HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

5 Kriteria Aquarium Arwana yang Baik Beserta Persiapannya

Dalam memelihara ikan arwana, aquarium merupakan inti dari segalanya. Sebab aquarium adalah rumah yang akan ia tinggali selama dipelihara di rumah, jika demikian kalian wajib menyediakan rumah yang layak dan bagus. Hal itu juga berkaitan dengan kelangsungan hidupnya. So, intinya sebelum memelihara ikan arwana kalian harus menyiapkan aquarium arwana yang baik dan layak pakai.

Kendati demikian nampaknya masih banyak para hobis yang menganggap sepele masalah ini. Artinya banyak yang tidak memperhatikan ukuran, luas dan desain akuarium untuk ikan arwana, malah terkesan asal asalan memilih tank. Inilah yang mengakibatkan arwana cepat mati.

Oleh sebab itu di sini hobinatang.com akan menjabarkan detail persiapan akuarim untuk ikan arwana. Sehingga kalian akan tahu berapa kira kira ukuran aquarium yang baik untuk ikan arwana, juga jenis kaca dan modelnya.

Kriteria Aquarium yang Baik untuk iIkan Arwana dan Persiapannya


akuarium arwana yang baik

Di bawah ini spesifikasi akuarium arwana yang baik dan disertai persiapan terhadap aquarium yang harus dilakukan dalam memelihara arwana.

1. Ukuran Akuarium Arwana yang Baik


Poin pertama yang perlu diperhatikan adalah ukuran, ingatlah bawah ikan arawan bisa tumbuh hingga 90-100 cm jika dewasa. Jadi kalau kalian berniat memelihara arwana dalam jangka panjang harus pintar mengira ngira ukuran akuarium yang cocok buat dia. Mau tidak mau ikan anda akan tumbuh dan membesar, kecuali jika kalian bersedia gonta ganti tank.

Misalnya saat ikan arwana masih kecil, kalian masukkan ke dalam tank yang lebih kecil. Saat sudah besar baru dipindah ke tank yang besar. Lalu berapa ukuran aquariumnya?

ukuran aquarium arwana yang baik

Jika ikan anda masih berukuran 20 cm, kalian boleh membuat tank dengan ukuran 80x40x37 atau lebih kecil dari itu 60x30x32 (Panjang x Lebar x Tinggi). Dengan tebal kaca sekitar 5 mm. Tapi jika ikannya sudah agak besar melebihi 20 cm, bisa dicarikan aquarium ukuran 100x50x45 dengan ketebalan kaca 8 mm.

Untuk arwana dewasa sebesar 45 cm bisa dibuatkan aquarium 120x60x55 yang sudah dilengkapi kaca setebal 10/12 mm. Semakin dewasa maka akuarium harus semakin besar, misalnya jika ikan sudah mencapai 80 cm (up) maka belilah akuarium dengan ukuran 200x100x75 dengan tebal kaca kira kira 30 mm.

2. Model Aquarium Arwana


aquarium yang baik untuk arwana

Bahan utamanya tetap kaca namun model boleh memilih, ada yang memelihara arwana di dalam akuarium beton/akuarium yang didesain berada di tengah tengah dinding (tanam). Tapi paling banyak memelihara di dalam akuarium yang bisa dipindah di mana mana. Baik di atas lemari atau di mana saja.

3. Siapkan Filter Aquarium


Filter merupakan salah satu perlengkapan akuarium yang amat penting. Filter adalah penyaring kotoran yang ada di dalam air sehingga kualitas air tetap terjaga. Dengan adanya ini kelangsungan hidup ikan lebih terjamin, sebab bakteri penyakit dan kotoan dapat dibersihkan selain itu PH airnya bisa tetap bagus.

4. Sediakan Tutup Aquarium


Sudah banyak kasus ikan arwana yang loncat dari tank dan mati. Untuk menghindari masalah ini sebaiknya lengkapi tank anda dengan penutup. Dengan kehadiran penutup ini, InsyaAllah ikan arwana yang ada di dalam aquarium tidak akan melompat keluar.

5. Menguras Aquarium Arawna


aquarium yang baik untuk arwana

Ini masuk dalam persiapan dan perawatan akuarium arwana. Meski sudah ada filter kalian tetap harus menguras airnya. Agar PH airnya tetap terjamain, lalu berapa kali kuras dalam sebulan? Tergantung filternya juga sih, kalau bagus bisa lama gantinya. Tapi disarankan seminggu sekali kuras 20%. Atau kalau lagi malas kuras 3 minggu sekali sebanyak 50% dari isi air yang ada di dalam tank.
Sediakan penutup untuk aquarium ikan arwana

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Kaca Aquarium yang Berkarak paling Ampuh

Demikianlah ciri ciri aquarium untuk arwana yang baik dan layak ditempati beserta persiapan persiapan yang perlu diperhatikan. Sebenarnya masih ada faktor lain yang tidak kalah penting, tapi kalian bisa membacanya di sini: cara memelihara ikan arwana yang benar untuk pemula

0 Komentar 5 Kriteria Aquarium Arwana yang Baik Beserta Persiapannya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top