Penyebab dan Cara Mengatasi Ikan Arwana Tidak Mau Makan

Ikan arwana tidak mau makan- Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan yang terkenal akan keindahan bentuk dan warna sisiknya, sehingga dia pun banyak digemari dan dipelihara oleh pencinta ikan hias air tawar di seluruh dunia dan Indonesia. Atas dasar itulah arwana dibandrol mahal di pasaran [baca: jenis dan harga ikan arwana terbaru].

Penyebab dan Cara Mengatasi Ikan Arwana Tidak Mau Makan

Tapi di balik itu semua sobat perlu tahu bahwa dalam merawat ikan arwana kadang tidak sejalan dengan apa yang kita pikirkan. Misalnya belum lama ini hobinatang.com melihat para pemula mengeluh di grup komunitas tentang ikannya yang tidak mau makan, "Kenapa ikan arwana saya tidak mau makan?" atau "Apa sih penyebab ikan mogok makan dan bagaimana cara mengatasinya?" dan lain sebagainya.

Ketahuilah, sebenarnya permasalahan ikan arwana yang tidak mau makan ini adalah permasalahan yang umum dan biasa dialami oleh penghobi ikan arwana. Jadi bukan hanya kalian saja yang mengalaminya. Tapi jangan khawatir sebab di sini kami akan berbagi pengalaman berupa tips menangani arwana tidak mau makan dan disertai sebab-sebabnya.

Ok langsung saja berikut faktor-faktor utama yang menyebabkan arwana tidak mau makan dan cara mengatasinya:

Sebab dan Cara Mengatasi Ikan Arwana Tidak Mau Makan


Sekitar ada 4 sebab yang berhasil kami simpulkan berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman para member grup facebook komunitas arwana:

1. Ikan Arwan Sedang Adaptasi di Tempat Barunya


Ikan Arwana Tidak Mau Makan
gambar arwana by @james low pinterest.com

Jika kalian baru membeli arwana dan dia tidak mau makan, maka ini merupakan hal yang wajar. Karena ikan arwana tergolong ikan yang susah untuk beradaptasi. Dia membutuhkan waktu yang lama agar bisa menyesuaikan lingkungannya. Makanya kadang dia akan stres setelah dipindahkan ke tempat barunya. Lalu apa solusinya?

Kalau memang faktornya karena adaptasi, sobat tidak perlu khawatir. Tunggu saja 5-7 hari, nanti dia juga akan makan sendiri dengan lahap. Kalau masih belum mau makan gimana? Ini jarang terjadi tapi tidak mengapa akan saya berikan tipsnya.

Jika 1 minggu lebih ternyata si ikan belum juga doyan makan, sebaiknya atur seat heaternya hingga 30 C dan tambahkan juga garam ikan 1 gram/liter air.

2. Kondisi Air Kotor Sehingga Ikan Tidak Mau Makan


Ikan Arwana Tidak Mau Makan
gambar akuarium keruh

Penyebab ikan arwana tidak mau makan yang berikutnya adalah kondisi airnya yang keruh dan kotor. Hal itu bisa terjadi karena keadaan aquarium yang tidak jernih akan membuat parameter airnya ikut berubah, baik dari segi suhu, keasaman dan kadar oksigen di dalam air itu sendiri. Dari sinilah akan mengakibatkan si arwana stres dan pada akhirnya dia malas makan.

So untuk mencegah dan mengatasinya, sobat cukup mengganti air (Water Change) secara rutin dan disiplin. Tapi ingat saat mengurasnya diusahakan dengan cara pelan-pelan agar guncangan airnya tidak kuat yang itu justru bisa membuat ikan arwana tambah stres. Perhatikan tutorial cara menguras aquarium yang benar di bawah ini:

  1. Pertama sediakan garam ikan, dan pengukur PH air (kalau ada)
  2. Lalu kuras airnya secara perlahan-lahan, namun semua air yang ada di dalam tank jangan dihabiskan. Melainkan cukup 30% saja.
  3. Setelah itu bersihkan dan cuci filter/kapas sampai bersih lalu dijemur hingga kering (lebih bagus lagi kalau diganti  dengan yang baru).
  4. Jika semua sudah dibersihkan maka selanjutnya sobat memasukkan air pengganti tapi sebelumnya sudah direndam 24 jam agar kandungan kapurnya mengendap.
  5. Perhatian, jangan menggunakan air berkaporit dan usahakan suhunya 30 C, makanya di atas tadi sudah disarankan untuk menyediakan alat pengukur suhu air supaya kita tahu ukurannya.
  6. Kalau air pengganti sudah siap selanjutnya, masukan dengan pelan-pelan. (bisa juga ditambahkan garam ikan)

Apabila airnya sudah jernih, kalian tinggal mencoba memberikan makanan pada si arwana, saya jamin pasti dia akan memakannya.

3. Pemberian Pakan yang Monoton dan Berlebihan


Jika arwana tidak mau makan bisa jadi karena kalian salah dalam memberikan makanan untuknya. Entah itu kelebihan atau monoton alias tidak dikombinasikan dengan jenis pakan arwana lainnya. So kombinasikanlah dengan yang lainnya agar tidak bosan dan juga jangan terlalu banyak sebab malah akan menjadikan kehilangan nafsu makan si ikan.

Kalau sudah terlanjur bagaimana? Nah kalau sudah terlanjur dan dia tidak mau makan, maka solusinya kalian harus memancingnya dengan cacing beku, jangkrik atau lainnya. Tapi disesuaikan juga dengan ukuran si ikan misalnya untuk arwana yang masih kecil (di bawah 18 cm) maka dikasih cacing beku yang sudah dilembutkan dan untuk yang dewasa (25 cm) bisa dicoba dengan pakan jangkrik dan ulat hongkong. Yang jelas kalian bisa bereksperimen sendiri sesuai makanan yang paling disukainya.

