Ciri Ciri Hamster Roborovski Hamil Beserta Persiapan dan Perawatannya

Mengenai jenis hamster roborovski beserta fakta-fakta dan ciri-cirinya sudah pernah kami bahas di akhir pekan kemarin, akan tetapi pembahasan tersebut ternyata belum cukup menjawab pertanyaan dari teman-teman mengenai tanda kehamilan hamster roborovski.

Kendati demikian sebenarnya ciri ciri kehamilan roborovski tidak jauh berbeda dengan jenis hamster lainnya yang pernah saya tulis di artikel, tanda tanda hamster hamil paling menonjol. Hanya para pembaca menginginkan kami agar membahasnya lebih khusus, ya sudah berikut ciri cirinya berdasarkan pengalaman pribadi.

Ciri Ciri Hamster Roborovski Hamil Beserta Penanganannya


Hamster roborovski akan hamil setelah menginjak usia dewasa dan sudah dikimpoi oleh pejantan, umumnya masa kehamilan hamster roborovski berkisar 23 sampai 30 hari. Nah selama itu kita harus memberikan perhatian khusus untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, namun sebelumnya kalian harus mengetahui ciri-ciri dari hamster roborovski yang sedang hamil. Baik hamil muda sampai hamil tua.

1. Perut dan badan membesar beserta muncul puting


Ciri Ciri Hamster Roborovski Hamil Beserta Penangannya

Awal mula kehamilan roborovski akan mulai nampak perubahan pada fisiknya, terutama di bagian perut agak membesar dan gendut. Bukan hanya perut yang menonjol namun juga mulai bermunculan put*ng susu hamster. Coba kalian raba niscaya akan terasa benjolan pada perutnya.

2. Lebih banyak makan dan malas


Di awal hamil muda akan terdapat perubahan karakter atau sifat hamster roborovski yang lagi hamil. Biasanya si betina jadi lebih malas dan banyak makan, mungkin hormonnya mulai berubah sehingga mempengaruhi nafsu makannya.

3. Hamster roborovski yang hamil lebih sensitif


Ciri Ciri Hamster Roborovski Hamil Beserta Penangannya

Selain pendiam dia juga lebih sensitif terhadap siapapun, jika biasanya hamster roborovski aktif dan bisa dipegang-pegang, umumnya saat hamil cenderung suka menggigit, namun kadang ada juga karakter roborovski yang tetap kalem dan aktif meskipun sedang hamil.

4. Keluar lendir darah pada roborovski hamil


Pada hamil tua mendekati lahiran biasanya di bagian kelamin betina keluar semacam lendir darah dan lubangnya terlihat lebih besar dari normalnya. Fenomena ini kadang terjadi saat menjelang lahir kurang 2-3 hari. Nah di saat ini kalian harus siap-siap merawat dan menyambut dedek baru hehe.

5. Hamster roborovski yang mau melahirkan lebih agresif


Ciri Ciri Hamster Roborovski Hamil Beserta Penangannya

Sudah menjadi naluri sang ibu untuk melindungi anaknya, ketika menjelang kelahiran hamster roborovski lebih agresif dan suka menyerang. Dia juga akan membuat semacam lubang/sarang dengan menggali serbuk kayu yang ada di kandang. Lubang itu disediakan untuk calon bayinya.

6. Jalan hamster roborovski hamil megal-megol


Semakin tua kehamilan hamster maka akan semakin besar dan berat perutnya, hal itu mengakibatkan jalannya jadi tidak stabil atau dalam Bahasa Jawa disebut megal-megol. Di saat ini siapkan keperluan yang dibutuhkan untuk menyambut bayi hamster. Nah apa saja penanganan dan perawatan roborovski yang hamil atau akan melahirkan?

7. Persiapan kelahiran bayi hamster roborovski


Ciri Ciri Hamster Roborovski Hamil Beserta Penangannya

Jika roborovski sedang hamil jaga selalu kondisi kandangnya jangan sampai basah, jaga juga kondisi psikisnya jangan sampai stres. Sediakan makan yang cukup dan memadai agar tidak menjadi kanibalisme pada anaknya.

Saat mau lahir siapkan bedding hamster berupa serbuk kayu yang lembut namun tidak terlalu lembut (takut merusak organ pernafasannya). Siapkan juga semacam sarang/rumah-rumahan untuk bayi, karena sang induk lebih suka menaruh bayinya pada rumah-rumahan. Kalau jantan terlalu agresif sebaiknya pisahkan sama induk dan bayinya. Takut akan hamil lagi atau menganggu anak kecilnya. Pastikan berikan pakan hamster yang cukup, bernutrisi dan bergizi. Karena saat menyusui betina butuh tenaga ektra. Asupan nutrisi yang baik adalah solusinya.

Begitulah ciri ciri hamster roborovski hamil beserta cara penanganan dan perawatannya. Semoga artikel di atas membantu teman teman, terimakasih