HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Mengetahui Umur Sugar Glider Disertai Ciri Ciri dan Gambarnya

Mengetahui umur sugar glider sangatlah penting, dengannya kita dapat memastikan kapan dia siap dikawinkan. Selain itu, dapat juga mencegah penipuan yang dilakukan oleh penjual. Karena terkadang ada penjual nakal yang mengaku sugar glidernya berusia 3 bulan padahal sebenarnya sudah berusia 5 atau 6 bulan.

Tentu saja hal itu sangat mempengaruhi proses penjinakan. Di usia dewasa sugar glider lebih susah dijinakkan dan memiliki gigitan yang lumayan sakit. Sedangkan yang masih bayi 2,5-3 bulan sangat mudah dilatih dan belum memiliki gigitan yang begitu sakit. Kecuali jika seseorang menjual sugar glider dewasa dalam keadaan sangat jinak atau bahkan sudah bonding sama semua orang, dia akan mudah beradaptasi pada owner barunya.

Oleh sebab itu untuk menghindari kasus-kasus yang serupa, kita perlu mengetahui umur sugar glider berdasarkan ciri-cirinya, dari mulai masa kawin, IP, OP, joey, dewasa dan tua.

Mengetahui Umur Sugar Glider Menurut Proses Pertumbuhannya


Berikut ini hobinatang.com sudah merangkum proses pertumbuhan sugar glider sesuai umurnya. Dilengkapi juga ciri-ciri dan gambarnya. Sehingga mempermudah kalian untuk memastikan usia sugar glider Anda yang baru dibeli.

1. Umur Sugar Glider Siap Kawin


Cara Mengetahui Umur Sugar Glider

Kami akan memulai dari usia SG yang sudah siap kawin. Karena semua kehidupan makhluk hidup berawal dari proses perkawinan, jika tidak ada perkawinan maka tidak akan ada kehidupan kecuali jika Tuhan menghendaki. hehe

Pada usia 6-18 bulan sugar glider betina sudah mengalami kematangan seksual, sehingga dia sudah siap dikawinkan. Namun idealnya yang bagus apabila betina sudah mencapai 8-12 bulan. Sedangkan untuk sugar glider jantan bisa dikawinkan jika sudah mencapai 4-12 bulan.

Disarankan jangan mengawinkan sugar glider betina yang masih terlalu muda, karena emosionalnya belum stabil, akibatnya ia akan meriject (menolak) menjaga bayinya. Itulah mengapa ada kasus bayi sugar glider dikeluarkan dari kantung ibunya.

Ciri-ciri sugar glider jantan siap kawin bisa anda lihat pada dahinya, saat umurnya sudah matang biasanya mengalami kebotakan dan mengeluarkan kelenjar bau, selain itu saat ingin kawin biasanya SG jantan akan menjilati kemaluannya. Adapun untuk betina umumnya kantongnya berwarna pink. Jadi kalau SG betina anda kantungnya sudah berwarna pink, tandanya siap kawin. Meskipun masih berusia 5 bulan atau 6 bulan. Tapi warna pink kadang tidak muncul.

2. Masa Masa Sugar Glider Hamil dan IP (In Pouch)


Cara Mengetahui Umur Sugar Glider

Setelah melakukan perkawinan, sugar glider betina akan hamil dan selang satu pekan/minggu biasanya SG betina akan melahirkan anak yang kecil di dalam kantong atau istilah ini biasa disebut IP (In Pouch = di dalam kantung). Sekali lahir sugar glider bisa melahirkan 1-4 ekor anak.

Untuk mengetahui ciri-ciri hamil nyaris tidak mungkin karena anaknya sangat kecil, tapi jika ingin mengetahui ciri-ciri sugar glider yang IP anda bisa meraba kantongnya apakah ada benjolan atau tidak. Lebih lengkapnya baca: Tanda Tanda Sugar Glider Sedang IP

3. Umur Sugar Glider OOP (Out Of Pouch)


Cara Mengetahui Umur Sugar Glider

Ketahuilah bahwa setelah sugar glider melahirkan, anaknya akan disimpan di dalam kantong selama 2 bulan. Di dalam kantong si anak sudah mendapat nutrisi dari induknya berupa susu, jadi anda tidak perlu memberikan bayi SG makan. Tapi berikan induk sugar glider asupan makanan dan nutrisi yang cukup, agar berdampak baik buat bayinya.

