HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Hewan Unik Tupai Tiga Warna Dilengkapi Ciri Ciri Perawatan dan Videonya

Dari sekian jutaan spesies makhluk hidup yang ada di dunia ini, mereka semua memiliki ciri ciri dan karakter yang berbeda-beda. Ada yang bertubuh besar dan buas, ada yang bertubuh kecil namun membahayakan, dan ada pula yang bertubuh unik serta lucu. Sedangkan bajing tiga warna sendiri adalah hewan yang memiliki ukuran tubuh kecil dengan ciri ciri yang unik dan karakter yang lucu.

Nah sepertinya akan sangat menarik jika kita membahas tentang hewan ini secara mendetail. Oleh sebab itu di artikel ini, hobinatang.com akan memperkenalkan kepada anda mengenai hewan yang kerap dipanggil dengan bajing 3 warna atau tupai 3 warna. Pastikan kalian baca semuanya, jangan ada yang dilewati, karena akan ada banyak fakta-fakta menarik terkait mamalia satu ini.

Mengenal Tupai Tiga Warna Secara Lengkap


Di Indonesia hewan ini kerap disalah artikan sebagai hewan tupai 3 warna, padahal sebenarnya binatang ini tergolong keluarga sciuridae (bajing) bukan tupaiidae (tupai). Bajing dalam bahasa Inggris disebut squirrel, sedangkan tupai disebut treeshrew. Tapi itu tidak masalah, mimin mengikuti adat dan kebiasaan masyarakat saja hehe makanya pada judul di atas kami pun ikut ikutan menyebut "tupai". LoL

Baca juga: 17 Perbedaan Tupai dan Bajing Disertai Gambarnya

Lalu dari mana asal muasal tupai tiga warna?

1. Klasifikasi dan Habitat Bajing Tiga Warna


Mengenal Tupai Tiga Warna

Secara klasifikasi ilmiah hewan unik ini berasal dari ordo Rodentia, keluarga Sciuridae, genus Callosciurus. Adapun nama ilmiahnya adalah Callosciurus Prevostii. Kalau di Inggris dan sekitarnya hewan ini sering dipanggil Prevost's Squirrel, sedangkan di Asia kerap disebut tri-coloured squirrel. Tapi di Indonesia malah diterjemahkan dengan tupai tiga warna. Wkwk harusnya squirrel itu artinya bajing, bukan tupai. But, terserah kalian mau nyebut apa, yang penting sama sama heppy. Hahai

Habitat tupai 3 warna berada di pepohonan yang ada di wilayah Asia, termasuk Indonesia seperti di pulau Kalimantan, Sumatra, Sulawesi dan beberapa pulau kecil yang ada di Asia Tenggara. Bajing tersebut juga dapat dijumpai di negara tetangga Malaysia, Thailand bahkan sampai China, India dan Bangladesh.

2. Ciri Ciri Tupai Tiga Warna


Mengenal Bajing Tiga Warna

Jenis tupai yang satu ini sangat mudah dikenali, meski oleh pemula sekalipun. Sesuai namanya, ia memiliki 3 warna. Di bagian punggung berwarna hitam, di bagian bawah bercorak merah kecoklatan sedangkan di bagian tepi perut berwarna putih. Mengenai ukuran tubuhnya sama seperti tupai pada umumnya, yakni 15-25 cm (dewasa). Biar lebih jelas silakan lihat pada gambar di atas.

3. Karakteristik Hewan Tupai Tiga Warna


Mengenal Tupai Tiga Warna Secara Lengkap

Karakter bajing 3 warna tak jauh beda dengan karakter sugar glider atau bajing pada umumnya saat di alam liar. Sepanjang hidupnya lebih sering dihabiskan di atas pohon dengan cara membuat sarang dari ranting dan dedaunan. Mereka akan turun dari pohon ketika lapar saja.  Tupai tiga warna sendiri merupakan hewan diurnal yang aktif di pagi hingga siang hari.

Kalau dipelihara di rumah akan menjadi hewan yang lucu bahkan bisa dilatih dan dijinakkan. Yang penting tekun, rajin dan sabar. Jangan lupa perhatikan faktor-faktor penting dalam memelihara tupai tiga warna, mulai dari pemberian pakan, kebersihan kandang dan lain sebagainya.

