Ikan arwana tidak mau makan– Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan yang terkenal akan keindahan bentuk dan warna sisiknya, sehingga dia pun banyak digemari dan dipelihara oleh pencinta ikan hias air tawar di seluruh dunia dan Indonesia. Atas dasar itulah arwana dibandrol mahal di pasaran [baca: jenis dan harga ikan arwana terbaru].

Penyebab dan Cara Mengatasi Ikan Arwana Tidak Mau Makan

Tapi di balik itu semua sobat perlu tahu bahwa dalam merawat ikan arwana kadang tidak sejalan dengan apa yang kita pikirkan. Misalnya belum lama ini hobinatang.com melihat para pemula mengeluh di grup komunitas tentang ikannya yang tidak mau makan, “Kenapa ikan arwana saya tidak mau makan?” atau “Apa sih penyebab ikan mogok makan dan bagaimana cara mengatasinya?” dan lain sebagainya.

Ketahuilah, sebenarnya permasalahan ikan arwana yang tidak mau makan ini adalah permasalahan yang umum dan biasa dialami oleh penghobi ikan arwana. Jadi bukan hanya kalian saja yang mengalaminya. Tapi jangan khawatir sebab di sini kami akan berbagi pengalaman berupa tips menangani arwana tidak mau makan dan disertai sebab-sebabnya.

Ok langsung saja berikut faktor-faktor utama yang menyebabkan arwana tidak mau makan dan cara mengatasinya:

Sebab dan Cara Mengatasi Ikan Arwana Tidak Mau Makan

Sekitar ada 4 sebab yang berhasil kami simpulkan berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman para member grup facebook komunitas arwana:

1. Ikan Arwan Sedang Adaptasi di Tempat Barunya

Ikan Arwana Tidak Mau Makan
gambar arwana by @james low pinterest.com

Jika kalian baru membeli arwana dan dia tidak mau makan, maka ini merupakan hal yang wajar. Karena ikan arwana tergolong ikan yang susah untuk beradaptasi. Dia membutuhkan waktu yang lama agar bisa menyesuaikan lingkungannya. Makanya kadang dia akan stres setelah dipindahkan ke tempat barunya. Lalu apa solusinya?

Kalau memang faktornya karena adaptasi, sobat tidak perlu khawatir. Tunggu saja 5-7 hari, nanti dia juga akan makan sendiri dengan lahap. Kalau masih belum mau makan gimana? Ini jarang terjadi tapi tidak mengapa akan saya berikan tipsnya.

Jika 1 minggu lebih ternyata si ikan belum juga doyan makan, sebaiknya atur seat heaternya hingga 30 C dan tambahkan juga garam ikan 1 gram/liter air.

2. Kondisi Air Kotor Sehingga Ikan Tidak Mau Makan

Ikan Arwana Tidak Mau Makan
gambar akuarium keruh

Penyebab ikan arwana tidak mau makan yang berikutnya adalah kondisi airnya yang keruh dan kotor. Hal itu bisa terjadi karena keadaan aquarium yang tidak jernih akan membuat parameter airnya ikut berubah, baik dari segi suhu, keasaman dan kadar oksigen di dalam air itu sendiri. Dari sinilah akan mengakibatkan si arwana stres dan pada akhirnya dia malas makan.

So untuk mencegah dan mengatasinya, sobat cukup mengganti air (Water Change) secara rutin dan disiplin. Tapi ingat saat mengurasnya diusahakan dengan cara pelan-pelan agar guncangan airnya tidak kuat yang itu justru bisa membuat ikan arwana tambah stres. Perhatikan tutorial cara menguras aquarium yang benar di bawah ini:

