Cara Merawat Bayi Sugar Glider Dengan Baik dan Benar

Saat sugar glider hamil sulit sekali untuk dideteksi secara kasat mata. Sehingga kita memerlukan metode khusus untuk mengetahui sugar glider sedang hamil. Seperti meraba perutnya atau dibawa ke dokter hewan.


Nah pada saat sugar glider melahirkan bayinya maka sering kali disebut joey atau bayi sugar glider. Merawat bayi sugar glider membutuhkan cara khusus yang harus benar benar anda ketahui. Sebab apabila kita tidak bisa merawat joey atau bayi sugar glider dengan baik maka tumbuh kembangnya bisa terhambat atau bahkan mengalami kematian dini.

Lalu bagaimana sih caranya merawat bayi sugar glider dengan baik dan benar? Berikut ini kami beri cara caranya.

Cara Merawat Bayi Sugar Glider dengan Baik dan Benar


Merawat bayi sugar glider atau joey susah susah gampang. Susahnya adalah karena ia masih sangat kecil dan rapuh tapi mudahnya adalah dia penurut dan tidak galak. So, langsung saja kita bahas tentang bayi sugar glider dan cara merawatnya.

Sebelum kita ke pembahasan inti, anda perlu mengetahui beberapa hal terkait joey. Jadi, setelah 16 hari di dalam kandungan, joey akan keluar lalu masuk ke dalam pouch si induk. Biasa disebut dengan IP (in pouch).

Ketika joey sedang berada di dalam pouch sang induk, biasanya ditandai dengan perut induk membesar, kadang menghitam dan induk menjilati pouchnya untuk membersihkan bekas darah dan lendir.

Joey atau bayi sugar berada di dalam pouch induk selama 2 bulan. Selama joey atau bayi sugar glider berada di pouch, anda harus tetap memberikan banyak makanan yang bergizi dan nutrisi yang baik pada sang induk.

Selain itu jangan bawa induk sugar glider tersebut kemana mana, cukup di dalam kandang saja biar aman. Serta terus perhatikan agar anda tau jikalau sang induk meriject (membuang) bayinya.

Setelah 2 bulan IP, joey atau bayi sugar glider akan keluar, kita bisa menyebutnya dengan OOP (Out Of Pouch). Sebab ukuran tubuhnya semakin membesar sehingga pouch tidak muat lagi. Biasanya ditandai dengan munculnya garis hitam dari kepala sampai ekor. Saat joey keluar dari pouch, maka usia dia masih terhitung 0 hari.

Kemudian joey akan menyusu pada induknya selama 2 bulan. Namun anda sudah boleh memisahkan joey dengan induknya saat usianya 1,5 bulan. Nanti si joey akan bersuara seperti menangis mencari induknya karena dipisahkan. Tetapi kalau anda tidak ingin memisahkannya selama masih dalam menyusui, tidak mengapa.

Karena saat joey berusia 1,5 bulan, ia sudah mulai bisa makan. Sehingga anda boleh memberikan makanan tambahan untuknya agar tetap kuat dan tumbuh dengan baik dan boleh memisahkan ia dengan induknya. Joey baru bisa membuka mata setelah 20 hari keluar dari pouch.

Jadi, teman teman harus benar benar menjaga kondisi sang induk pasca melahirkan joey dan saat IP. Karena ada beberapa kasus, induk sugar glider meriject bayinya sendiri. Seperti memakannya, membuang dan sebagainya. Lalu apa sih sebabnya sugar glider meriject bayinya sendiri?

Penyebab Sugar Glider Meriject Bayinya


Ada banyak faktor penyebab induk sugar glider meriject (menolak) kehadiran si bayi. Yaitu:

1. Bayi Sugar Glider Cacat


Induk SG memiliki insting yang sangat kuat terhadap bayinya yang baru saja lahir. Sehingga ketika bayinya mengalami kecacatan fisik, maka sang induk akan merijectnya. Ciri ciri bayi sugar glider cacat adalah sering keluar pouch sebelum waktunya.

2. Induk Kurang Nutrisi


Induk sugar glider yang baru saja melahirkan tentunya menghabiskan banyak tenaga sehingga ia membutuhkan banyak nutrisi. Bahkan tidak jarang sugar glider mati pasca melahirkan karena kekurangan kalsium. Makanya mereka memakan bayinya sendiri. Jadi anda harus memperbanyak pemberian nutrisi untuk induk SG.

3. Induk Sugar Glider Stres


Tak hanya sugar glider, hampir seluruh induk hewan maupun manusia sangat sering mengalami stres pasca melahirkan. Hal itu karena adanya perubahan hormon. Sehingga mereka meriject atau memakan bayinya sendiri.

Nah untuk itulah bagi pemilik sugar glider dan niat untuk mengawinkan mereka harus memiliki kesiapan yang maksimal. Siap merawat induk dan anaknya. Untuk merawat bayinya cukup simple. Anda bisa lakukan beberapa hal di bawah ini. Baca: cara mengatasi sugar glider stres.

  1. Sediakan handuk kecil untuk memegang si joey.
  2. Gunakan pipet atau suntik untuk memberi minum joey
  3. Letakkan joey di aquarium kecil yang tertutup mirip inkubator
  4. Suapin joey dengan susu kucing setiap 2 jam sekali.
  5. Jangan dimandikan dulu sampe usianya sudah 2 bulan lebih. 
  6. Suapin si joey selama 1 bulan berturut turut sampai bisa makan minum sendiri.

Baiklah teman teman semoga informasi di atas bisa membantu pertanyaan anda dan terimakasih sudah berkunjung di web kami. Salam SG lovers.