Tanda Tanda Hamster Mau Melahirkan Paling Akurat

Halo hammy lovers, apakah kalian merasa was was karena hamsternya sedang hamil namun kalian tidak tahu perkiraan kapan dia lahir? Tenang saja, pada beberapa paragraf di bawah ini hobinatang.com akan berbagi ilmu pada kalian semua tentang tanda tanda hamster mau melahirkan.

Oh ya bagi sobat yang ingin mengetahui ciri ciri hamster hamil silahkan baca tulisan mimin kemarin. Karena artikel tersebut saling berkaitan dengan artikel ini. Baiklah langsung saja berikut tanda tanda induk hamster yang mau melahirkan anaknya.

Tanda Tanda Hamster Mau Melahirkan


Tanda Tanda Hamster Mau Melahirkan

Berdasarkan pengalaman tanda tanda hamster yang mau melahirkan dapat diketahui melalui perubahan fisik dan karakter, namun akan lebih mudah dan akurat jika kita melihat perubahan pada fisiknya. Berikut tandanya:

1. Tanda-Tanda Pasca Perkawinan Hamster


Seminggu setelah berkumpulnya sepasang hamster (kawin), maka hamster betina akan terlihat lebih gemuk dan perutnya sedikit buncit. Lebih jelasnya lagi anda bisa meraba perutnya ada benjolan kecil alias janin hamster di perutnya. Namun jangan terlalu gegabah, ambil secara perlahan sebab hamster hamil agak agresif.

2. Berat Badan dan Ukuran Tubuh Hamster Lebih Besar


Poin kedua ini berdasarkan perubahan fisiknya. Jika dalam satu kandang ada hamster lebih dari satu, maka kalau ada betina yang berat badannya berbeda dengan temannya, besar kemungkinan ia sedang hamil dan akan melahirkan. Apalagi ia dan teman temannya hidup secara bersamaan, pola makan juga sama namun malah ia sendiri yang gemuk dan berat badan mendadak naik.

3. Perubahan Bentuk Putlng


Hamster yang mau lahir biasanya bertambah besar put*ngnya. Putlng susu hamster betina yang sedang hamil akan terlihat lebih besar dibandingkan sebelum hamil. Hal itu dikarenakan putlng sedang memproduksi susu untuk nanti ketika si jabang bayi sudah lahir. Itu sangat wajar, anda jangan khawtir karena putlng yang membesar tidak menyakitkan buat induk hamster.

4. Perubahan Psikis


Tanda Tanda Hamster Mau Melahirkan

Dari segi karakter terdapat perubahan psikis. Sama seperti manusia ketika sedang hamil akan mengalami perubahan hormon yang menyebabkan psikisnya lebih sensitif. Begitu juga dengan hamster yang lagi hamil, ia juga mengalami perubahan hormon sehingga sikapnya lebih sensitif. Ia cenderung suka menggigit saat disentuh manusia dan lebih galak dengan teman temannya. So, pahamilah perasaannya.

5. Agresif dan Sensitif dengan Lawan Jenis


Sebenarnya masih ada kaitannya dengan poin keempat, hanya saja yang ini ditujukan pada temannya sendiri. Meskipun baru hamil muda, sikap hamster akan lebih galak dan agresif. Mereka berusaha melindungi diri sendiri demi keselamatan janin yang dikandungnya. Terutama saat pejantan mendekatinya untuk diajak kawin, si hammy betina akan menolak dan semakin galak dengan pejantan yang berani mendekatinya. Jadi kami sarankan jangan campur hamster betina yang lagi hamil dan mau melahirkan dengan pejantan.

6. Hamster Sulit Tidur


Seperti yang telah kita ketahui hamster termasuk binatang nokturnal yang aktif di malam hari dan tidur di siang hari. Namun saat ia sedang akan melahirkan kira kira hamil di usia 15 hari atau 2 pekan, induk hamster mulai gelisah dan suka mondar mandir kesana kemari ketika siang. Padahal biasanya mereka tidur dan istirahat. Hal itu dikarenakan kondisi janin yang kian matang dan siap keluar.

7. Detik Detik Hamster Melahirkan


Setelah induk hamster hamil usia 15 hari mulai mengalami rasa gelisah maka hal itu pertanda hamster akan melahirkan dalam waktu dekat yakni usia janin menginjak 20 hari. Jadi, anda harus menyiapkan segalanya untuk persalinan induk hamster. Mulai dari kandang yang bersih, alas yang hangat, suhu yang hangat dan suasana yang tenang. Setelah melahirkan nanti jangan langsung dipisah, tapi beri kesempatan si induk menyusui kalau sekiranya ia tidak mau menyusui segera dipisahkan untuk menghindari kanibal.

Nah bagi kalian yang penasaran dengan gambaran/video hamster melahirkan silahkan baca dan tonton di artikel ini: Video Detik Detik Hamster Melahirkan Disertai Cara Mengatasinya

Baiklah demikian saja sharing dari kami semoga tanda tanda hamster mau melahirkan di atas dapat membantu teman teman yang sedang mempunyai hamster hamil. Setelah lahir jangan lupa lakukan perawatan intensif pada induk dan bayi hamster agar tidak mudah mati anaknya.