3 Cara Mengobati Kucing Cacingan Parah Paling Ampuh

Melihat kucing kesayangan lesu sedikit saja sudah bikin resah, apalagi kalau sakit parah, pasti sedih banget. Bagi pecinta kucing pasti tahu kan gejala kucing cacingan parah? Jangan sampai ya kucing kesayangan sakit parah, tidak terurus dan akhirnya mati.

Pada artikel kali ini, hobinatang.com akan membahas tentang rekomendasi obat kucing cacingan yang sakitnya udah akut banget dengan obat yang mudah didapatkan di pet shop. Simak ya, semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman dalam mengatasi masalah kucing cacingan.

Cara Mengatasi Kucing Cacingan Parah Paling Ampuh


Cara Mengobati Kucing Cacingan Parah Paling Ampuh

Sebenarnya ada banyak cara mengobati kucing yang cacingan. Namun sebagian cara cara tersebut tidak cocok untuk kucing anda. Nah kali ini kami akan berbagi tips cara mengatasi kucing cacingan parah yang ampuh. Semoga cocok ya. Silakan dicoba dulu cara berikut ini.

1. Cek Gejala dan Ciri Ciri Kucing Cacingan


Cara Mengobati Kucing Cacingan Parah Paling Ampuh

Pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek gejala penyakit cacingan pada kucing. Antara lain, perut buncit, badan kurus, terdapat cacing atau telur cacing pada kotoran kucing, bulu kusam, gusi pucat, banyak kutu, muntah cacing, sering minum dan lain sebagainya. Mengetahui gejala dan ciri-ciri kucing cacingan agar terhindar dari risiko akut penyakit yang menyerang kucing kesayangan.

2. Berikan Obat Cacing


Ada beberapa obat cacing yang ada di petshop untuk dijadikan penawar kucing cacingan sebelum terburu-buru memeriksakan kucing ke dokter hewan. Berikut obat cacing yang kami rekomendasikan untuk kucing.

  • Drontal cat

Cara Mengobati Kucing Cacingan Parah Paling Ampuh

Obat ini terbukti ampuh membasmi cacing yang ada pada tubuh kucing, para pecinta kucing sangat merekomendasikan drontal cat menjadi pertolongan pertama pada kucing cacingan. Obat ini kaya manfaat, bisa menjadi obat pencegahan juga. Obat ini dapat membunuh berbagai macam cacing yang ada pada kucing seperti cacing pita, cacing gelang, dan cacing tambang.

Drontal cat tidak cocok untuk manusia ya, khusus untuk kucing. Drontal cat juga mampu memulihkan infeksi yang disebabkan oleh cacing dan telurnya yang ada di usus kucing. Cara pemakaian dari obat drontal cat ini juga sangat mudah, berikan pada kucing sesuai dengan berat badannya. Setiap 4kg berat badan kucing minumkan satu tablet saja.

Apabila kucing anda berat badannya 6kg, maka berikan obat ini 1,5 tablet. Dan kalau kucing anda beratnya 2 kg, maka berikan setengah tablet saja, begitu juga dengan hitungan lain, sesuaikan saja. Untuk pencegahan, berikan obat pada anak kucing ketika berumur 6 minggu, 8 minggu, 10 minggu dan 12 minggu. Nanti berikan lagi ketika berumur 1 sampai 6 bulan. Setelahnya berikan secara rutin setiap 3 bulan sekali.

  • Drontal Plus

Cara Mengobati Kucing Cacingan Parah Paling Ampuh

Obat dengan merk drontal plus ini sama dengan drontal cat cara pemakaian dan fungsinya. Hanya beda merk saja dan obat ini juga bisa digunakan untuk anjing. Selain itu drontal plus tidak diperuntukkan untuk kucing hamil, begitu juga drontal cat. Untuk kucing hamil diperiksakan saja ke dokter hewan, agar diberi obat khusus dari dokter hewan.

  • Vermox

Cara Mengobati Kucing Cacingan Parah Paling Ampuh

Obat kucing merek Vermox juga sangat efektif dalam membasmi cacing pada tubuh kucing, terutama cacing pita dan cacing gelang yang bersarang di saluran pencernaan kucing. Kandungan mebendazole pada obat ini ampuh memerangi parasit-parasit yang ada di dalam usus kucing. Cara pemakaian obat ini sama seperti obat cacing lainnya, sesuai takarannya. Vermox juga tidak dianjurkan untuk kucing hamil.

  • Combantrin

Cara Mengobati Kucing Cacingan Parah Paling Ampuh

Tidak asing lagi dengan combantrin karena merk obat ini juga menjadi merk obat cacing untuk manusia. Tapi combantrin di sini yang khusus untuk kucing, tidak sama dengan obat cacing manusia. Combantrin efektif mengobati cacingan yang sakitnya parah pada kucing. Combantrin membasmi parasit yang ada pada usus kucing, terutama cacing gelang.

3. Penanganan Eksternal


Cara Mengobati Kucing Cacingan Parah Paling Ampuh

Penanganan eksternal di sini ialah penanganan dari luar untuk membantu mempercepat pengobatan kucing. Yang pertama, mandikan kucing secara teratur. Kucing memang hewan yang paling rajin mandi dengan air liurnya. Akan tetapi badan kucing yang kotor bisa jadi penyebab kucing cacingan. Berikan juga obat pembasmi kutu kucing. Karena kutu juga dapat membawa telur cacing.

Kedua, hindarkan kucing dari makanan sembarangan. Makanan sembarangan di sini seperti kecoa, tikus, dan makanan kotor yang dapat membuat kucing mudah cacingan. Karena dari hal yang kotor juga bakteri dan virus menjadi parasit bagi kucing kesayangan anda.

Ketiga, mainan yang bersih. Pastikan mainan kucing selalu bersih untuk menghindari cacingan dan bakteri jahat lainnya. Usahakan jauhkan kucing dari yang kotor-kotor. Kalau pun itu terjadi, segera mungkin untuk memandikan kucing, agar tidak ada cacing atau benih cacing yang menempel di bulunya.

Perhatikan juga kesehatannya dengan memberikan makanan yang baik untuk kucing, vitamin atau suplemen tambahan untuk menjaga daya tahan tubuh kucing dari segala macam penyakit. Dengan rutin memberikan antisipasi awal. Hal tersebut akan mengurangi risiko kucing mengidap penyakit cacingan. Sekian itu saja dari kami, mudah mudahan bermanfat. Salam cat lovers

Berlangganan via Email