Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Kuat dan Ganas

Hai sahabat hobinatang.com, apakah kalian sudah tahu bagaimana cara melatih ikan cupang aduan supaya kuat dan menjadi juara ketika kontes? Kalau kalian belum tahu maka langkah anda membuka situs ini sangat tepat. Sebab kami di sini akan mengulas panjang lebar tentang tips melatih cupang aduan biar kuat dan jago dalam bertarung.

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Kuat dan Ganas

Perlu kalian ketahui bahwa teknik yang akan saya bagikan ini bukan sembarangan teknik, namun berdasarkan pengalaman pribadi dan para master cupang di Indonesia. Karena biasanya kami selalu sharing dan diskusi di grup-grup komunitas cupang petarung. So, harap perhatikan dengan seksama.

Tapi sebelumnya pastikan Anda sudah memiliki ikan cupang aduan yang berkualitas. dia berasal dari keturunan cupang petarung yang handal atau malah keturunan sang juara. Bagi anda yang belum mempunyainya silahkan baca dulu artikel, "ciri-ciri ikan cupang aduan yang bagus" dan "tips membeli ikan cupang petarung yang berkualitas" sebelum sobat hendak membelinya. Hal itu agar kalian bisa mendapat ikan cupang yang bagus untuk dilatih.

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Agar Kuat


Pada dasarnya semua jenis cupang (khususnya cupang plakat/bagan) sudah memiliki sifat liar atau suka bertarung sejak lahir, namun meski demikian kita tetap perlu melatihnya sampai tubuhnya benar-benar berotot, sisiknya keras dan bisa lebih agresif sehingga memiliki mental juara.

Berikut ini ada 3 cara dasar dalam pelatihan ikan cupang adu supaya tangguh, memiliki otot dan nafas yang kuat, sehingga bisa agresif dan lincah:

1. Meletakkan Cupang Aduan di Wadah Khusus (Jantur)


Yups inilah cara pertama melatih ikan cupang aduan yaitu meletakkannya di wadah khusus atau bisa disebut proses jantur. Cara ini berfungsi untuk melatih pernafasan cupang agar mampu bertahan ketika terjadi adu mulut dengan lawannya.

Bagi kami, latihan Jantur itu sangat krusial, sebab akan membantu saat Cupang beradu mulut. Apabila cupang anda tidak kuat nafasnya maka ia akan meronta dan memberontak agar sang Lawan melepaskan cengkramannya. Hal itu karena ia tidak memiliki nafas panjang. Bagaimana langkahnya?

  • Yang pertama-tama kalian harus menyediakan wadah berukuran P x L x T 20 cm x 20 cm x 100 cm. Bisa menggunakan akuarium atau yang lainnya. Bahkan ada salah satu kawan fb yang membuat alat jantur setinggi 1 m. Lihat ganbar di bawah ini:

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Kuat dan Ganas
Foto jantur by Azzura Bettasfish

  • Setelah itu masukan air sampai hampir penuh, kira-kira 95 % nya.
  • Kemudian masukan ikan cupang di dalam wadah tersebut lalu pancing dia supaya mau naik turun. Biarkan si ikan di sana sampai 2, 3 atau 4 hari sambil dilatih terus biar naik turun.

Insyaallah dengan melakukannya secara berkala akan membuat nafasnya semakin bagus.

2. Membuat Arus Buatan di Dalam Toples untuk Melatih Otot Cupang


Setelah melatih pernafasan maka selanjutnya adalah melatih otot cupang, sehingga ia memiliki tenaga yang kuat untuk menyerang lawannya dan akhirnya bisa menang. Selain itu, latihan "putaran arus" juga berfungsi untuk meningkatkan stamina, tempramental cupang laga yang kurang ganas dan daya tahan tubuhnya.

Untuk menguatkan otot cupang kita perlu melatih kekuatan berenangnya dengan membuatkan arus buatan. Dengan demikian ia akan melawan arus yang kita buat. Lalu bagaimana langkah-langkahnya?

  • Sediakan toples kecil atau bisa juga dengan gelas besar dan bening. (harus berbentuk bulat)
  • Isilah gelas tersebut (jangan terlalu penuh).
  • Sediakan  stik kayu atau 1 batang kayu kecil atau bisa juga pensil 2B.
  • Lalu masukan ikan cupang petarung ke dalam wadah yang sudah disediakan.
  • Kemudian putarlah secara perlahan-lahan dengan menggunakan stik kayu atau pensil sampai membentuk pusaran kecil (untuk pelatihan di hari pertama)
  • Untuk hari kedua, lakukan seperti sebelumnya namun putaran stik kayunya agak dicepatkan sehingga pusarannya pun lebih cepat. (cara ini dilakukan selama 30 menit dalam 5 hari saja)

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Kuat dan Ganas

Perhatian, jangan sampai stik yang anda putarkan mengenai si cupang. Usahakan posisi cupang ada di dasar toples dan stiknya berada di atasnya. Bagi saya cara ini sangat sederhana dan efektif untuk merangsang otot ikan cupang aduan jadi kuat.


3. Meletakkan di Atas Piring dengan Ukuran Air Setengah Badan Cupang (Umbar)


Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Kuat dan Ganas

Cara melatih ikan cupang aduan yang terakhir adalah dengan menaruh cupang di atas piring dengan air setinggi setengah badan si ikan atau bisa orang menyebutnya "umbar". Langkah ini dapat menguatkan otot ikan sekaligus melatih nafasnya sehingga akan membuatnya lebih gesit, tangkas dan pukulan semakin berbobot. Meskipun agak ekstrem tapi tak masalah.

  • Sediakan piring sebagai media pelatihannya
  • Lalu letakkan cupang adu di atas piring yang sudah berisi air kira-kira setinggi setengah badan ikan.
  • Jika sudah, maka otomatis ikan akan bergerak dan berenang miring.

Lakukan cara di atas hanya 1 kali dalam seminggu dengan durasi hanya 60 menit, jangan terlalu sering dan jangan terlalu lama. Nanti justru malah akan mencederai si ikan. Setelah 3 langkah di atas selesai, sebaiknya si ikan diistirahatkan 2-3 hari sebelum diadu.

Ingat dari cara di atas semua itu barulah cara-cara dasar dan yang tak kalah penting adalah perawatannya yang bagus. Insyaallah berikutnya kami akan menuliskan tutorial lanjutan. Ditunggu saja. :)

Baiklah itu saja panduan dari kami tentang cara melatih ikan cupang aduan agar kuat. Semoga hanya dijadikan wawasan dan tidak dipraktikan. :D Mengapa? Soalanya mengadu ikan cupang merupakan perbuatan ilegal yang dilarang oleh semua agama. So, admin di sini lepas dari tanggung jawab ya. hehe

0 Komentar Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Kuat dan Ganas

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top