HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

12 Jenis Ikan Louhan Lengkap Disertai Gambar dan Harganya

Jenis ikan louhan- Hai teman-teman tahukah anda bahwa saat ini ada sekitar jutaan spesies ikan hias yang tersebar di seluruh dunia. Sebagian hidup di air laut dan sebagian hidup di air tawar. Adapun untuk ikan louhan sendiri merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar dari keluarga predator.

Sifatnya yang predator membuat ikan louhan tidak segan-segan menyerang ikan yang lebih kecil atau bahkan memakannya. Jadi buat kalian yang ingin memelihara louhan jangan mencampurkannya dengan ikan ikan yang berukuran kecil di dalam satu akuarium ya. Nanti dimakan semua ikannya, hehe.

Ada fakta menarik dari ikan Flowerhorn (nama lain dari ikan louhan). Dahulu sekitar tahun 2000-an ikan louhan pernah menjadi ikan hias primadona di Indonesia. Hampir seluruh stasiun TV menyiarkan ikan ini. Pada saat itu harganya sangat mahal, apalagi jenis ikan louhan yang mempunyai jenong besar serta corak yang bagus menyerupai tulisan cina. Bisa laku sampai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Namun saat ini popularitas ikan louhan sudah menurun, umumnya yang masih memelihara louhan hanya kalangan hobiis saja. Ditambah lagi saat ini sudah banyak pilihan memelihara ikan hias, ada ikan arwana, ikan koi atau ikan hias untuk akuarium kecil.


Jenis Ikan Louhan Beserta Harganya yang Termahal sampai Termurah


Jenis Ikan Louhan Disertai Gambar dan Harganya

Selain jenisnya yang beragam, ikan louhan memiliki keunggulan dari segi fisik. Jenong/nong-nong pada kepalanya menjadi pembeda dari ikan hias lainnya. Itulah mengapa banyak yang tertarik memeliharanya di rumah. Silahkan pilih jenis jenis louhan di bawah ini untuk dipelihara di akuarium rumah kalian:

Baca juga: Cara Memelihara Ikan Hias di Rumah Panduan Khusus Pemula

1. Jenis Ikan Louhan Cencu


Jenis Ikan Louhan Cencu

Louhan cencu merupakan salah satu jenis paling populer. Dia memiliki ciri khas pada mutiara di tubuhnya yakni terdapat bintik bintik putih keabuan mirip mutiara. Sehingga banyak yang menyebut ikan louhan cencu dengan ikan louhan mutiara.

Louhan cencu ada dua jenis yakni klasik dan moderen. Perbedaannya adalah louhan cencu klasik berwarna dominan merah dan mutiaranya sedikit sedangkan cencu moderen bermutiara lebih banyak dan ukuran tubuhnya juga lebih besar daripada cencu klasik.

Kalau masih anakan mungkin belum terlalu bagus. Tapi kalau ukurannya sudah besar maka terlihat sangat cantik di dalam akuarium. Gambar di atas berukuran 16 cm. Untuk harganya mulai Rp. 300.000 hingga Rp. 2 juta rupiah.

2. Jenis Ikan Louhan Golden Red


Jenis Ikan Louhan Golden Red

Inilah jenis Louhan termahal. Golden red tergolong paling mahal di antara louhan lainnya. Sebab spesies ini sangat langka. Selain itu ia juga memiliki banyak keistimewaan. Salah satunya ialah mutiara di tubuhnya begitu cantik dan tidak dimiliki louhan lain.

Louhan golden red sendiri berasal dari Thailand. Berciri ciri kulit merah dan kuning keemasan. Namun warna tersebut belum ada jika usia ikan masih kecil, karena untuk mendapatkan warna sempurna harus melalui mutasi atau pergantian kulit dahulu seiring berjalannya usia si ikan.

Dengan adanya keunikan, keistimewaan dan kelangkaan louhan golden red inilah yang menjadikan harganya mencapai ratusan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah.

3. Ikan Louhan Kamfa


Jenis Ikan Louhan Kamfa

Louhan kamfa juga termasuk louhan yang banyak dijual di Indonesia. Ia memiliki banyak peminat. Meskipun warna sisiknya agak kalem, tapi menurut saya sangat cantik hampir mirip sebuah bunga. Makanya louhan kamfa kerap disebut dengan golden flower.

Ciri lainnya adalah terdapat bintik putih di bagian ekor dan sirip ikan. Kemudian, terdapat bintik hitam besar pada tubuhnya yang terlihat lebih rapi bila dibandingkan dengan bintik hitam pada tubuh louhan lainnya. Harganya berkisar Rp. 3.500.000.

4. Ikan Louhan Jenis Bonsai


Ikan Louhan Jenis Bonsai

Ikan Louhan Jenis Bonsai

Jenis yang keempat tergolong louhan unik. Dia dinamai Louhan bonsai karena memiliki bentuk tubuh mungil. Ukurannya setengah dari bentuk normalnya louhan. Meski berbadan kecil, kepala louhan bonsai ini cukup besar dan sifatnya pun tidak agresif.

Ikan Louhan Jenis Bonsai
Bonsai kemalau

Untuk bonsai sendiri bermacam macam, kadang digolongkan berdasarkan warna. Misalnya ada bonsai super red, bonsai kemalau (seperti gambar di atas) dan lain sebagainya. Walau kecil juga masih tergolong jenis ikan predator. Galak sama ikan lainnya. Harganya tergantung jenis bonsainya. Ada yang Rp. 800.000 atau lebih.

