HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

20 Fakta Ikan Uceng: Ikan Eksotis Asli Indonesia yang Penuh Manfaat

Ikan uceng adalah ikan yang cukup fenomenal dan familiar di daerah Temanggung, di sana ikan uceng kerap dijumpai di toko oleh-oleh khas Temanggung. Namun siapa sangka selain dijadikan konsumsi, ternyata ikan ini masih menyimpan banyak manfaat yang belum terungkap oleh orang-orang saat ini.

Oleh sebab itu di sini hobinatang.com akan mengungkap fakta fakta menarik tentang ikan uceng, supaya kalian yang masih asing dengan ikan uceng dapat mengenal lebih dalam terhadap ikan lokal asli Indonesia ini.

Ikan Uceng (Nemacheilus Fasciatus)


Ikan uceng memiliki nama ilmia Nemacheilus fasciatus, dia dari ordo Cypriniformes. Di Indonesia sendiri ikan uceng sempat booming karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Bahkan sekitar tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Temanggung berencana menjadikan ikan uceng sebagai komoditas terbaru bagi daerahnya. Wah' makin penasaran nih! Memang apa sih yang membuatnya spesial? Yuk simak fakta lengkap mengenai uceng di bawah ini:

1. Ikan Uceng Habitat Asli di Perairan Indonesia


Fakta Ikan Uceng (Nemacheilus Fasciatus)

Tentu saja fakta pertama adalah habitat aslinya yang berasal dari perairan Indonesia, ikan uceng tinggal di perairan yang memiliki deras di daerah bebatuan dan kerikil, ikan ini kerap dijumpai di perairan yang ada di Jawa Tengah termasuk Temanggung, Jawa Timur, Jawa Barat dan ada juga di Sumatera. Meski demikian ikan lokal ini lebih populer di daerah Temanggung, karena sering dijual sebagai oleh-oleh wisata kuliner kota tembakau (sebutan kota Temanggung).

2. Ciri Ciri dan Karakter Ikan Uceng yang Unik


Fakta Ikan Uceng (Nemacheilus Fasciatus)

Ikan uceng memiliki tubuh yang kecil ramping dan memanjang, panjang tubuhnya maksimal 10 cm disertai ciri-ciri pola warna yang unik. Kira-kira terdapat 11-12 belang-belang hitam di punggungnya dan berselingan dengan 14-18 bercak disepanjang gurat sisi ikan.

Karakter ikan uceng juga unik, dia suka bersembunyi di dalam kerikil dan bebatuan yang ada di kali/sungai deras. Saat sore hari biasanya ikan tersebut akan keluar dari persembunyiannya untuk mencari makan, tidak lama lagi ikan uceng akan kembali bersembunyi dan akan keluar mencari makan lagi saat pukul 4-6 dini hari. Makanya bebatuan merupakan habitatnya.

3. Ikan Uceng Bisa Dijadikan Ikan Hias dan Ikan Konsumsi


Orang-orang hanya menilai kalau ikan uceng adalah ikan konsumsi yang sangat gurih, padahal sebenarnya ikan ini bisa dijadikan sebagai ikan hias akuarium atau bisa juga dijadikan ikan aquascape. Terbukti banyaknya para hobiis yang sudah memelihara ikan ini di dalam akuarium mereka.

Akan tetapi disarankan bila anda memelihara ikan ini akuariumnya harus dilengkapi filter dan memiliki tingkat aliran air yang baik serta sirkulasi oksigen yang baik pula. Hal ini untuk menyesuaikan supaya mirip seperti habitat aslinya. Berikan substrat dari pasir halus atau kerikil agar membantu melindungi daerah yang sensitif, boleh juga ditambahkan batu sebagai tempat persembunyiannya.

4. Ikan Bisa Membersihkan Alga di Aquascape


Fakta Ikan Uceng (Nemacheilus Fasciatus)

Sebagaimana yang sudah saya jelaskan pada fakta ketiga di atas, ikan uceng bisa dijadikan sebagai jenis ikan aquascape. Berfungsi membersihkan alga (semacam pengganggu aquascape), lumut atau kotoran kotoran yang ada di dalam aquascape. Tapi tidak direkomendasikan apabila anda memelihara udang di dalamnya, menurut pengalaman ikan uceng bisa memakan udang-udang kecil serta mengganggu ikan pembersih akuarium lainnya seperti ikan CAE atau ikan otocinclus.

