Membuat sugar glider bonding– Hai guys sudah lama sekali hobinatang.com tidak membahas binatang kesayangan yaitu sugar glider, padahal admin sendiri paling dekat dengan sugar glider daripada yang lainnya. hehe Beberapa bulan lalu saya pernah menulis artikel yang berjudul, cara menjinakkan sugar glider dengan mudah bagi pemula.

Di sana sudah dijelaskan langkah-langkah supaya sugar glider kita jinak dan tidak menggigit serta mencakar, tapi untuk tutorial khusus cara membuat sugar glider bonding belum ada. Sehingga sore ini hobintang akan berbagi pengalaman kepada kalian tentang bagaimana dulu saya membondingkan sugar glider. Yups, bagaimana sih cara melatih SG agar cepat bonding dan nurut?

Perbedaan Sugar Glider Bonding dan Jinak

Sebelum sobat mengetahui tipsnya, sebaiknya sobat harus tahu dulu perbedaan jinak dan bonding. Karena mungkin para pemula di sini masih banyak yang belum tahu perbedaanya dan bertanya-tanya dalam hati, “Bukankah cara menjinakkan dan membondingkan sugar glider itu sama, kenapa dibahas lagi?”

Baiklah saya jawab, asal kalian tahu jinak dan bonding itu tidak sama, dan perbedaannya sangat jauh sekali. Sugar glider yang bonding pasti dia jinak, tapi sebaliknya, sugar glider yang jinak belum tentu bonding.

Seekor SG bisa disebut jinak jika dia tidak menggigit dan tidak crabbing saat dipegang, tapi kalau bonding lebih dari itu. Yaitu tidak menggigit, tidak lari, tidak crabbing saat dipegang dan dia akan mendekati pemiliknya jika dipanggil. Waw, enak kan sob?

Karena bonding sendiri artinya adalah “keterikatan” sehingga bisa dikatakan sugar glider bonding jika dia sudah terikat dengan pemiliknya. Gimana mudah kan membedakannya? Lalu bagaimana langkah-langkah membondingkan hewan sugar glider?

Tips Melatih Supaya Sugar Glider Bonding

Inilah cara membuat sugar glider bonding:

1. Memberikan Nama pada Sugar Glider

Cara pertama agar sugar glider bonding adalah memberinya nama panggilan. Tanpa nama panggilan kalian tidak bisa melatih dan sangat sulit membuat dia bonding. Apa fungsi dari nama tersebut?

Fungsinya sangat banyak sob. Dengan memberikan nama, sobat bisa membiasakan diri untuk memanggil saat-saat memberi makan, saat diajak main dan saat-saat sedang bersama. Sampai pada akhirnya dia akan menghafal pola kebiasaannya. Dia juga akan sadar bahwa nama yang sering kalian ucapkan adalah sebagai isyarat sedang memanggil dirinya (SG).

2. Melatih Sugar Glider secara Perlahan-Lahan di Jendela

Cara Membuat Sugar Glider Bonding
Gambar diambil dari grup facebook

Berdasarkan pengalaman, dulu saya memiliki sugar glider umur 3 bulan, dia sudah jinak namun masih suka lari-lari saat diletakkan di tubuh kita. Sehingga saya pun harus melatihnya agar bonding.

Langkah pertama yang saya lakukan ialah meletakkan sugar glider di jendela lalu saya panggil-panggil sambil saya berdiri di depannya (jaraknya 30 cm) dengan tujuan agar dia mau melompat ke saya. Nah ketika dia sudah mau lompat ke badan saya, maka jaraknya dijauhkan, dari 30 cm ke 50 cm. Pokoknya lakukan terus secara bertahap.

3. Melatih Sugar Glider Agar Bonding di Atas Pintu

Setelah sudah terbiasa loncat dari jendela ke tubuh kita, maka selanjutnya adalah menaruhnya ke tempat yang lebih tinggi dan jauh. Bisa pintu atau yang semisal dengannya. Caranya sama seperti di atas, yaitu dipanggil dan biarkan dia terbang ke kamu.

Menurut kami pribadi cara ini sangat maksimal dan Alhamdulillah, hanya membutuhkan waktu 1 pekan SG saya bisa bonding.

