Cara Mudah Membuat Sugar Glider Bonding dan Nurut

Membuat sugar glider bonding- Hai guys sudah lama sekali hobinatang.com tidak membahas binatang kesayangan yaitu sugar glider, padahal admin sendiri paling dekat dengan sugar glider daripada yang lainnya. hehe Beberapa bulan lalu saya pernah menulis artikel yang berjudul, cara menjinakkan sugar glider dengan mudah bagi pemula.

Di sana sudah dijelaskan langkah-langkah supaya sugar glider kita jinak dan tidak menggigit serta mencakar, tapi untuk tutorial khusus cara membuat sugar glider bonding belum ada. Sehingga sore ini hobintang akan berbagi pengalaman kepada kalian tentang bagaimana dulu saya membondingkan sugar glider. Yups, bagaimana sih cara melatih SG agar cepat bonding dan nurut?

Perbedaan Sugar Glider Bonding dan Jinak


Sebelum sobat mengetahui tipsnya, sebaiknya sobat harus tahu dulu perbedaan jinak dan bonding. Karena mungkin para pemula di sini masih banyak yang belum tahu perbedaanya dan bertanya-tanya dalam hati, "Bukankah cara menjinakkan dan membondingkan sugar glider itu sama, kenapa dibahas lagi?"

Baiklah saya jawab, asal kalian tahu jinak dan bonding itu tidak sama, dan perbedaannya sangat jauh sekali. Sugar glider yang bonding pasti dia jinak, tapi sebaliknya, sugar glider yang jinak belum tentu bonding.

Seekor SG bisa disebut jinak jika dia tidak menggigit dan tidak crabbing saat dipegang, tapi kalau bonding lebih dari itu. Yaitu tidak menggigit, tidak lari, tidak crabbing saat dipegang dan dia akan mendekati pemiliknya jika dipanggil. Waw, enak kan sob?

Karena bonding sendiri artinya adalah "keterikatan" sehingga bisa dikatakan sugar glider bonding jika dia sudah terikat dengan pemiliknya. Gimana mudah kan membedakannya? Lalu bagaimana langkah-langkah membondingkan hewan sugar glider?

Tips Melatih Supaya Sugar Glider Bonding

Inilah cara membuat sugar glider bonding:

1. Memberikan Nama pada Sugar Glider


Cara pertama agar sugar glider bonding adalah memberinya nama panggilan. Tanpa nama panggilan kalian tidak bisa melatih dan sangat sulit membuat dia bonding. Apa fungsi dari nama tersebut?

Fungsinya sangat banyak sob. Dengan memberikan nama, sobat bisa membiasakan diri untuk memanggil saat-saat memberi makan, saat diajak main dan saat-saat sedang bersama. Sampai pada akhirnya dia akan menghafal pola kebiasaannya. Dia juga akan sadar bahwa nama yang sering kalian ucapkan adalah sebagai isyarat sedang memanggil dirinya (SG).

2. Melatih Sugar Glider secara Perlahan-Lahan di Jendela


Cara Membuat Sugar Glider Bonding
Gambar diambil dari grup facebook

Berdasarkan pengalaman, dulu saya memiliki sugar glider umur 3 bulan, dia sudah jinak namun masih suka lari-lari saat diletakkan di tubuh kita. Sehingga saya pun harus melatihnya agar bonding.

Langkah pertama yang saya lakukan ialah meletakkan sugar glider di jendela lalu saya panggil-panggil sambil saya berdiri di depannya (jaraknya 30 cm) dengan tujuan agar dia mau melompat ke saya. Nah ketika dia sudah mau lompat ke badan saya, maka jaraknya dijauhkan, dari 30 cm ke 50 cm. Pokoknya lakukan terus secara bertahap.

3. Melatih Sugar Glider Agar Bonding di Atas Pintu


Setelah sudah terbiasa loncat dari jendela ke tubuh kita, maka selanjutnya adalah menaruhnya ke tempat yang lebih tinggi dan jauh. Bisa pintu atau yang semisal dengannya. Caranya sama seperti di atas, yaitu dipanggil dan biarkan dia terbang ke kamu.

Menurut kami pribadi cara ini sangat maksimal dan Alhamdulillah, hanya membutuhkan waktu 1 pekan SG saya bisa bonding.

4. Melatih Sugar Glider di Tengah Lapangan


Cara Membuat Sugar Glider Bonding
Foto diambil dari grup facebook

Untuk membuktikan apakah sugar glider kita sudah bonding atau belum, cobalah bawa ke tengah-tengah lapangan. Kemudian dipanggil namanya, apakah mau mengejar atau tidak. Kasih jarak yang dekat dulu dengan kalian, jika sudah bisa mendekat jauhkan lagi jaraknya. Sampai akhirnya dia mau mengejar kalian jika lari.

Baca juga: 6 Jenis Penyakit Berbahaya Sugar Glider dan Cara Mengobatinya

Itulah cara membuat sugar glider bonding. Selain cara-cara di atas, sobat bisa melakukan eksperimen sendiri. Bisa jadi cara kalian lebih cocok untuk diterapkan daripada cara saya. Dan perlu diingat bahwa setiap SG memiliki karakter yang berbeda, ada yang mudah dan ada yang sulit dilatih. So bersabarlah! Toh nanti kalian sendiri yang akan memetik hasilnya. Menjadi sebuah kebanggaan kalau bisa membawa sugar glider kesayangan kita ke mana-mana. Bersabarlah, usaha tak akan mengkhianati hasil. :) Selamat mencoba.