HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Makanan Ikan Hias yang Bagus Alami dan Buatan [Lengkap]

Makanan ikan hias- Dalam merawat binatang peliharaan, tentu tidak pernah lepas dari yang namanya makanan. Begitu juga dengan ikan hias. Dia membutuhkan makanan yang bagus dan bergizi agar bisa menopang pertumbuhannya. Di samping itu asupan makanan juga berpengaruh terhadap kesehatan dan pertumbuhannya.

Makanya apabila Anda sedang memelihara ikan hias di aquarium atau di tempat lain, Anda harus memberikan pakan terbaik untuknya agar kelangsungan hidupnya terjamin. Jangan sampai sembarangan dalam memberikan pakan, hal itu dapat menyebabkan si ikan sakit dan mati.

Sedangkan untuk jenis makanan ikan hias sendiri ada banyak sekali. Mungkin bisa mencapai ribuan atau bahkan puluhan ribu macam. Sehingga di sini kita harus jeli dalam memilihnya. Yaitu harus memilih pakan ikan yang sesuai dengan kebutuhannya dan juga sesuai dengan jenis ikan itu sendiri.

Loh, emang setiap jenis ikan berbeda juga jenis makanannya?

Jelas berbeda sob. Ikan hias itu ada banyak sekali jenisnya. Ada ikan hias yang habitatnya di air tawar dan ada pula yang di air laut. Untuk jenis-jenis hias sudah pernah kami bahasa di artikel ini, 15 Ikan Hias Cantik yang Mudah Dipelihara Pemula.

Sedangkan dari segi makanan, ikan hias air tawar maupun ikan hias air laut juga dibagi menjadi dua. Yaitu ikan hias Predator dan ikan hias biasa. Makanan ikan predator berbeda dengan ikan hias biasa. Ikan predator memakan sesama jenis ikan lainnya yang berukuran lebih kecil darinya. Atau bisa juga memakan katak, dan udang. Adapun ikan hias biasa hanya memakan pelet, tumbuhan atau kutu air.

Baca juga: 17 Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap

Lalu, apa saja makanan ikan hias yang bagus dan bergizi buatnya?

Nah di sini hobinatang.com akan memberi informasi terkait makanan apa saja yang cocok dan baik buat ikan hias. Baik air tawar maupun air laut. Daftar di bawah ini adalah makanan ikan yang selain pelet atau komersial. Jadi hanya yang alami dan buatan sendiri di rumah.

Makanan Ikan Hias Yang Bagus Lengkap


Makanan Ikan Hias Yang Bagus Alami dan Buatan

Makanan ikan yang bagus adalah makanan yang bisa menjadikannya sehat pertumbuhannya ideal dan membuat warna tubuhnya semakin indah. Berikut ini kami bagi beberapa kategori makanan ikan:

1. Makanan Ikan Hias Kecil yang Alami


Makanan Ikan Hias kecil Alami
cacing sutra

Yang pertama adalah makanan untuk ikan hias yang berukuran kecil seperti ikan cupang, guppy, molly, neon tetra atau yang lainnya.

  • Arthemia: merupakan jenis udang yang berukuran sangat kecil. Anda bisa memberikan pakan ini pada ikan hias yang masih anakan atau burayak. Takarannya sesuaikan dengan usia ikan dan ukuran mulutnya.
  • Jentik Nyamuk: jentik nyamuk sangat disukai ikan hias kecil seperti cupang. Karena mengandung banyak protein dan juga dapat menstimulasi ikan untuk melakukan reproduksi. Baca: Makanan Terbaik untuk Ikan Cupang
  • Kutu air: kutu air berkembang biak secara partenogenesis dan termasuk dari keluarga krustasea. Makanan ini sangat bagus untuk menambah tingkat kecerahan warna ikan hias kecil seperti guppy. Baca: Pakan Ikan Guppy Agar Cepat Besar
  • Cacing sutera: bentuknya yang panjang dan tipis serta warnanya yang merah membuat sebagian orang menyebutnya cacing darah. Kandungan protein dalam cacing sutra amat cocok buat mencerahkan warna anak ikan arwana, ikan guppy maupun cupang. Cacing sutera hidup di perairan yang terdapat tanah organiknya.

Daftar makanan di atas tergolong alami karena berasal dari alam rawa rawa atau dikembangbiakan sendiri pada kolam khusus. Untuk mendapatkannya kalian juga bisa membelinya langsung pada peternak cacing atau peternak kutu air.