4. Melatih Sugar Glider di Tengah Lapangan

Cara Membuat Sugar Glider Bonding
Foto diambil dari grup facebook

Untuk membuktikan apakah sugar glider kita sudah bonding atau belum, cobalah bawa ke tengah-tengah lapangan. Kemudian dipanggil namanya, apakah mau mengejar atau tidak. Kasih jarak yang dekat dulu dengan kalian, jika sudah bisa mendekat jauhkan lagi jaraknya. Sampai akhirnya dia mau mengejar kalian jika lari.

Baca juga: 6 Jenis Penyakit Berbahaya Sugar Glider dan Cara Mengobatinya

Itulah cara membuat sugar glider bonding. Selain cara-cara di atas, sobat bisa melakukan eksperimen sendiri. Bisa jadi cara kalian lebih cocok untuk diterapkan daripada cara saya. Dan perlu diingat bahwa setiap SG memiliki karakter yang berbeda, ada yang mudah dan ada yang sulit dilatih. So bersabarlah! Toh nanti kalian sendiri yang akan memetik hasilnya. Menjadi sebuah kebanggaan kalau bisa membawa sugar glider kesayangan kita ke mana-mana. Bersabarlah, usaha tak akan mengkhianati hasil. 🙂 Selamat mencoba.

25 responses to “Cara Mudah Membuat Sugar Glider Bonding dan Nurut”

  1. Unknown Avatar
    Unknown

    Gan mau tanya kalo sg suka gigit" benda di sekitarnya terus terkadang suka gigit jari kalo mau ngambil sg dari kandang tapi ga crabing itu kenapa dan gimana biar sgnya ga gt ?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Gan byan, salah satu karakter sugar glider adalah suka penasaran. Atau dalam arti lain kepo. Jadi sugar glider sobat yang suka menggigit benda disekitarnya seperti batok atau besi kandang itu adalah hal yang wajar…

      Agan tunggu saja nanti juga tidak menggigit jika sudah bosan.

      Kalau pas ngambil terus digigit, jangan langsung di tarik. Biarkan menggigit.

  2. Unknown Avatar
    Unknown

    gans mau tanya ni klo Mau miara SG tp suasana di rumah ramai kira2 boleh ga?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Bisa kak alfi, kak Al Fi bisa meletakkan di dalam kamar pribadi. Intinya cari tempat yang dirasa agak mendingan.. tidak terlalu bising.

    2. Unknown Avatar
      Unknown

      nah , misal di taru di kamar.. tapi di samping nya ada aquium gpp?

      kan kadang suka ada suara percikan air atau ga putaran filter.

      nah itu gmna?

    3. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Gak papa kak, suara air kan tidak bising. 🙂 yang bising itu kaya suara bangunan, atau suara alat alat besar

  3. Unknown Avatar
    Unknown

    Mau tanya, misalkan kita coba taruh di jendela tp dia masih blm mau loncat ke kita, cara biar dia mau gimana ya? Apa harus ada pendekatan lain? Atau harus kita coba terus

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Ya, sudah pasti yang pertama adalah melakukan pendekatan kepada sugar glider. Sering dipegang dan dibawa kemana-mana di dalam kantong.

      Jika sudah mulai kenal, cobalah Letakkan sugar glider di atas jendela yang tidak terlalu tinggi. Kemudian kamu mendekat kepadanya, sambil memanggil. Lalu ceremati Apakah Dia akan mendekat atau tidak.

      Lakukan secara bertahap. Bila dia mau mendekat cobalah cari jendela yang lebih tinggi.

  4. Unknown Avatar
    Unknown

    Mas mau tanya apa boleh melihara SG tapi cuma 1??

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Boleh saja mas. Yang penting sering diajak main, sering di handle. Kalau sudah ada uang, bisa beli satu lagi.

