8 Cara Menjinakkan Kucing Galak Agar Nurut Sama Kita

Cara menjinakkan kucing- hewan yang katanya paling lucu ternyata bisa juga bersikap galak kepada yang belum dikenal. Saya sendiri sering menemukan kucing liar di jalan yang bersikap galak apabila didekati. Padahal niat saya ingin memberi sisa daging yang baru saya makan.

Dari sini bisa disimpulkan ternyata kucing yang baru diadopsi atau baru dibeli terkadang masih memiliki sifat galak pada owner barunya. Makanya saya tertarik untuk membahas bagaimana cara menjinakkan kucing agar nurut sama kita. Dengan melalui proses yang panjang, akhirnya hobinatang.com berhasil mengumpulkan riset atau pendapat dari para pecinta kucing di Indonesia yang ada di grup grup media sosial.

Baiklah berikut langkah-langkah cara menjinakkan kucing liar yang galak.

Cara Menjinakkan Kucing Galak


cara menjinakkan kucing yang galak

Menjinakkan kucing ada yang mudah ada yang sulit, tergantung tingkat karakter, jenis dan umur kucing. Umumnya jenis kucing kampung yang liar lebih sulit dibandingkan menjinakkan kucing ras. Apalagi kucing hutan, lebih susah lagi. Disamping itu menjinakkan kucing yang sudah dewasa dan pernah mengalami trauma kekerasan dari seseorang biasanya juga lebih sulit.

Baca juga: Cara Menjinakkan Kucing Hutan

Maka dari itu hobinatang kasih saran supaya mengadopsi kucing anakan saja, Insyaallah jauh lebih mudah dijinakkan. Namun yang pasti membuat kucing jinak itu perlu metode dan trik khusus. Tidak boleh sembarangan. Kalau anda menjinakkan menggunakan kekerasan, kucing tidak akan jinak tapi justru malah menjadi trauma dan semakin takut dengan anda.

Butuh juga kesabaran ektra dalam menjinakkan kucing, mungkin sekitar satu minggu hingga satu bulan kucing anda bisa jinak. Sekali lagi semua tergantung metode anda. Berikut 8 metode menjinakan kucing yang galak dan liar:

1. Mendekati Kucing Supaya Nurut



Sebelum meletakkan kucing liar di kandang, ada baiknya sobat mencoba menyentuhnya dengan cara yang baik. Yakni mendekatinya perlahan lahan dari arah samping atau belakang kucing. Jangan dari arah depan atau tepat depan wajah kucing. Sebab kucing akan merasa terancam jika seperti itu. Apalagi jika anda kontak langsung dengan matanya.

Biasanya saat didekati kucing anda akan mundur atau merendahkan badan. Tapi jangan khawatir itu tandanya dia sedang waspada atau takut dengan anda. Jika seperti itu, anda harus mundur juga supaya tidak terkesan memaksa dan mengancam. Nah, bila si kucing sudah merasa nyaman, sentuh tubuhnya dan belailah sampai ia benar benar nyaman, lalu gendong dan masukkan ke kandang kucing.

2. Memberi Nama Kucing


cara menjinakkan kucing galak

Pemberian nama untuk hewan peliharaan sudah menjadi hal yang wajib. Kalau tidak ada nama bagaimana anda bisa memanggilnya untuk mendatangi anda? Untuk itulah sobat harus memberinya nama yang bagus, pendek, singkat supaya kucing cepat hafal siapa namanya. Kalau kalian bingung mau memberi nama yang bagus, silakan baca artikel, nama nama hewan peliharaan yang lucu.

Dengan diberikan nama untuk kucing, sobat bisa sering memanggilnya terutama ketika mau ngasih makan, saat membelai, saat dimandikan dan saat bermain.