Baca: Jenis ikan pembersih akuarium atau aquascape (Algae Eaters)

5. Ikan Uceng Rasanya Gurih saat Dikonsumsi


Ikan Uceng (Nemacheilus Fasciatus)

Tidak diragukan lagi manusia memiliki citra rasa yang sangat sedap dan gurih, umumnya masyarakat mengolah ikan uceng menjadi peyek goreng, kemudian dikemas dan dijual di toko oleh-oleh khas Temanggung. Makanya banyak sekali yang tertarik untuk mengkonsumsi ikan lucu sebagai lauk pauk di rumah.

6.  Keberadaan Ikan Uceng Semakin Langka Hampir Punah


Fakta Ikan Uceng (Nemacheilus Fasciatus)

Berhubung ikan yang memiliki citarasa yang sangat gurih, akhirnya masyarakat berbondong-bondong mencari ikan lokal ini untuk dijual kepada konsumen atau sekedar dikonsumsi sendiri di rumah. Namun ternyata hal ini menyebabkan ikan uceng semakin langka akibat sering ditangkap.

7.  Harga Ikan Uceng Cukup Mahal


Besarnya permintaan masyarakat terhadap ikan uceng dan disertai rendahnya pendapatan dari ikan ini membuat harganya melambung tinggi. Yang masih mentah saja harganya bisa mencapai Rp100.000-Rp150.000/kg, sedangkan yang sudah matang atau sudah digoreng harganya bisa mencapai Rp200.000-Rp300.000/kg.

8. Ikan Uceng Susah Ditangkap


Karena memiliki kebiasaan sering bersembunyi, membuat ikan uceng susah ditangkap. Meski demikian banyak masyarakat Indonesia yang mendapatkan ikan uceng ini dengan cara di pancing atau menggunakan jaring atau juga menggunakan celik semacam anyaman bambu mirip bubu yang ukurannya lebih kecil. (Silahkan cari di google "Apa itu celik" wkkw)

9. Ikan Uceng Sulit Dibudidayakan


Fakta Ikan Uceng (Nemacheilus Fasciatus)

Selain keberadaannya mau punah, ikan uceng juga susah dibudidayakan sehingga jumlahnya menjadi terbatas. Inilah salah satu alasan mengapa ikan uceng sangat mahal. Menurut laporan yang kami baca di merdeka.com, Bupati Temanggung, Bambang Sukarno mengatakan kalau metode pengembangbiakan ikan uceng masih dalam penelitian, saat ini masih dilakukan reset,

"Mengingat langkanya ikan uceng, membuat kami berencana ingin menjadikan uceng sebagai  ikan baru di bidang makanan. Sekarang kami sedang meneliti supaya uceng dapat dikembangbiakkan sendiri" ucap Bupati Temanggung, dilansir dari merdeka.com

Sejauh ini para konsumen hanya mengandalkan tangkapan para nelayan, tapi semoga tidak lama lagi ikan ini bisa dibudidayakan dengan mudah oleh masyarakat. Karena pernyataan Bupati di atas terjadi pada tahun 2017, sedangkan hari ini mungkin sudah ada yang berhasil membudidayakannya.

10. Ikan Uceng Mirip dengan Ikan Jeler


Fakta Ikan Uceng (Nemacheilus Fasciatus)
Uceng

Fakta Ikan Uceng (Nemacheilus Fasciatus)
Jeler

Fakta lain dari ikan uceng adalah memiliki kemiripan dengan ikan jeler kecil. Ikan jeler adalah jenis ikan air tawar yang bertubuh kecil. Nama ilmiahnya Nemacheilus chrysolamios, melihat nama ilmiahnya ternyata ikan jeler masih satu genus (Nemacheilus) dengan ikan uceng. Sehingga tidak heran kalau mereka berdua mempunyai kemiripan. Yang penting kalian tidak salah menilai ya Sob!

Sebagaimana yang anda lihat pada gambar di atas, ikan jeler dan ikan uceng memiliki perbedaan pada struktur pola tubuhnya. Yang mana pada ikan jeler kecil terdapat 9 sampai 18 belang berwarna gelap tipis di sepanjang tubuhnya, pada kepalanya berwarna coklat dan terdapat bintik gelap diantara kedua matanya.

