HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Manfaat Memelihara Kucing Menurut Agama Islam

Manfaat memelihara kucing- berbicara tentang hewan yang satu ini memang tidak ada habisnya. Kucing adalah hewan nomor satu yang paling banyak dipelihara oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia. Keberadaannya sering muncul hampir ditemui di mana-mana. Tingkah lakunya yang lucu dan mimik wajah yang menggemaskan, membuat orang tidak ragu untuk merawatnya di rumah.

Di samping itu banyak juga yang bertanya mengenai manfaat memelihara kucing menurut Islam. Karena mungkin sebagian mereka khawatir jika apa yang selama ini ia lakukan (yakni, memelihara kucing) tidak ada manfaatnya dalam Islam.

Perlu sobat ketahui bahwa memiliki binatang peliharaan seperti kucing merupakan keistimewaan tersendiri bagi kehidupan manusia. Karena dikatakan dalam hadis nabi jika kucing adalah salah satu binatang kesayangan sahabat nabi yang mulia, yaitu Abu Hurairah.

Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, saat itu aku telah ditanya oleh seorang sahabatnya, "Mengapa engkau disebut Abu Hurairah?"

Abu Hurairah menjawab, "Aku dahulu bekerja menggembalakan kambing keluargaku dan di sisiku ada seekor kucing kecil (dalam bahasa Arab disebut "Hurairah").

Lalu ketika malam tiba aku menaruhnya pada sebatang pohon, jika hari telah siang aku pergi ke pohon itu dan aku bermain-main dengannya (kucing kecil), maka aku diberi nama kunyah Abu Hurairah (artinya, bapaknya si kucing kecil)." [Jaami' At-Tirmidziy no. 3805]

Adapun pendapat orang mengenai kucing peliharaan nabi, sampai sekarang belum ditemukan hadits shahih tentang hal itu. Namun yang jelas kucing memiliki keistimewaan sendiri dalam Islam.

Apa saja manfaat memelihara kucing?

Manfaat Memelihara Kucing Menurut Islam


Manfaat Memelihara Kucing Menurut Agama Islam

Di bawah ini kami akan menuliskan beberapa poin tentang keuntungan memelihara kucing dalam agama Islam dan hukumnya. Supaya pencinta kucing Indonesia bisa lebih semangat lagi untuk merawat kucing kesayangannya dengan baik.

Baca juga: 15 Jenis Kucing Ras Paling Lucu Beserta Harga Terbaru 2018

1. Tidak Ada Larangan Memelihara Kucing


Manfaat Memelihara Kucing Menurut Agama Islam

Inilah yang paling utama, nabi sekalipun tidak pernah melarang umatnya untuk memelihara kucing. Jadi hukum memelihara kucing sangat diperbolehkan dalam Islam. Hal ini berbeda dengan hewan anjing.

Meski ada sebagian jenis anjing yang berwajah lucu dan menggemaskan, tapi tetap saja nabi melarang keras umatnya memelihara hewan itu. Maka sebagai umat muslim, harus patuh dan taat dengan apa yang disampaikan nabi.

2. Kucing Hewan yang Suci


Manfaat Memelihara Kucing

Keuntungan kedua dalam memelihara kucing adalah status kesuciannya. Inilah yang menyebabkan kucing boleh dipelihara dan anjing tidak boleh dipelihara. Sudah banyak medis yang membuktikan jika dalam air liur anjing terdapat banyak bakteri penyakit berbahaya, sedangkan pada kucing justru terdapat manfaat bagi tubuh manusia. (akan kami bahas pada poin berikutnya)

Dalam hadits sendiri, sangat jelas dikatakan kalau kucing suci namun haram untuk dimakan. Diriwayatkan oleh Abu Qotadah, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّهَا لَيْسَتْ بِنَجَسٍ إِنَّهَا مِنَ الطَّوَّافِينَ عَلَيْكُمْ وَالطَّوَّافَاتِ

"Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita." (HR. At Tirmidzi. Syaikh Al Albani dalam Irwa'ul Gholil no. 173 berkat kalau hadits ini shohih/benar)

Jadi teman teman tidak perlu khawatir bila suatu saat terkena air liur atau bulunya. Karena statusnya suci. Bahkan apabila ada air yang habis dipakai minum kucing, air tersebut masih suci dan boleh untuk wudhu. Adapun kotorannya, jelas haram.

3. Kucing Hewan yang Bersih


Manfaat Memelihara Kucing dalam Islam

Agama Islam sangat menyukai sesuatu yang bersih. Sama halnya yang terjadi pada kucing. Menurut hasil penelitian kedokteran dan percobaan yang dilakukan di laboratorium hewan, ditemukan bahwa hewan kucing lebih bersih dibandingkan manusia.

Dokter George Maqsud pimpinan laboratorium di rumah sakit hewan Batarah, mengatakan, "Pada lidah kucing yang kasar, hampir tidak terdapat kuman maupun bakteri. Dengan lidah tersebutlah si kucing melakukan self grooming (membersihkan diri sendiri dengan menjilati tubuhnya).

Baca juga: Cara Merawat Kucing Kampung agar Sehat dan Bersih

Selain itu sudah banyak para dokter yang mengatakan jika kucing memiliki perangkat pembersih yang paling bagus. Dia sangat menjaga kebersihannya dari hal-hal yang lembab. makanya kucing tidak menyukai air karena air merupakan tempat yang sangat disukai bakteri.

Kucing selalu menghindari genangan-genangan air kotor. Tidak seperti anjing, Dr. Gen Gustafsir menegaskan kalau kuman yang paling banyak terdapat pada anjing.

4. Mengusir Tikus Dari Rumah


Manfaat Memelihara Kucing

Kucing juga mampu mengusir hama menyebalkan yang bernama tikus. Apabila di rumah ada kucing biasanya tikus tidak betah tinggal di rumah tersebut. Namun sobat juga harus mengawasi agar kucing tidak makan tikus. Meskipun itu hanyalah kucing kampung.

Sebab menurut penelitian ternyata tikus sangat tidak baik bagi si kucing itu sendiri. Seperti yang sudah pernah kami tulis di artikel, Bahaya dan Penyebab Kucing Makan Tikus

5. Kucing Hewan yang Menyenangkan


Manfaat Memelihara Kucing Menurut Agama Islam

Bentuk dan karakternya yang lucu bisa menyenangkan pemiliknya. Sehingga binatang yang setia ini bisa membuat keluarga lebih harmonis. Misalnya di rumah kamu ada kucing, di sana ada anak dan istri kamu yang sangat senang bermain dengan kucing. Setiap kamu pulang kerja, kamu bisa bersenang-senang bermain kucing bersama anak dan istri.

Yuk tonton juga video kucing yang sangat lucu bikin ngakak di bawah ini hehe. Dilike juga ya Onthy


Baca juga: Cara Mudah Membuat Kucing Senang dan Bahagia

Itulah manfaat memelihara kucing yang terakhir dalam pandangan Islam. Karena momen keharmonisan merupakan momen yang paling disukai oleh Islam. Sebagaimana prinsip yang kita kenal, sakinah mawadah warohmah.

Demikianlah pembahasan kami mengenai apa saja manfaat memiliki kucing peliharaan di rumah. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan teman-teman. Jangan malas untuk merawatnya ya Onty..

2 Komentar Manfaat Memelihara Kucing Menurut Agama Islam

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top