  1. Pertama sediakan garam ikan, dan pengukur PH air (kalau ada)
  2. Lalu kuras airnya secara perlahan-lahan, namun semua air yang ada di dalam tank jangan dihabiskan. Melainkan cukup 30% saja.
  3. Setelah itu bersihkan dan cuci filter/kapas sampai bersih lalu dijemur hingga kering (lebih bagus lagi kalau diganti  dengan yang baru).
  4. Jika semua sudah dibersihkan maka selanjutnya sobat memasukkan air pengganti tapi sebelumnya sudah direndam 24 jam agar kandungan kapurnya mengendap.
  5. Perhatian, jangan menggunakan air berkaporit dan usahakan suhunya 30 C, makanya di atas tadi sudah disarankan untuk menyediakan alat pengukur suhu air supaya kita tahu ukurannya.
  6. Kalau air pengganti sudah siap selanjutnya, masukan dengan pelan-pelan. (bisa juga ditambahkan garam ikan)

Apabila airnya sudah jernih, kalian tinggal mencoba memberikan makanan pada si arwana, saya jamin pasti dia akan memakannya.

3. Pemberian Pakan yang Monoton dan Berlebihan

Jika arwana tidak mau makan bisa jadi karena kalian salah dalam memberikan makanan untuknya. Entah itu kelebihan atau monoton alias tidak dikombinasikan dengan jenis pakan arwana lainnya. So kombinasikanlah dengan yang lainnya agar tidak bosan dan juga jangan terlalu banyak sebab malah akan menjadikan kehilangan nafsu makan si ikan.

Kalau sudah terlanjur bagaimana? Nah kalau sudah terlanjur dan dia tidak mau makan, maka solusinya kalian harus memancingnya dengan cacing beku, jangkrik atau lainnya. Tapi disesuaikan juga dengan ukuran si ikan misalnya untuk arwana yang masih kecil (di bawah 18 cm) maka dikasih cacing beku yang sudah dilembutkan dan untuk yang dewasa (25 cm) bisa dicoba dengan pakan jangkrik dan ulat hongkong. Yang jelas kalian bisa bereksperimen sendiri sesuai makanan yang paling disukainya.

4. Karena Penyakit atau Ikan Sedang Sakit

Ikan Arwana Tidak Mau Makan

Alasan terakhir ikan arwana tidak nafsu makan adalah karena sedang sakit dan terserang bakteri. Bahkan kita pun kalau lagi sakit juga pasti tidak nafsu makan. Maka untuk solusi dari masalah ini adalah diobati. Silahkan baca: 15 Jenis Penyakit Ikan dan Cara Mengobatinya.

Itulah penyebab ikan arwana tidak mau makan dan cara mengatasinya. Semoga bisa bermanfaat buat arwana lovers. Artikel ini boleh dicopas asalkan menyertakan sumber hobinatang.com (DMCA protected). Thanks You

31 responses to “Penyebab dan Cara Mengatasi Ikan Arwana Tidak Mau Makan”

  1. Pesona Hitam Avatar
    Pesona Hitam

    Min mw tanya bagaimana agar arwana mw makan ikan atw udang masalahnya dia hanya mau makan jangkrik saja

    Pernah seminggu lebih ga di kasih makan trus kasih ikan dan udang ga di makan namun saat di kasih jangkrik baru dia mw makan

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Begini mas, biasanya suhu yang terlalu dingin membuat si ikan tidak nafsu makan dan pilih2 makanan.. Ciba kasih heater dan di set kadi 30 c. Makasih atas pertanyaan Anda.

  2. Unknown Avatar
    Unknown

    Mau tanya om saya baru beli arwana di kasi ulat daun pisang dimakan tapi dikasi ikan ngak mau padahal dit4 yg jual dia mau makan ikannya.ada solusi tidak om makasih

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Namanya baru beli, berarti masih adaptasi Om. Coba deh tunggu paling tidak satu/dua pekan. Kalau masih gak mau makan, komen lagi ya Om. Nanti saya kasih solusinya.