Nah setelah 2 bulan, bayi sugar glider akan keluar dari kantongnya. Istilah ini disebut OOP (Out of Pouch = keluar dari kantong). Apabila bayi sugar glider sudah OOP, biasanya mereka mulai belajar makan dan minum secara mandiri.

4. Umur Sugar Glider Joey 2-3 Bulan


Cara Mengetahui Umur Sugar Glider
Sugar glider umur 2 bulan

Cara Mengetahui Umur Sugar Glider
Sugar glider umur 3 bulan

Cara Mengetahui Umur Sugar Glider
3 bulan

Di usia inilah waktu yang paling tepat memelihara sugar glider. Saat sugar glider sudah mencapai umur 2 bulan atau 3 bulan (joey), kalian boleh menjualnya pada konsumen. Malah lebih mudah dijinakkan dan dilatih, sebab mereka belum mengalami banyak kejadian dalam kehidupan. Seperti gelas kosong yang diisi air putih, bisa langsung diminum. Dibandingkan gelas berisi air keruh lalu kita tuangkan air putih agar yang keruh hilang (paham ora bos?) wkkw.

Ketika orang orang menjual sugar glider usia 2 bulan dan 3 bulan, umumnya mereka menyebutnya sebagai sugar glider joey. Jadi jangan bingung dengan kalimat "joey". Joey sendiri memiliki makna (anakan/bayi).

Untuk ciri-cirinya silakan kalian lihat sendiri di gambar, umur 2 bulan terlihat masih kecil bahkan kalau habis keluar kantung dia masih merem wkkw kaya gambar di atas. Tapi jika sudah 3 bulan mulai nampak besar.

Baca juga: Inilah Perbedaan Sugar Glider Joey dan Dewasa

5. Sugar Glider Usia Dewasa (4 Bulan, 5 Bulan, 6 Bulan, 7 Bulan, 8 Bulan UP)


Cara Mengetahui Umur Sugar Glider
Sugar glider 4 bulan

Cara Mengetahui Umur Sugar Glider
Umur 5 bulan

Cara Mengetahui Umur Sugar Glider
Sugar glider 6 bulan

Setelah melewati usia 3 bulan dari masa kelahiran, mereka mulai disebut sebagai sugar glider dewasa. Karakternya mulai liar dan mengenal banyak hal, jadi apabila kalian membeli yang sudah dewasa dan dia belum jinak, maka akan susah dilatih (tapi bisa, hanya saja prosesnya lebih lama).

Tanda-tanda sugar glider yang sudah dewasa, biasanya mulai terjadi kebotakan pada dahinya dan mulai tercium bau kelenjar. Tanda-tanda tersebut berlaku untuk sugar glider jantan, karena di usia dewasa seksualnya mulai matang dan siap dikawinkan.

Terhitung usia dewasa manakala sugar glider sudah berumur 4 bulan ke atas. Bahkan hingga tahunan, 1 tahun, 2 tahun atau 3 tahun. Lebih detailnya silakan kalian lihat gambar di atas yang sudah kami urutkan sesuai usia SG.

Kalau yang sudah tua gimana? SG yang sudah tua manakala sudah beruban dan bungkuk. (wkkw kiddding). Baik tua maupun dewasa menjadi satu istilah Broo.

Simak juga Om: 7 Resiko Memelihara Sugar Glider, No 6 Paling Berat

Demikianlah keterangan dari kami tentang tahapan pertumbuhan sugar glider menurut umur disertai ciri-ciri dan gambarnya. Semoga dapat membantu teman-teman yang ingin membeli sugar glider, supaya tidak tertipu oleh seller seller nakal hehe.

0 Komentar Cara Mengetahui Umur Sugar Glider Disertai Ciri Ciri dan Gambarnya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top