HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Mengenal Hamster Roborovski Beserta Ciri Ciri Perawatan dan Videonya

Halo teman-teman di hari libur kali ini hobinatang.com akan mengulas salah satu jenis hamster yang sangat istimewa, yaitu hamster roborovski. Di Indonesia sendiri hamster roborovski memiliki banyak penggemar, ia dikenal sebagai hamster kecil yang sangat lincah dan gesit, sehingga membuat kita kesulitan untuk memegangnya.

Namun bukan hanya itu saja, masih banyak fakta-fakta menarik lainnya tentang spesies roborovski yang bisa kalian simak di artikel ini.

Hamster Roborovski


Berbeda dengan lainnya, di situs ini mimin akan mengluasnya secara lengkap tentang hamster roborovski. Mulai dari klasifikasi, ciri-ciri, sejarah, perawatan hingga dilengkapi gambar dan videonya. So, pastikan kalian baca sampai selesai, jangan ada yang diloncati. :)

1. Habitat dan klasifikasi ilmiah hamster roborovski


Mengenal Hamster Roborovski

Sebenarnya spesies satu ini juga memiliki nama latin, yaitu Cricetinae Phodopus Roborovski, hanya saja di kalangan hobis ia lebih dikenal dengan roborovski. Sedangkan di negara inggris ia juga disebut Desert hamster.

  • Nama populer: Hamters roborovski
  • Nama lain di Inggris: Desert Hamster
  • Nama Latin: Cricetinae Phodopus roborovski
  • Genus: Phodopus.
  • Family: Cricetidae.

Berdasarkan sejarah, habitat asli hamster roborovski adalah Gurun Gobi dan padang pasir kering yang berada di bagian belahan China Utara dan Mongolia.

Roborovski sangat pintar dalam bertahan hidup, meski kondisi langka air, ia masih bisa meminimalkan penggunaan air dengan mengolah cairan uring sekental-kentalnya sehingga mampu mengirit air. Selain itu meski suhu gurun sangat dingin dan panas, roborovski masih bisa bertahan hidup dan menyesuaikan dengan ekosistemnya.

2. Ciri ciri dan karakter hamster roborovski


Mengenal Hamster Roborovski

Sebagaimana yang sudah kami singgung diatas, hamster roborovski memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil dan ramping, dibarengi dengan kaki yang  agak panjang sehingga membuat gerakannya begitu lincah dan gesit. Di usia dewasa saja hamster roborovski hanya berukuran sekitar 5-6 cm dengan panjang ekor hanya 1 cm.

Di seluruh tubuhnya didominasi dengan warna coklat kekuningan sampai coklat kemerahan. Namun ada juga warna selingan lainnya seperti abu-abu di bagian tengah kepala, dan putih di bagian perut kaki dan telinga dalam. Silakan bisa kalian lihat gambar di atas.

Dari segi karakter selain gerakannya yang cepat, hamster roborovski juga memiliki kebiasaan berkoloni atau hidup berkelompok dengan teman-temannya, dia suka bersembunyi dan aktif. Berdasarkan usia hewan peliharaan satu ini bisa hidup hingga 2-3 tahun.

3. Jenis hamster roborovski


Mengenal Hamster Roborovski

Mengenal Hamster Roborovski

Secara umum hamster roborovski dikenal memiliki 2 jenis yang dibagi berdasarkan varian warna, yaitu white face (bermuka putih) dan brown face (bermuka coklat). Brown face sendiri marupakan warna normalnya/agouti.

Akan tetapi terakhir kali pada tahun 2011, telah ditemukan 7 varian warna roborovski. Yaitu mencakup roborovski white face, roborovski agouti (brown face), roborovski husky, platinum, white, red eyed dan mottled. yang banyak ditemukan di Indonesia adalah white face, brown faced dan husky.

Roborovski white face memiliki ciri-ciri muka putih namun di bagian punggung terdapat warna coklat, sedangkan brown face memiliki warna coklat di kepalanya. Untuk melihat detail  jenis white face dan brown face bisa anda cermati pada gambar di atas.

4. Makanan hamster roborovski


Untuk jenis makanan hamster roborovski tidak berbeda dengan hamster lainnya yaitu biji-bijian seperti milet, kacang hijau, bunga matahari dan boleh juga kacang tanah. Jangan lupa sediakan air untuk minumnya. Lebih lengkapnya bisa anda baca pada artikel yang sudah saya tulis sebelumnya yaitu makanan hamster yang pokok dan dilarang.

5. Perawatan hamster roborovski


Tidak ada perawatan khusus untuk hamster roborovski, cara merawat hamster ini sama dengan perawatan hamster lainnya. Hanya saja berhubung dia sangat aktif maka Anda wajib meletakkan aksesoris seperti roda mainan sebagai ruang geraknya. Nah biar tidak salah langkah anda harus banyak membaca dan belajar. Atau simak saja artikel kami berjudul: cara merawat hamster yang benar untuk pemula, di artikel tersebut saya sudah membahas lengkap mulai dari cara memandikan, perawatan kandang dan lain sebagainya.

6. Cara mengawinkan hamster roborovski


Mengenal Hamster Roborovski

Bagi Anda yang berkeinginan untuk mengawinkan sepasang hamster roborovski bisa dilakukan langsung di dalam kandang. Terkait syarat, usia dan caranya tidak jauh berbeda dengan mengawinkan jenis hamster pada umumnya. Karena penjelasannya cukup panjang, sebaiknya saya arahakan teman teman agar membuka artikel cara mengawinkan hamster.

7. Kelebihan dan kelemahannya hamster roborovski


Mengenal Hamster Roborovski

Setiap kelebihan pasti ada kekurangan itulah yang terjadi di kehidupan dunia ini. Apa saja kelebihan dan kekurangan memelihara roborovski.

Kelebihan:

  • Hamster roborovski memiliki bentuk yang kecil sehingga terlihat mungil dan menggemaskan.
  • Mempunyai banyak warna varian yang sangat bagus dan cantik.
  • Sangat lincah dan aktif sehingga mudah diajak bermain.

Kekurangan:

  • Hamster roborovski sulit dipegang karena sangat agresif dan suka melompat serta sembunyi.
  • Memiliki sifat defensif sehingga kadang menggigit atau malah takut.
  • Tidak cocok dimainkan oleh anak kecil karena dikhawatirkan akan diremas.

8. Video hamster roborovski


Yups, kami akan menepati janji dengan memberikan video hamster roborovski yang sangat lucu. Di dalam video ini ada jenis white face, brown face dan husky. Diambil dari beberapa teman di grup.


Demikianlah ulasan lengkap mengenai hamster roborovski mulai dari ciri-ciri perawatan makanan klasifikasi hingga videonya. Semoga bisa menambah wawasan bagi teman-teman yang ingin memelihara hamster jenis ini.

0 Komentar Mengenal Hamster Roborovski Beserta Ciri Ciri Perawatan dan Videonya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top