

Mudah bukan membedakan lubang kepiting, ular dan belut.

2. Memilih Umpan Mancing Belut yang Jitu dan Ampuh


Cara Mancing Belut Paling Ampuh

Apabila anda sudah mengetahui di mana spot yang bagus untuk memancing belut selanjutnya kalian harus memikirkan umpan mancing belut di sawah. Saat ini sudah ada umpan buatan atau racikan sendiri, tapi kami tetap sarankan memakai umpan alami sebagai berikut.

Cacing tanah


Bisa dikatakan cacing tanah merupakan umpan paling ampuh untuk mancing belut. Untuk mencarinya pun sangat mudah, cacing tanah tinggal di daerah tanah yang gembus atau basah. Bisa juga kalian mencari di sawah.

Keong


Memang keong tidak lebih baik dari cacing tanah. Tapi bisa juga dijadikan alternatif umpan belut yang ampuh. Apalagi keong banyak ditemukan di perairan sawah dan rawa rawa. Pertama pecah cangkangnya, lalu potong sebagian dagingnya dan dikaitkan ke kail pancing.

Katak kecil


Belut juga sangat menyukai katak kecil kami menyebutnya Bancet. Pada malam hari sebelum akan keluar mencari makanan salah satunya adalah sejenis katak kecil. Tapi kalau kalian merasa jijik bisa memakai keong atau cacing tanah saja.

Itulah daftar umpan mancing belut paling ampuh dan sudah kami buktikan sendiri. Simak juga: 4 Cara Mancing Ikan Nila Yang Susah Makan (Sudah Terbukti)

3. Perlengkapan yang Dibutuhkan untuk Mancing Belut dan Cara Membuatnya


Cara Mancing Belut Paling Ampuh

Memancing belut sangatlah simple. Tidak membutuhkan reel atau joran pancing. Cukup sediakan kail pancing dan senar. Gunakan kail pancing ukuran 5-7. Kalau waktu kecil dulu, saya memilih membuat sendiri dengan jarum peniti. haha

Lalu sediakan benang atau senar sepanjang 3 meter saja. Masukan kail ke dalam benang. Kemudian lipat jadi dua dan diplintir sampai menyatu. Nah nanti ada videonya. Silahkan di tonton di bawah. (Kalau videonya tidak tampil, ganti browser anda memakai chrome. Sebab browser UC atau Opera kadang memblock video)


4. Cara Mancing Belut Ampuh


Cara Mancing Belut Paling Ampuh

Inilah pembahasan utama dari artikel ini. Banyak yang menyarankan setelah dimakan, langsung ditarik. Padahal cara tersebut salah, meskipun bisa berhasil tapi kurang efektif.

Dalam memancing belut yang paling utama adalah sabar. Berikut tutorialnya:

  • Cari lubang yang dipinggiran sawah, ciri cirinya seperti yang kami tulis di atas.
  • Pasang umpan/pakan untuk mancing belut.
  • Lalu masukan umpan belut ke dalam lubang, dan jangan lupa diplintir sampai dalam.
  • Dengan diplintir akan menggoda belut untuk makan.
  • Lihatlah kondisi lubangnya. Kalau airnya naik turun naik turun berarti ada belutnya.
  • Selanjutnya tunggu sampai belut tersebut makan. Jika belum makan diplintir lagi senarnya sampai dimakan.
  • Mungkin tidak sampai 2 menit belutnya akan memakan umpannya.
  • Nah kalau sudah dimakan tolong jangan langsung DITARIK. (ini penting). Mancing belut itu intinya sabar lur.
  • Biarkan belut menarik sampai dalam, dan memakan semua umpannya. Kesalahan pemula saat ditarik belut langsung di strike, padahal umpan belum dimakan semua. Jadi lepas lagi belutnya.
  • Pokoknya intinya sabar. Meskipun sudah disambar/ditarik ke dalam, kalau bisa tunggu lagi biar dia makan semua umpannya. Sehingga kailnya masuk ke mulutnya.
  • Sambil dipancing dengan cara memelintir-melintir senarnya.
  • Oke selanjutnya tinggal kalian tarik. Dijamin belut tersebut terangkat dan sukses 98%.

Itulah langkah tepat mancing belut besar atau kecil yang benar. Biar lebih jelas silahkan lihat video di bawah ini. (Kalau videonya tidak tampil, ganti browser anda memakai chrome. Sebab browser UC atau Opera kadang memblock video)

Itu saja yang bisa dibagikan kepada anda semua. Jangan lupa membaca doa dan bismillah supaya mancing belut Anda berjalan dengan lancar dan biar dapat banyak. Baca juga: Umpan Jitu Mancing Ikan Gurame Alami dan Racikan

0 Komentar Cara Mancing Belut Paling Ampuh 98% Berhasil Disertai Videonya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top