Baca: 17 Jenis Ikan Prodator Paling Populer di Indonesia

5. Louhan Super Red Dragon


Jenis Ikan Louhan Super Red Dragon

Louhan yang berjenong paling besar adalah louhan SRD kepanjangan dari super red dragon. Atas dasar itulah jenis ini menjadi favorit pecinta louhan. Sampai sampai sudah terkenal di seluruh Asia  Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Kamboja, Thailand, Vietnam, Indonesia dan juga kawasan benua Eropa.

Warna dasar dari super red dragon adalah merah pekat dengan jenong besar. Harganya mulai dari Rp. 1.500.000/ekor.

6. Ikan Flowerhorn Super Red Synspillum


Ikan Flowerhorn Super Red Synspillum

Ikan Louhan Super Red Synspillum

Selain dipanggil Super Red Synspillum (SRS), orang orang juga memanggilnya louhan kamfa Thailand. Mungkin karena mirip dengan louhan kamfa biasa. Tapi jangan salah persepsi. Louhan SRS mempunyai keistimewaan tersendiri, yakni mampu bertahan hidup lebih lama daripada louhan lainnya.

Daya tahan tubuhnya terhadap penyakit sangatlah tinggi. Adapun warna louhan super red synspillum umumnya merah merona dengan kombinasi sedikit orange. Namun ada juga yang terdapat bintik bintik di tubuhnya. Untuk gambar di atas adalah yang masih anakan dan dewasa. Ukuran tubuhnya pun bisa mencapai 35 cm, tergantung perawatannya. Harga kisaran mulai Rp. 2.500.000.

7. Ikan Louhan Jenis Golden Base


Ikan Louhan Jenis Golden Base

Golden base mudah dikenal. Ciri khasnya berwarna merah agak kekuningan dan tidak memiliki bintik hitam di bagian tubuhnya. Hampir mirip dengan louhan jenis super red synspillum, ikan louhan golden base juga berwarna merah merata di seluruh tubuhnya. Harganya berkisar Rp. 1.800.000/ekor. Foto di atas kami ambil dari postingan Kim Fung di grup Perhimpunan Pencinta Louhan. Sepertinya ikan kontes.

8. Jenis Louhan Kemalau


Jenis Ikan Louhan Kemalau

Ikan louhan kemalau juga tak kalah unik dan cantiknya dibanding louhan yang lain. Namun sayangnya, keberadaan louhan kemalau ini sudah langka. Ciri khasnya adalah terdapat bintik mutiara yang menjulur dari kepala sampai ekor ikan. Warnanya pun juga kombinasi, yakni jenong dan kepala berwarna merah tua dan tubuh bagian tengah hingga ekor berwarna merah muda. Adapun harganya dibanderol Rp. 600.000.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat video Louhan jenis kemalau di bawah ini (Jika vodenya tidak tampil, ganti browser anda. Jangan memakai UC atau Opera):


9. Ikan Louhan Super Red Texas (SRT)


Jenis Ikan Louhan Super Red Texas

Meski namanya louhan super red texas, namun ternyata ikan ini bukan berasal dari Texas. Louhan ini berasal dari Thailand. Hanya saja ia terlahir dari hasil perkawinan silang antara ikan louhan texas chiclid abu abu dengan louhan golden red.

Ciri ciri louhan tersebut adalah warna dasar ikan merah terang dan berpola bintik bintik dari kepala sampai ekor yang berbentuk mirip buah strawberry. Harganya berkisar Rp. 2.300.000/ekor.

10. Ikan Louhan Strom


Jenis Ikan Louhan Strom

Jenis ikan louhan strom juga tak kalah bagus dari lainnya. Akan tetapi ikan ini bukan berasal dari alam liar, namun hasil budidaya para peternak ikan di Thailand alias hasil kawin silang. Jenis strom adalah jenis baru tapi keberadaannya masih langka.

Warna yang dihasilkan ikan louhan strom ini terbilang cantik, karena terdapat 3 macam warna di tubuhnya yakni merah, biru dan silver. Keindahan warnanya itulah yang membuat masyarakat menyukainya. Selain itu, harganya juga cukup mahal mulai dari Rp. 2.500.000 per ekor.

11. Ikan Louhan Jenis Rainbow King


Ikan Louhan Jenis Rainbow King

Sesuai dengan namanya Rainbow. Louhan yang satu ini memiliki macam macam warna di satu tubuh. Kurang lebih terdapat 5 warna pada tubuhnya. Habitat aslinya di Singapura. Dengan keindahan dan keunikan warnanya, louhan Rainbow king dibanderol seharga Rp. 3.000.000.

12. Jenis Ikan Louhan Red Monkey


Jenis Ikan Louhan Red Monkey

Poin terakhir ini sangat menakjubkan. Banyak yang tertarik memelihara Louhan jenis red monkey. Dengan warna merah indah di bagian kepala jenong hingga badannya membuat akuarium kita jadi elegan. Lihat saja video Louhan jenis red monkey di bawah ini, sangat sangat cantik (Jika vodenya tidak tampil, ganti browser anda. Jangan memakai UC atau Opera):


Akhirnya selesai juga pembahasan tentang jenis ikan louhan beserta gambar dan harganya dari mulai yang termahal sampai termurah. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi teman-teman sebelum memelihara ikan louhan. Harap tulis komentar apabila ada kesalahan. Dan kami memohon maaf kalau kurang lengkap.

0 Komentar 12 Jenis Ikan Louhan Lengkap Disertai Gambar dan Harganya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top