2. Makanan Ikan Hias Buatan


Makanan Ikan Hias Buatan

Poin yang kedua adalah makanan ikan hias yang buatan sendiri atau buatan pabrik yang bisa dibeli di toko ikan. Sebenarnya membeli lebih simpel dibandingkan membuat sendiri. Karena Anda tidak perlu repot repot menyiapkan bahan-bahannya. Ada banyak macam makanan buatan yang bisa anda pilih sesuai budget yang anda miliki, seperti:

  • Granule: merupakan makanan yang berbentuk bulat dan sangat padat. Sehingga sangat cepat tenggelam saat di air. Granule cocok untuk ikan hias laut yang sukanya berenang di dasar air. 
  • Pelet: makanan favorit si ikan ini bertekstur padat namun tidak sepadat granule. Biasa diberikan untuk ikan hias yang sudah dewasa. Pelet sendiri ada dua macam, yaitu pelet apung dan pelet tenggelam. 
  • Flake: bentuk makanan berjenis flake ini berupa lembaran. Sehingga harus dihancurkan dahulu sebelum diberikan pada ikan. Walaupun saat dimasukkan ke air, flake akan mengecil sendirinya, namun tetap harus dihancurkan sedikit supaya lebih mudah ditelan. Pakan tersebut sifatnya mengapug jadi cocok untuk ikan hias yang suka berada di permukaan air.
  • Tablet: sama seperti namanya, pakan ikan hias jenis tablet bentuknya persis obat, bulat dan padat. Cocok untuk ikan hias dewasa dan suka bergerombol. Sehinga mereka akan memakan tablet tersebut secara bersamaan.

Untuk ikan kecil sebaiknya diberi pakan buatan yang berukuran kecil pula. Supaya sesuai dengan volume mulutnya. Dan sebaiknya jangan terlalu sering memberi makan makanan pabrik. Karena akan membuatnya bosan. Kombinasikan juga dengan makanan alami.

3. Makanan Ikan Hias Air Tawar Segar


Makanan Ikan Hias Air Tawar

Apabila anda sudah sering memberi pakan buatan dan alami pada ikan, maka sekali kali beri pakan yang segar agar si ikan tidak bosan. Apa aja pakan ikan hias yang segar?

  • Kacang polong: pakan tersebut khusus untuk ikan yang suka berada di dasar air. Manfaat kacang polong untuk meningkatkan stamina ikan hias. Kami sarankan kacang polong dicairkan terlebih dahulu untuk menghindari tersedak pada ikan.
  • Wortel: tidak hanya kutu air saja yang dapat mencerahkan warna tubuh ikan hias. Karena wortel juga mengandung beta karoten yang dapat mencerahkan warna ikan. Hanya saja tidak semua ikan dapat menelan wortel yang bertekstur keras. Jadi, harus dicairkan dahulu atau dipotong sekecil mungkin.
  • Jantung sapi: makanan khusus ikan hias predator ini sangat bagus untuk menambah stamina dan membantu pertumbuhan si ikan. Karena di dalamnya mengandung protein hewani yang cukup. Sebelum diberikan pada ikan, sebaiknya bersihkan dulu lemak yang menempel pada jantung sapi untuk menghindari kegemukan (obesitas) pada ikan.
  • Timun: bagi ikan yang kekurangan vitamin silakan diberi timun untuk menambah gizi dan energinya. Selain itu, timun juga dapat meningkatkan nafsu makan ikan hias. Sehingga sangat baik untuk pertumbuhannya.

Namun menurut pengalaman, beberapa ikan hias tidak menyukai makan makanan segar di atas. Dia lebih memilih memakan jentik nyamuk dan pelet dibandingkan timun, wortel atau kacang.

4. Makanan Ikan Hias Air Laut


Makanan Ikan Hias Air Laut

Untuk ikan hias air laut sendiri bisa diberi makanan buatan seperti yang kami sebutkan di atas. Yakni pakan buatan Granule. Karena sifatnya yang padat sehingga  cepat tenggelam ke dalam air.

Disamping itu makanan untuk ikan hias air laut umumnya diberi udang (basah/beku) yang sudah dicacah kecil kecil. Atau kupasan karang. Ukurannya potongan udang sebaiknya disesuaikan dengan mulutnya.

Tapi ingat setiap jenis ikan memiliki makanan pokok yang berbeda. Ada ikan berasal dari spesies botana (surgeon fishes/tangs). Dia biasa memakan tumbuh tumbuhan seperti rumput laut asam dan anggur laut hijau. Walau demikian, ikan mudah beradaptasi sehingga bisa menyantap udang rebon ataupun pellet.

Baca juga: 12 Makanan Ikan Arwana yang Bagus dan Menyehatkan

Itulah jenis makanan ikan hias yang bagus dan lengkap. Mulai dari ikan hias air tawar sampai ikan hias air laut. Kami sarankan jangan terlalu berlebihan memberi pakan ikan karena bisa terjadi pembusukan apabila pakannya ada yang sisa. Sedikit tapi terus menerus kita lebih baik dibandingkan banyak tapi malah menimbulkan bakteri.

0 Komentar Makanan Ikan Hias yang Bagus Alami dan Buatan [Lengkap]

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top