HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

12 Hewan Peliharaan Anak Kost yang Lucu dan Murah Meriah

Setiap orang yang tinggal di dalam kontrakan atau kos-kosan pasti membutuhkan hiburan, apalagi jika mereka hidup hanya seorang diri tanpa ditemani oleh siapapun. Ada banyak jenis hiburan yang dapat Anda lakukan sendiri di kost, mulai dari bermain game, chattingan di media sosial, menonton tv atau memelihara hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan.

Saya pribadi lebih senang memelihara hewan lucu di dalam kost daripada bermain game, karena manfaatnya lebih banyak dan tidak mendatangkan efek negatif bagi kesehatan. Diantara manfaat memiliki hewan peliharaan adalah:

  • Bisa menghilangkan kejenuhan dan kebosanan bagi anak kost.
  • Bisa menjadi teman setia saat sendirian.
  • Menghilangkan kepenataan pada pikiran dan mengurangi rasa stress.
  • Bisa diajak bermain dan menghibur kita di dalam kos.
  • Pikiran yang selalu senang membuat tubuh selalu sehat.

Dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang akan didapat jika memelihara hewan lucu di kost. Lantas, hewan apa saja yang cocok untuk anak kost dan harganya murah?

Hewan Peliharaan Anak Kost yang Lucu dan Murah


Di bawah ini hobinatang akan memberikan daftar hewan peliharaan yang sesuai dengan kriteria anak kost, yaitu lucu, murah dan mudah dipelihara.

1. Kucing Hewan Peliharaan Anak Kost


kucing hewan peliharaan anak kost yang lucu dan murah

Kucing menempati urutan teratas dari daftar kami, hewan peliharaan yang satu ini sudah sangat familiar di masyarakat. Ia terkenal sebagai hewan penurut, lucu, mudah dilatih dan menggemaskan, sehingga sangat cocok dijadikan teman setia bagi anak kost.

Simak juga: Manfaat Memelihara Kucing Menurut Agama Islam

Dari segi finansial, kucing bisa didapat secara gratis dengan meminta teman, saudara atau tetangga yang memiliki kucing banyak. Namun jika ingin memelihara kucing ras seperti persia, setidaknya Anda harus memiliki tabungan sekitar Rp.500.000 hingga Rp1.000.000. Terkait informasi perawatan kucing ras atau kucing kampung, bisa anda buka pada lebel kucing yang ada di situs ini.

2. Hamster


hamster hewan peliharaan lucu untuk anak kos t

Apakah anda ingin memiliki hewan peliharaan yang mungil, lucu dan menggemaskan di rumah kost anda? Kami sarankan untuk memelihara hamster, sebab hamster adalah hewan pengerat yang sangat lucu dan mungil. Gerak geriknya bisa membuat kita tertawa gemes. Kalau sudah di dalam kandang dia sangat aktif dan mudah diajak bermain.

Kendati demikian kalian harus bisa merawat hamster dengan baik agar tetap sehat, bersih dan tidak bau. Sampai saat ini, hamster masih dijual dengan harga yang sangat murah meriah, cukup menabung uang Rp 25.000 kalian sudah bisa membeli hamster di toko hewan terdekat. Tapi usahakan jangan hanya membeli satu hamster, belilah minimal sepasang atau dua pasang.

3. Ikan Aquascape atau Ikan Akuarium Kecil


hewan peliharaan lucu untuk anak kost

Melihat ikan berenang di dalam akuarium bisa menghilangkan rasa stres akibat penatnya aktivitas di luar, ada banyak sekali jenis ikan hias yang ada di dunia ini. Mulai dari ikan hias air tawar, ikan hias predator sampai ikan hias air laut.

Untuk ukuran anak kost sebaiknya memelihara ikan hias kecil-kecil saja, jangan pelihara ikan arwana karena mahal dan susah perawatannya. Syukur-syukur kalian bisa membuat aquascape yang indah. Ikan untuk akuarium kecil biasanya lebih murah dan mudah dirawat, yang penting siapkan wadah, aerator dan filter.

4. Kura Kura untuk Anak Kost


jenis hewan peliharaan lucu untuk anak kos

Dibandingkan ikan hias, kura-kura lebih mudah dipelihara oleh pemula sekalipun, namun harganya juga lebih mahal dibanding ikan hias kecil. Untuk kura-kura brazil harganya bisa mencapai Rp 25.000 hingga Rp 50.000, sedangkan untuk kura-kura darat bisa lebih mahal lagi. Tapi hewan ini sangat cocok dirawat oleh anak anak mahasiswa yang tinggal di kost.