4. Jenis Makanan Tupai Tiga Warna


Mengenal Tupai Tiga Warna Secara Lengkap

Membahas jenis makanan tupai tiga warna sangatlah penting, selain untuk pengetahuan bisa juga untuk refrensi sebelum memelihara hewan ini. Tri-coloured squirrel menyukai jenis makanan berupa biji bijian seperti jagung, kacang dan juga buah buahan seperti pepaya, pisang dan apel.

Terkadang untuk memenuhi kebutuhan protein, bajing 3 warna akan mencari makanan berupa serangga jangkrik, ulat hongkong. Namun jika dipelihara di rumah, bisa anda berikan bubur bayi rasa pisang layaknya sugar glider dan musang.

Simak juga: 20 Makanan untuk Tupai dari Bayi sampai Dewasa Beserta Minumannya

5. Cara Memelihara Tupai Tiga Warna


Mengenal Tupai Tiga Warna Secara Lengkap

Dalam perawatan tupai 3 warna yang paling penting ialah kelayakan kandang, kebersihan kandang, pemberian pakan, lokasi kandang dan perhatian dari pemiliknya. Kandang yang layak adalah yang agak besar, minimal ada ranting-ranting di dalamnya biar seperti di habitat aslinya.

Kemudian kebersihan kandang juga penting, karena kandang yang kotor dapat menimbulkan bakteri penyakit, jamur dan lain lain. Bersihkan sisa makanan yang mulai membusuk, sediakan air putih untuk minumnya. Cuci kandang jika terlihat mulai kotor. Lalu penempatan lokasi kandang juga penting, letakkan di suhu yang tidak terlalu dingin dan panas, bisa anda jemur di pukul 07.00-08.00 selama 15-20 menit saja.

Terakhir adalah perhatian dari ownernya. Jika terlihat pucat dan sakit maka segera diobati, tanyakan pada ahlinya. Ajak dia bermain supaya jinak dan nurut, jangan bosan kalau bosan lebih baik jangan pelihara. Daripada nanti tidak terurus.

Apabila masih kecil seperti pada video di bawah, maka harus diberi susu non laktosa. Biar sehat, kuat dan cepat besar hehe

6. Perkawinan Tupai Tiga Warna


Mengenal Tupai Tiga Warna Secara Lengkap

Bajing ini akan mengalami musim kawin sepanjang tahun, dan puncaknya adalah antara bulan juni dan agustus. Saat sudah terjadi pemijahan, maka biasanya akan mengandung bayinya sampai 40 hari dan bisa menghasilkan 3-5 anak.

7. Status Bajing 3 Warna, Apakah Dilindungi?


Mengenal Tupai Tiga Warna Secara Lengkap

Kita patut bersyukur karena keberadaan hewan Callosciurus prevostii ini tidak begitu mengkhawatirkan. Artinya spesiesnya masih banyak dan belum langka. Dilansir dari International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN Red list) menyatakan kalau populasi tupai belang tiga warna ini belum terlalu mengkhawatirkan, bagai mereka masih banyak yang hidup di pepohonan, baik di wilayah Indonesia maupun di negara lainnya sekitar Asia Tenggara. Jadi sampai saat ini belum dilindungi.

8. Harga Tupai Tiga Warna


Harga tupai tiga warna relatif lebih mahal dibandingkan tupai kelapa, tupai kekes atau tupai tanah. Kira-kira harganya hampir sama dengan sugar glider, saat ini bajing 3 warna dijual berkisar Rp300.000-Rp400.000. Tapi harga tersebut bukanlah patokan, bisa kurang atau bisa lebih tergantung kondisi kualitas dan domisili kota Anda.

9. Video Hewan Lucu Tupai Tiga Warna


Sebagaimana janji Mimin, sebelum fakta-fakta tentang tupai tiga warna ini diakhiri, terlebih dahulu saya akan menyertakan video lucu aktivitas tupai tiga belang di bawah ini. Video diambil dari para hobis yang ada di grup tupai. Semoga terhibur :)


Demikianlah ulasan mengenai hewan unik bajing 3 warna, semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang memelihara binatang ini sekaligus bisa menambah wawasan Anda di rumah. Salam, sampai jumpa!

0 Komentar Hewan Unik Tupai Tiga Warna Dilengkapi Ciri Ciri Perawatan dan Videonya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top