HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Ikan Otocinclus Algae Eater Andalan Aquascaper

Seorang aquascaper tentu tidak asing dengan yang namanya alga. Alga adalah pengganggu bagi tanaman dan bisa mempengaruhi kesehatan ekosistem yang ada di dalam aquascape, untuk itu dibutuhkan ikan ikan pembersih yang ampuh memakan alga alga jahat, atau orang orang menyebutnya sebagai Algae Eater. Akan tetapi hobinatang.com di sini bukan untuk membahas jenis ikan pembersih, sebab kami sendiri sudah pernah menulisnya di artikel, 12 jenis ikan Algae eater Aquascape.

Jadi untuk kesempatan kali ini saya akan mengulas salah satu jenis ikan pemakan alga, yaitu ikan Otto atau sering disebut Otocinclus.
Baiklah berikut hobinatang akan mengulas semuanya tentang ikan otocinclus, dari ciri cirinya hingga cara merawatnya.

Ikan Otocinclus Algae Eater Aquascape


Ikan Otocinclus Algae Eater Aquascape

Profil Ikan Otocinclus Keterangan
Kingdom AnimaliaPhylum:Chordata
Class Actinopterygii
Order Siluriformes
Family Loricariidae
Genus Macrotocinclus
Species M. affinis
Asal Brasil
Ukuran 3-5 cm
Suhu 22-28 derajat celcius

Ikan otocinclus cukup terkenal di kalangan pecinta ikan hias dan juga aquascaper. Biasanya mereka memanfaatkan ikan tersebut sebagai pembersih akuarium mereka dari alga yang ada. Ketika di dalam akuarium, ikan otocinclus lebih suka berenang secara vertikal dengan cara menempel atau menggantung pada hardscape seperti kayu, batu atau di kaca akuarium.

Sifat yang dimiliki ikan otocinclus adalah pemalu. Jika dia dipelihara sendirian maka ia akan lebih sering sembunyi di balik tanaman air. Maka dari itu kami sarankan agar memeliharanya secara berkelompok sekitar 5-6 ekor dalam satu akuarium supaya mereka mau berenang ke permukaan air alias tidak selalu sembunyi.

Ikan dengan nama latin Otocinclus Vestitus ini bisa hidup dengan ikan hias lainnya, mereka mampu beradaptasi dengan ikan beda jenis seperti guppy dan tetra. Akan tetapi ada satu jenis ikan hias yang jangan dicampur dengan ikan otocinclus, yakni ikan chiclid. Karena ikan chiclid bersifat predator yang nantinya akan menyerang habis ikan otocinclus.

Di habitat aslinya, ikan otocinclus biasa hidup di air sungai yang mengalir yang terdapat beberapa tanaman air di dalamnya. Sehingga anda harus menyediakan akuarium yang sesuai dengan habitat aslinya, yakni aerasi yang memadai dan filter yang baik serta tanaman air dengan substrat yang lembut dan nyaman.

Adapun soal makanan, ikan otocinclus tidak hanya bergantung pada algae saja. Sobat juga semestinya memberikan pakan lain seperti sayuran dan serpihan kecil. Ikan otocinclus termasuk herbivora yang memakan tanaman. Namun sobat jangan khawatir, karena mereka tidak akan memakan tanaman air yang berukuran besar.

Dalam proses pemijahan, sangat mirip dengan ikan Corydoras. Yakni telur telur mereka akan menempel di permukaan tanaman atau substrat datar, kemudian akan menetas dengan sendirinya. Untuk pakan bayi ikan yang baru saja lahir anda bisa memberinya makanan lembut seperti jentik nyamuk dan sebagainya.

Demikianlah ulasan kami tentang ikan otocinclus yang sangat terkenal dan menjadi andalan para aquascaper sebagai pembasmi alga atau algae eater. Semoga bermanfaat silakan share sebanyak banyaknya supaya yang lain juga tahu. Sekian, terimakasih.

0 Komentar Ikan Otocinclus Algae Eater Andalan Aquascaper

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top