5. Sugar Glider


Hewan Peliharaan Anak Kost yang Lucu dan Murah Meriah

Inilah hewan peliharaan saat waktu di kost-kostan. Harga sugar glider tergolong sedikit mahal yaitu Rp 250.000-300.000, namun bagi kami harga tersebut sebanding dengan kelebihan yang dimiliki sugar glider.

Hewan kecil ini sangat lucu dan menggemaskan, dia sangat pintar dan mudah sekali dijinakkan. Jika sudah sangat jinak, sugar glider akan mendekati pemilikinya jika dipanggil dan bisa mengikuti kita kemana saja (bonding). Ada juga sugar glider yang dijual hingga jutaan rupiah, yaitu sugar glider jenis Mosaik dan jenis leucistic.

Baca juga: Jenis Jenis Sugar Glider di Indonesia dan Harganya

6. Landak Mini


Hewan Peliharaan Anak Kost yang Lucu dan Murah Meriah

Perawatan dan kelebihan landak mini hampir mirip dengan hamster, karakternya sangat lucu dan mudah dirawat. Untuk memeliharanya pun tidak membutuhkan tempat yang luas, perawatannya tidak semahal perawatan kucing persia. Jadi sangat cocok dijadikan teman bermain di kost.

7. Tupai


Hewan Peliharaan Anak Kost yang Lucu dan Murah Meriah

Tupai adalah alternatif jika tidak bisa membeli sugar glider, hewan ini juga lumayan lucu namun harganya lebih murah dibandingkan sugar glider. Di grup-grup para hobis menjual tupai anakan mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 150.000  (tergantung jenisnya). Jika tertarik dengan tupai, silahkan baca-baca informasi terkait binatang ini di label tupai.

8. Anjing


Hewan Peliharaan Anak Kost yang Lucu dan Murah Meriah

Sebenarnya saya sendiri belum pernah memelihara anjing, karena keyakinan saya melarangnya. Kendati demikian hewan ini sangat lucu dan saya pribadi tetap menghormati siapapun yang akan memelihara hewan ini, dengan catatan lingkungan mendukung dan tidak menimbulkan kegaduhan. Sebab di masyarakat kita memelihara anjing di kost sangat sensitif, apalagi kalau tetangga kita seorang muslim. Maka pikirkan yang matang jika ingin memelihara hewan ini di dalam kost.

9. Kelinci


Hewan Peliharaan Anak Kost yang Lucu dan Murah Meriah

Kelinci adalah hewan unik dan super lucu, namun hewan ini kurang bagus jika dipelihara di dalam rumah, sebab kotorannya banyak dan menimbulkan bau yang kurang enak. Sebaiknya dipelihara di depan kost atau dibelakang kost. Kalau untuk hobi, cukup pelihara sepasang saja.

10. Ikan Cupang


Hewan Peliharaan Anak Kost yang Lucu dan Murah Meriah

Hewan Peliharaan Anak Kost yang Lucu dan Murah Meriah

Di antara semua jenis ikan, ikan cupang merupakan ikan yang sangat cocok dipelihara oleh mahasiswa khususnya yang memiliki kantong terbatas. Sebab ikan ini sangat kuat dan bisa hidup meskipun di ruangan yang sangat sempit, jadi kalian tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli aquarium. Selain itu harganya juga murah, siapkan saja uang 10 ribu dan pergi ke toko ikan.

11. Musang


Hewan Peliharaan Anak Kost yang Lucu dan Murah Meriah

Musang juga menjadi hewan peliharaan saya di kontrakan. Dahulu di masyarakat musang dianggap sebagai hama bagi petani, namun saat ini musang menjadi hewan peliharaan yang penurut. Jika dipelihara sejak kecil, musang sangat mudah dijinakkan dan dilatih, bahkan bisa diajak lomba lari. Wajahnya memang tidak selucu sugar glider, tapi karakternya tetap lucu koq.

12. Burung Kicau


Hewan Peliharaan Anak Kost yang Lucu dan Murah Meriah

Inilah daftar terakhir hewan peliharaan yang cocok untuk anak kost. Burung memiliki keunggulan dari sisi kicauan dan warna bulu, jika diletakkan di depan kost bisa menambah kedamaian hati kita. Setiap pagi kita bisa mendengar burung berkicau sambil memegang dan menggaruk-garuk burung kita sesungguhnya. Duh nikmatnyaaa...

Simak juga: 22 jenis burung kicau lengkap beserta gambarnya

Demikianlah informasi yang dapat kami sajikan untuk anda, semoga tulisan ini dapat dijadikan referensi sebelum anda memelihara hewan peliharaan di dalam kost atau kontrakan. Sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya. Dilarang copypaste tanpa menyertakan sumbernya, by: Muttaqin si Anak Kost yang Jomblo

0 Komentar 12 Hewan Peliharaan Anak Kost yang Lucu dan Murah Meriah

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top