HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

13 Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Paling Akurat Dilengkapi Gambarnya

Perbedaan lovebird jantan dan betina- lovebird memang burung yang sangat diminati banyak orang. Keberadaannya sudah cukup terkenal. Dinamakan lovebird alias burung cinta karena burung jenis tersebut cukup unik.

perbedaan lovebird jantan dan betina

Mereka selalu hidup berpasangan dan setia hanya dengan satu pasangan saja. Tidak seperti burung pada umumnya. Namun sayangnya, banyak pemula yang ingin memelihara lovebird sering mengalami kesulitan dalam membedakan jantan dan betina.

Oleh sebab itu hobinatang.com di sini akan membahas terkait perbedaan lovebird jantan dan betina. Ada banyak sekali cara yang anda tempuh untuk membedakan jenis kelamin lovebird.

Sebelumnya kami katakan terlebih dahulu, mengetahui jenis kelamin lovebird bisa dibilang penting. Karena tidak mungkin kan kalau anda memasangkan lovebird jantan dengan jantan juga? hehe

Jika dilihat sekilas mereka memang sangat mirip sekali dan hampir tidak bisa dibedakan mana yang jantan dan mana betina. Baca juga: jenis lovebird paling bagus

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina


Kami menghadirkan kurang lebih 13 perbedaan lovebird jantan dan betina. Sebenarnya cukup dengan satu cara saja sudah bisa, namun agar anda lebih yakin lagi bisa coba semua cara di bawah ini.

1. Bentuk Paruh

perbedaan lovebird jantan dan betina

Perbedaan yang paling menonjol bisa dilihat dari bentuk paruh burung. Apabila paruhnya lancip, runcing, terasa kering, mancung dan kecil maka itu lovebird jantan. Namun apabila bentuk paruhnya lebar, besar, agak basah dan tumpul maka ia lovebird betina.

2.  Bentuk Fisik

perbedaan lovebird jantan dan betina paling akurat

Bentuk fisik lovebird jantan cenderung lebih kecil sehingga jika diangkat badannya terasa ringan dan tak berisi. Dan bentuk fisik betina lebih besar sehingga saat diangkat badan terasa berat dan berbobot. Selain itu kepala lovebird jantan bentuknya rata sedangka betina sedikit lebih cekung.

3. Bentuk Ekor Lovebird

perbedaan lovebird jantan dan betina paling akurat

Perbedaan yang ketiga bisa dilihat dari bentuk ekornya. Ekor lovebird jantan bagian ujungnya lancip mirip seperti huruf  V, sedangkan ekor lovebird betina bagian ujung rata, sehingga terkesan lebar dan besar.

4. Cara Bertengger Lovebird


Berbeda dengan manusia, jika orang perempuan sedang duduk mereka cenderung merapatkan kakinya, dan orang laki laki cenderung melebarkan kakinya. Namun lovebird jantan saat bertengger lebih suka merapatkan kakinya, sehingga jarak antara kedua kakinya sangat dekat. Sedangkan lovebird betina lebih suka melebarkan kakinya.

5. Tulang Pubis Lovebird


Apabila tulang pubis lovebird jantan diraba maka terasa keras dan jaraknya dekat atau sempit. Kira kira kurang dari jari tangan manusia. Sedangkan tulang pubis lovebird betina saat diraba akan terasa lembek dan jaraknya lebar, kira kira lebih dari jari tangan manusia.

6. Bentuk Sayap Lovebird

perbedaan lovebird jantan dan betina paling akurat

Sayap burung lovebird betina saat sedang diam bentuknya sejajar atau rata, sebaliknya jika lovebird jantan sedang diam maka sayapnya membentuk silang.

7. Birahi Lovebird


Lovebird jantan atau betina sama sama mempunyai keinginan untuk kawin. Namun cara mengungkapkan di antara keduanya sangat berbeda. Jika jantan ingin kawin atau birahi maka sikapnya terlihat sangat aktif, ia suka manggut manggut, mengeluarkan suara, meloloh betina, menggesek gesek angkringannya, bahkan naik ke atas lovebird betina.

Adapun lovebird betina saat birahi, sikapnya pasif, ia hanya merunduk dan mengepakkan sayapnya lebar lebar pertanda siap kawin. Terkadang ia juga menggigit benda benda kecil yang ada di sekitarnya.

8. Anus atau Kloaka Lovebird


Anus pada lovebird jantan terlihat kecil, agak panjang dan terlihat menonjol sekilas. Adapun anus atau kloaka milik lovebird betina cenderung lebar dan rata.

9. Lingkar Klep Kacamata Lovebird


Lingkar klep bagian mata memang agak sulit untuk dibedakan. Namun bila anda sangat teliti maka akan terlihat jelas bahwa klep kacamata lovebird jantan bentuknya lonjong sedangkan klep lingkar kacamata lovebird betina bulat.

10. Lubang Hidung Lovebird


Selain cara di atas, anda juga bisa memastikan jenis kelamin lovebird dengan cara meniup lubang hidungnya. Apabila saat ditiup lubang hidung membuka dengan bentuk lonjong maka dia lovebird jantan. Dan sebaliknya jika bentuknya melebar sedikit lebih bulat maka ia lovebird betina.

11. Cara Lovebird Membuat Sarang


Perbedaan yang bisa anda lihat adalah dari segi cara mereka membuat sarang. Coba anda perhatikan dengan seksama, bahwa lovebird betina jauh lebih aktif dalam membuat sarang dibandingkan lovebird jantan. Contohnya, sepasang lovebird akan membuat sarang, maka yang jantan hanya memberikan serpihan kayu pada si betina. Sedangkan si betina yang mengambil, mengumpulkan kayu tersebut serta membuat sarangnya.

12. Gerakan Cincin Emas


Cara lain yang bisa digunakan untuk membedakan lovebird jantan dan betina adalah dengan menggunakan gerakan cincin emas. Memang cara ini cukup aneh tapi sangat nyata sekali kemudahannya.

Pertama, anda siapkan dulu cincin emasnya lalu ikat dengan benang. Pegang tubuh burung lovebird, pastikan tidak memegang kepalanya. Lalu gerakkan benang cincin tersebut di atas kepala lovebird dengan jarak 3-5 cm.

Apabila gerakan cincin itu lurus dengab arah maju mundur maka berarti jantan. Sebaliknya kalau gerakan cincin tersebut memutar berarti lovebird betina.

13. Bentuk Kepala Lovebird

perbedaan lovebird jantan dan betina paling akurat

Bentuk kepala lovebird jantan bagian atas merata seperti kotak. Sedangkan kepala betina bagian atas cenderung membulat alias melengkung. Perbedaan ini bisa dilihat bila kita sudah lama melihat lovebird.

Demikianlah 13 cara membedakan lovebird jantan dan betina yang bisa anda tempuh untuk mengetahui jenis lovebird yang akurat dan tepat. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dari kami terimakasih. Baca: makanan lovebird terbaik

0 Komentar 13 Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Paling Akurat Dilengkapi Gambarnya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top