11. Ikan Uceng Mengandung Banyak Vitamin


Jika dikonsumsi bisa mendatangkan berbagai macam manfaat diantaranya mendapat vitamin A untuk mencegah kebutaan anak, vitamin D untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang dan juga akan mendapat vitamin B kompleks. Karena ikan uceng mengandung vitamin B kompleks yang terdiri dari B1 (thiamine) B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), B6, B9, B12 dan B7 (biotin).

12. Ikan Uceng Mengandung Zat Besi


Mengenal Ikan Uceng

Manfaat lain ikan uceng adalah mengandung zat besi yang gampang diserap oleh tubuh yodium supaya tidak terjadi penyakit gondok. Selain itu zat besi dari ikan uceng sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia, karena zat tersebut sangat dibutuhkan dalam produksi hemoglobin yang kemudian membawa oksigen pada seluruh tubuh. Sangat cocok buat kalian yang mudah lelah akibat kekurangan zat besi.

13. Ikan Uceng Mengandung Sodium


Apa itu sodium? Sodium adalah semacam elemen elektrolit yang mampu membantu mengatur keseimbangan cairan sel tubuh pada manusia. Jadi apabila kalian mengkonsumsi ikan uceng bisa tetap segar akibat keseimbangan sel terjaga.

14. Pada Ikan Uceng Terdapat Kandungan Kalsium


Kekurangan kalsium bisa menjadikan tulang keropos. Makanya kalsium selalu dibutuhkan tubuh manusia demi memperkuat tulang dan gigi serta memperbaiki bagian tulang yang keropos. Umumnya untuk menambah kalsium orang-orang memilih meminum susu, padahal kalsium bukan hanya ada pada susu, tapi juga ditemukan pada ikan uceng.

15. Ikan Uceng Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh Manusia


Fakta berikutnya adalah bisa menambah kekebalan tubuh. Kandungan vitamin dan protein pada ikan uceng dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh sendiri sangat penting dimiliki oleh manusia. Apabila kita tidak memiliki kekebalan tubuh yang bagus, maka bisa mudah terserang penyakit. Oleh sebab itu konsumsilah ikan uceng, agar kalian tidak mudah terserang penyakit dan segar saat melakukan aktivitas sehari-hari.

16. Mencegah Berbagai Penyakit


Wow selain bisa menambah kekebalan tubuh, ternyata bisa juga mencegah berbagai penyakit. Hal itu disebabkan karena di dalam uceng terdapat kandungan omega 3, yang mana omega 3 bermanfaat menyembuhkan penyakit seperti penderitaan osteoarthritis dan lain sebagainya.

17. Uceng Mampu Mencerdaskan Anak


Kandungan omega 3 yang ada pada uceng sangat mampu membantu proses perkembangan otak pada janin dan juga perkembangan fungsi syaraf dan penglihatan bayi. Sehingga cocok buat ibu hamil.

18. Uceng dapat Menurunkan Kadar Trigliserida


Mungkin banyak yang belum kenal apa itu trigliserida. Sederhananya trigliserida itu semacam lemak utama yang mengalir di dalam darah manusia, apabila kalian terlalu banyak trigliserida maka bisa menumpuk pada hati dan dinding pembuluh darah. Tentu saja hal itu tidak baik. Nah supaya kandungan trigliserida turun, kalian bisa mengkonsumsi ikan uceng.

19. Manfaat Lainnya


Daftar manfaat di atas hanyalah  yang terpenting, masih banyak manfaat lainnya dari ikan uceng. Di antaranya dapat mengobati radang, dapat mengobati penyakit jantung koroner, dapat mencegah obesitas serta mencerahkan bola mata. Selanjutnya bisa mencegah penyakit pneumonia.

20. Meningkatkan Ekonomi Masyarakat


Inilah fakta terakhir yang perlu Anda ketahui. Jika ikan lokal tersebut berhasil dibudidayakan di luar habitatnya, bukan tidak mungkin akan meningkatkan ekonomi masyarakat. Karena harganya yang mahal dan manfaatnya yang berlimpah.

Itulah 20 fakta ikan uceng yang wajib anda ketahui. Semoga semua fakta di atas bisa menambah wawasan kita kalau ikan uceng itu bukan hanya bisa dikonsumsi tapi bisa juga dijadikan ikan hias aquascape. Salam dari kami, penghobi binatang.

0 Komentar 20 Fakta Ikan Uceng: Ikan Eksotis Asli Indonesia yang Penuh Manfaat

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top