3. Siapkan Kandang Khusus Kucing yang Galak


cara menjinakkan kucing liar

Langkah penjinakan kucing selanjutnya adalah memberi kandang khusus kucing yang baru saja diadopsi. Jika sebelumnya anda punya kucing lain yang sudah jinak, jangan dijadikan satu tempat tinggalnya dengan kucing baru. Mereka pasti berantem dan berujung luka pada kucing anda. So, sediakan kandang sendiri khusus untuk kucing baru sambil diperhatikan makan dan minumnya serta biarkan dia beradaptasi di tempat barunya.

4. Memberi Makan dan Minum Kucing


cara menjinakkan kucing yang galak

Inilah poin yang paling penting. Seperti yang kita ketahui kucing liar jika sering dikasih maka dia jadi sering datang ke rumah kita. Begitu juga dengan kucing baru yang kita adopsi. Dia akan nurut sama kita kalau sudah sering dikasih makan. Hal itu disebabkan karena dia merasa kitalah yang merawatnya.

Perhatikan saat saat ia lapar lalu segera beri makanan kesukaan kucing. Dengan begitu lambat laun kucing sobat mulai menyukai tempat baru dan majikan barunya. Cara ketiga inilah yang paling efektif dalam usaha menjinakkan kucing.

5. Sering Menyentuh Kucing


cara menjinakkan kucing

Sama seperti menjinakkan kucing anggora. Ketika kucing mulai kenal dengan anda, jangan buru buru menyentuhnya. Khawatir ia masih galak dan belum sepenuhnya percaya dengan anda. Jadi tetap pantau, tetap kasih perhatian dan juga makan. Bila sobat ingin menyentuhnya, sentuhlah saat dia sedang makan. Karena mereka sedang dalam keadaan santai. Kemudian sentuh bagian tubuh yang disukai kucing yakni leher dan perut.

6. Sering  Menggendong Kucing


cara menjinakkan kucing liar

Bila kucing anda sudah biasa disentuh, sebaiknya sering digendong. Ciri ciri kucing yang sudah nyaman saat digendong atau disentuh adalah ia mengeluarkan suara "kr....kr...kr.." atau memejamkan mata lalu membukanya lagi seperti mengantuk.

Lakukan sesering mungkin secara perlahan lahan sambil dielus elus supaya ia masih tetap mempercayai anda. Namun harus tetap hati hati karena bisa jadi tiba tiba ia meronta dan melompat dari pegangan anda. Jangan putus asa, kembali elus leher, perut dan kepala untuk menenangkannya. 

7. Memberi Perhatian Kucing Liar


cara menjinakkan kucing yang galak

Banyak mitos yang mengatakan bahwa kucing hanyalah hewan biasa yang tidak bisa merespon apapun dari manusia. Hal itu sangat salah, karena kucing juga mempunyai perasaan sama seperti manusia. Kalau dia terancam maka muncullah reaksi menghindar.

Jadi, berikan perhatian penuh untuk kucing liar yang akan dijinakkan. Misalnya dengan cara mengajak ngobrol, dielus punggung dan kepalanya. Hingga ia merasa nyaman dengan anda, lalu ajak bermain dan sesekali dimandikan.

8. Membebaskan Kucing agar Kenal Lingkungan Anda


cara menjinakkan kucing yang galak

Langkah menjinakkan kucing yang terakhir adalah memberi kebebasan untuk berinteraksi dengan kucing lainnya, bermain di ruang bebas dan berjalan jalan di tempat yang luas. Karena seringnya ia berada di kandang sendirian bisa membuatnya stres. Maka dari itu sesekali campur baurkan ia dengan kucing lain. Dan beri mainan kucing di ruangan bebas. Biarkan ia berekspresi sesuka hati hingga nyaman berada di rumah anda.

Baca juga: cara membuat mainan kucing sendiri

Itulah 8 cara menjinakkan kucing yang mudah dan ampuh. Hanya butuh kesabaran dan ketelatenan saja. Jangan terburu buru dan cepat putus asa. Semua akan indah pada waktunya hehe. Karena usaha tidak akan mengkhianati hasil. Salam cat lovers Indonesia.

0 Komentar 8 Cara Menjinakkan Kucing Galak Agar Nurut Sama Kita

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top