7 Cara Merawat Bayi Hamster Yang Baru Lahir Supaya Tidak Mati

Cara merawat bayi hamster yang baru lahir- bayi hamster terlahir dalam keadaan buta, tuli, tidak berbulu, belum bisa berjalan apalagi berlari. Itulah pentingnya mengapa bayi hamster yang baru lahir sangat membutuhkan perawatan maksimal dari induknya. Namun sayangnya tak semua induk hamster mau merawatnya. Mungkin karena ditinggal mati atau bahkan sang induk stres sehingga bersifat kanibal yakni memakan bayinya sendiri.

Saat hamster melahirkan, maka perlu dijaga dengan baik. Entah itu induk maupun bayinya. Tahap ini memang lebih susah dibandingkan merawat hamster dewasa. Karena anda harus bisa mengendalikan induk hamster supaya mau mengeluarkan instingnya dalam mengurus bayinya sendiri. Jangan malah sebaliknya, kalian menjauhkan insting sang induk.

Soalnya tidak sedikit para pemula yang melakukan kesalahan besar diakibatkan ketidaktahuan mereka dalam merawat anak hamster yang masih merah. Sehingga induknya menjadi kanibal atau enggan menyusui anaknya. Inilah tantangan bagi kita yang baru memiliki baby hamster, jika kalian salah sedikit saja niscaya si induk bisa meninggalkan bayinya.

Cara Merawat Bayi Hamster Yang Baru Lahir


Merawat bayi hamster memang gampang gampang sulit. Butuh kejelian dan ketelatenan, perhatikan poin-poin berikut ini:

1. Bayi Hamster Jangan Langsung Disentuh


Cara Merawat Bayi Hamster Yang Baru Lahir

Menyentuh bayi hamster mengakibatkan sang induk tidak mengenali bayinya sendiri, sebab aroma tubuhnya berubah. Meskipun tidak semua hamster berkarakter seperti itu, tapi kebanyakan setelah anak hamster baru lahir disentuh manusia, induknya akan meriject (menolak) menyusui anaknya. Mungkin sang induk beranggapan dia bukan anaknya.

Untuk masalah memberi makan, tidak perlu dipikirkan. Karena bayi hamster di usia 12 hari cukup mendapat nutrisi dan gizi dari air susu induknya. So, yang harus kalian pikirkan adalah memberi gizi yang cukup pada ibunya.

2. Jangan Mengganggu Induk dan Bayi Hamster


Cara Merawat Bayi Hamster Yang Baru Lahir

Bila sang induk  masih mau mengurus bayinya sendiri maka kalian tidak usah mengganggu induk hamster serta anaknya sampai berusia 14 hari. Kalian cukup rutin memberikan air minum atau mengganti air minum yang ada di dalam kandang. Bisa juga memberikan pakan di mangkoknya. Seperti yang saya katakan di poin pertama, jangan pernah menyentuh bayi bayi hamster tersebut serta jangan ganggu induknya.

Karena jika induk terganggu maka memicu rasa stres dan akhirnya muncul sifat kanibalnya. Akhirnya anaknya lah yang menjadi korban. Biarkan mereka tenang di kandang, hindarkan dari lalu lalang manusia, suara bising, suara kucing dan anjing. Selain itu jangan bersihkan kandang selama 1 minggu dan tetap jaga suhu ruangan hingga 21 derajat celcius.

3. Perhatikan Perkembangan Bayi Hamster


Cara Merawat Bayi Hamster Yang Baru Lahir

Bila induknya mampu mengurus bayi bayinya sendiri, cobalah untuk mencermati apakah perkembangan bayi tersebut sudah optimal atau belum. Untuk mengetahui apakah sudah optimal atau belum silahkan lihat tahapan perkembangan bayi hamster di bawah ini:
  • Usia 5 hari mata dan telinga mulai terbuka.
  • Usia 7 hari hamster sudah mulai merangkak.
  • Usia 7-10 hari bayi hamster sudah mengenali dan tertarik dengan makanan padat.
  • Usia 10-20 hari bulu hamster mulai tumbuh dan sudah bisa minum dari dot khusus hamster.
Apabila sobat mendapati perkembangan hamster tidak sesuai tahapan di atas maka perlu diwaspadai. Kemungkinan bayi yang dilahirkan cacat atau terlambat perkembangannya.

4. Pastikan Induk Hamster Sehat


Cara Merawat Bayi Hamster Baru Lahir

Ingat bayi hamster sudah mendapat nutrisi langsung dari induknya, jadi kalian tinggal memastikan pola makan sang induk. Sebab makanan yang baik dan bergizi akan berdampak pada air susu yang diminum bayi bayinya. Anda bisa memberinya asupan makanan segar seperti rumput timothy, wortel, pelet dan sebagainya. 


5. Sediakan Makanan dan Minuman Di Kandang


Cara Merawat Bayi Hamster Baru Lahir

Untuk bayi hamster yang berusia 7-10 hari sudah mulai bisa memakan makanan padat dan minum dengan dot hamster. Jangan gunakan mangkok untuk minumnya, karena bayi hamster bisa tenggelam. Gunakan dot lain yang didesain lebih rendah daripada dot milik induknya. Jaraknya sesuaikan besar bayi hamster anda. Rata rata sekitar 1-2 cm dari alas kandang.

Untuk jenis makanannya sama dengan induknya, sebab bayi hamster yang berusia 7-10 hari sudah bisa ikut gabung memakan jenis makanan induknya. Tapi harus dilatih juga sedikit demi sedikit.

6. Kurangi Aksesoris di Dalam Kandang Bayi Hamster


Cara Merawat Bayi Hamster Yang Baru Lahir

Bayi hamster mudah terluka, yang dikhawatirkan adalah banyaknya mainan atau aksesoris yang ada di dalam kandang bisa melukai anak hamster baru lahir. Tidak menutup kemungkinan aksesoris tersebut jatuh dan menimpa bayi hamster. (Pengalaman ketimpahan wadah minum yang besar).

7. Kandang Bayi Hamster Baru Lahir Jangan Dibersihkan Sampai Usia 3 Pekan


Sebaiknya jangan membersihkan kandang anda apabila bayi hamster masih berusia kecil. Ditakutkan akan mengganggunya. Biarkan dia berkembang dulu minimal bisa melihat mendengar atau dalam jangka waktu 3 pekan. Namun ini terserah kalian juga, saya hanya bisa menyarankan.

Demikianlah poin-poin yang harus diperhatikan agar sang induk mau mengurusnya. Andaikan sudah terlanjur sang induk tidak mau menyusui anaknya atau meninggalkannya, sebagai owner kalian wajib mengurusnya sebelum terlambat. Silahkan buka tulisan saya yang berjudul, cara merawat anak hamster dengan benar sampai usia 6 minggu. Ok, semoga bayi hamster anda tumbuh dengan baik dan tidak mati.

0 Komentar 7 Cara Merawat Bayi Hamster Yang Baru Lahir Supaya Tidak Mati

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top