4. Karena Penyakit atau Ikan Sedang Sakit


Ikan Arwana Tidak Mau Makan

Alasan terakhir ikan arwana tidak nafsu makan adalah karena sedang sakit dan terserang bakteri. Bahkan kita pun kalau lagi sakit juga pasti tidak nafsu makan. Maka untuk solusi dari masalah ini adalah diobati. Silahkan baca: 15 Jenis Penyakit Ikan dan Cara Mengobatinya.

Itulah penyebab ikan arwana tidak mau makan dan cara mengatasinya. Semoga bisa bermanfaat buat arwana lovers. Artikel ini boleh dicopas asalkan menyertakan sumber hobinatang.com (DMCA protected). Thanks You

14 Komentar Penyebab dan Cara Mengatasi Ikan Arwana Tidak Mau Makan

  1. Min mw tanya bagaimana agar arwana mw makan ikan atw udang masalahnya dia hanya mau makan jangkrik saja

    Pernah seminggu lebih ga di kasih makan trus kasih ikan dan udang ga di makan namun saat di kasih jangkrik baru dia mw makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begini mas, biasanya suhu yang terlalu dingin membuat si ikan tidak nafsu makan dan pilih2 makanan.. Ciba kasih heater dan di set kadi 30 c. Makasih atas pertanyaan Anda.

      Delete
  2. Mau tanya om saya baru beli arwana di kasi ulat daun pisang dimakan tapi dikasi ikan ngak mau padahal dit4 yg jual dia mau makan ikannya.ada solusi tidak om makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya baru beli, berarti masih adaptasi Om. Coba deh tunggu paling tidak satu/dua pekan. Kalau masih gak mau makan, komen lagi ya Om. Nanti saya kasih solusinya.

      Delete
  3. Om numpang nanya, saya baru beli arwana golden sehari yg lalu, hari ini saya kasih jangkrik 1 tp dy ga mau makan, apa karena penyesuaian? Nah pas kemarin beli langsung saya taro di tank saya, ga lama dy muntahin ulat jerman sekitar 3 ekor, kira2 kenapa ya om? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasus ini sering terjadi om. Dulu punya teman juga gitu.

      Sampean harus mengerti keadaan si ikan om. Kalau ikan baru beli, dan di taroh di tempat baru. Pasti butuh penyesuaian. Memang jarang ada ikan arwana yang bisa langsung beradaptasi di tempat barunya.

      Maka sarannya dari kami jangan dikasih makan dulu. Pokoknya sementara dipuasain dulu 2-3 hari, takut muntah karena penyesuaian tempat dan air.

      Itu penyebabnya om.. Makasih. jika masih muntah tanya lagi ya.

      Delete
  4. Saya punya golden red bang ukuran 10cm udah 3 hari nggak mau makan jangkrik ,udah saya ganti airnya 30% pake heater juga ,klo lampu aquarium dimatiin ikannya nambrak2 kaca bang mohon minta solusinya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya, coba ganti air lalu puasain aja sekalian. Selama ikan keliatan sehat santai saja jangan khawatir. Kalau sudah itu langsung lahap dia,

      Atau yang sering dilakukan anggota grup ACI (Arwana Club Indonesia), kalau mendapati arwana mogok makan dipancing sama cacing tanah, biar mau makan lagi.

      Terimakasih Om, kalau masih mogok makan lagi, kirim lagi pertanyaan ya.

      Delete
  5. makasih infonya..arwana silver ane berkurang nafsu makannya setelah pindah akuarium..hari keempat udah mulai lahap meski blm kayak biasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mas, kondisi air memang bisa jadi faktor dia gak nafsu makan. Syukurlah kalau sudah lahap, jika suatu saat ada masalah bisa tanya tanya ke sini lagi mas.

      Delete
  6. Om akhir"2 ini arwana saya suka mati tiap habis dikuras akuariumnya, padahal dulu2 enggak, kira2 kenapa ya, udah ke 3x nya dalam 1tahun ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan heran Om, yang mengalami kejadian ini juga cukup banyak. Belum lama ada kawan yang 8 ekor ikannya mabok hampir mati karena dia stres setelah dikuras disi air kran, akhirnya diganti air taratak bumindo habis 8 galon, tapi sembuh.

      Jadi penyebabnya penyebab ikan sampean mati, kemungkinan besar karena stres setelah dikuras, entah kondisi airnya yang tidak cocok atau cara ngurasnya yang kurang baik. Usahakn suhu heater diatur sesuai kondisi 30 C.

      Delete
  7. Bang ikan arwana saya tidak mau makan, padahal pas saya kasih makan sama ikan arwananya di gigit terus di lepehin lagi kira2 knp ya? Udah beberapa hari dia kaya gitu terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar karena bosan dengan menu makanan nya om,

      Coba kasih makanan kesukaannya Kelabang. Kelabang makanan paling enak buat arwana,makanya kalau arwana mogok makan dipancing menggunakan kelabang, apabila nafsu makannya sudah normal tapi ga mau makan jenis pakan lain (misalnya jangkrik, kecoa) mal caranya harus di puasain.

      Tapi kalau dompet sampean kuat, ya beliin kelabang terus..hehe

      Kasus ini sangat banyak dialami Om, cobalah beri pakan yang variatif

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top