  5. Unknown Avatar
    Unknown

    mas SG aq klo.mau.dipegang susah.bgt aktif.bgt di.dalem.kandangnya…klo dag ada.pitak.di.kepala.berarti.umur.berapa tuh mas…tips.biar jinak.dan nonding.gimana

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Kalau sudah pitak sudah dewasa mas. Di atas 3-4 bulan. Untuk menjinakkan sugar glider sudah saya bahas banyak kok. Dan itu berdasarkan pengalaman saya. (Baca saja di situs ini, cara menjinakkan sugar glider)

      Intinya karakter sugar glider itu semakin lama dibuat mainan di handel akan semakin jinak. Nanti nurut sama yang punya. Kalau Sugar Glider hasil tangkapan liar mungkin lebih susah lagi menjinakkannya. Tapi bisa kok, disabarin saja mas. Sering kasih makan dengan tangan, malah kalau dia mau gigit kasihkan saja tangan kita. Biar dia gigit sekalian

  6. Anonim Avatar
    Anonim

    Mas saya mau tanya nih.saya baru pertama kali melihara SG, makanan yang bagus buat dia apa mas. Biar saya bisa bikin jadwal makannya mas

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Wah selamat ya mas atas mainan barunya.

      Soal makanan sugar glider yang bagus sudah mimin tulis di situs ini kak. Sama jadwalnya juga, dibuka buka ya kak di situs.

  7. Anonim Avatar
    Anonim

    Mas mau tanya lagi nih hehe
    Tadi sg saya kan saya ajak main tapi tbtb dia ngeluarin cairan gitu mas tanpawarna/bening cairannya. Itu kenapa mas

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Normal itu kak. Itu SG nya masih belum kenal sama sampean (ownernya) aja alias belum terbiasa dengan manusia.

      Umumnya sugar glider yang suka mengeluarkan cairan putih kadang dibarengi bau menyengat seperti bau bawang putih akibat jarang dihandle/diajak main.

      Secara logikanya, dia sedang merasa terancam/ketakutan makanya mengeluarkan cairan putih tersebut. Untuk menghilangkan nya? Simpel sih, buat sugar glider anda senyaman mungkin ibarat anda dengan pasangan anda. wkwkw salam piss

  8. Nibraswiksadana Avatar
    Nibraswiksadana

    Gan, boleh ga kalo SG nya sesekali kita taro di dalam kamar kita tapi lepas kandang?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Boleh banget kak, malah bagus bisa membuat dia jinak, kenal Anda dan bisa bonding. Semacam ini disebut free room.

      Silakan banyak membaca di situs ini tentang sugar glider kak.

  9. Unknown Avatar
    Unknown

    kak biar potong kuku nya gampang gimana ya caranya,soalnya saya mau potong in kuku SG nya tapi dia malah lari2 dan berontak ��

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Pake lap/kain Kak, tapi yang lembut ya. Kalau bisa semua ditutupi kain, cuma kaki yang kukunya mau dipotong saja yang dikeluarkan

  10. Unknown Avatar
    Unknown

    Sg saya kalo ditaruh tangan pengenya mau turun terus da sembunyi itu knapa ya? Minta penjelsanya kak?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Berarti belum nyaman sama Anda. Atau diartikan belum kenal. Saran saya SG nya sering dipegang dulu dengan tangan menggenggam tapi jangan kencang kencang

  11. Uchyuno Avatar
    Uchyuno

    mas klo SG pelihara di dlm kamar bisa gk??
    Tpi SG sy lebih senang di bwh tempat tdur
    gpp kan??
    bgi saranny dong

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Boleh dong, hehe saya aja dipelihara di dalam kamar.

      Soal di bawah tempat tidur gak masalah yang penting bersih dan juga selalu jaga jaga, takutnya nanti keinjak, atau kejatuhan benda berbahaya.

      Saran saya, tetap di dalam kamar gak masalah. Sering diajak main, diajak ngobrol hehe

  12. Chrysjims Avatar
    Chrysjims

    Kak, saya baru beli SG usia 2 bulan. Apa gigi nya sudah tajam ? Krn saya sering kaget kalau dia crabbing. Karena takut di gigit, jadi saya pake sarung tangan setiap mau memegang atau mengelus.
    Apa SG tetap bisa jinak dan bonding dengan saya meskipun saya pakai sarung tangan ? Hampir setiap hari 2-3jam sekali saya sempatkan mengelus2 dia di kandang.
    Terima kasih 🙏

Leave a Comment