  3. Unknown Avatar
    Unknown

    Om numpang nanya, saya baru beli arwana golden sehari yg lalu, hari ini saya kasih jangkrik 1 tp dy ga mau makan, apa karena penyesuaian? Nah pas kemarin beli langsung saya taro di tank saya, ga lama dy muntahin ulat jerman sekitar 3 ekor, kira2 kenapa ya om? Makasih

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Kasus ini sering terjadi om. Dulu punya teman juga gitu.

      Sampean harus mengerti keadaan si ikan om. Kalau ikan baru beli, dan di taroh di tempat baru. Pasti butuh penyesuaian. Memang jarang ada ikan arwana yang bisa langsung beradaptasi di tempat barunya.

      Maka sarannya dari kami jangan dikasih makan dulu. Pokoknya sementara dipuasain dulu 2-3 hari, takut muntah karena penyesuaian tempat dan air.

      Itu penyebabnya om.. Makasih. jika masih muntah tanya lagi ya.

  4. Unknown Avatar
    Unknown

    Saya punya golden red bang ukuran 10cm udah 3 hari nggak mau makan jangkrik ,udah saya ganti airnya 30% pake heater juga ,klo lampu aquarium dimatiin ikannya nambrak2 kaca bang mohon minta solusinya terimakasih

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Saran saya, coba ganti air lalu puasain aja sekalian. Selama ikan keliatan sehat santai saja jangan khawatir. Kalau sudah itu langsung lahap dia,

      Atau yang sering dilakukan anggota grup ACI (Arwana Club Indonesia), kalau mendapati arwana mogok makan dipancing sama cacing tanah, biar mau makan lagi.

      Terimakasih Om, kalau masih mogok makan lagi, kirim lagi pertanyaan ya.

  5. LordBerly Avatar
    LordBerly

    makasih infonya..arwana silver ane berkurang nafsu makannya setelah pindah akuarium..hari keempat udah mulai lahap meski blm kayak biasanya

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Sama sama mas, kondisi air memang bisa jadi faktor dia gak nafsu makan. Syukurlah kalau sudah lahap, jika suatu saat ada masalah bisa tanya tanya ke sini lagi mas.

  6. Alidefiore Avatar
    Alidefiore

    Om akhir"2 ini arwana saya suka mati tiap habis dikuras akuariumnya, padahal dulu2 enggak, kira2 kenapa ya, udah ke 3x nya dalam 1tahun ini..

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Jangan heran Om, yang mengalami kejadian ini juga cukup banyak. Belum lama ada kawan yang 8 ekor ikannya mabok hampir mati karena dia stres setelah dikuras disi air kran, akhirnya diganti air taratak bumindo habis 8 galon, tapi sembuh.

      Jadi penyebabnya penyebab ikan sampean mati, kemungkinan besar karena stres setelah dikuras, entah kondisi airnya yang tidak cocok atau cara ngurasnya yang kurang baik. Usahakn suhu heater diatur sesuai kondisi 30 C.

  7. Unknown Avatar
    Unknown

    Bang ikan arwana saya tidak mau makan, padahal pas saya kasih makan sama ikan arwananya di gigit terus di lepehin lagi kira2 knp ya? Udah beberapa hari dia kaya gitu terus

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Kemungkinan besar karena bosan dengan menu makanan nya om,

      Coba kasih makanan kesukaannya Kelabang. Kelabang makanan paling enak buat arwana,makanya kalau arwana mogok makan dipancing menggunakan kelabang, apabila nafsu makannya sudah normal tapi ga mau makan jenis pakan lain (misalnya jangkrik, kecoa) mal caranya harus di puasain.

      Tapi kalau dompet sampean kuat, ya beliin kelabang terus..hehe

      Kasus ini sangat banyak dialami Om, cobalah beri pakan yang variatif

  8. Unknown Avatar
    Unknown

    Mau tanya itu pas ganti air ikan dipindahkan ke ember atau dibiarkan??

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Ganti setengah atau 1/3 saja tidak masalah Om. Tidak harus semua nya

  9. Unknown Avatar
    Unknown

    Om cara ngatasi aro yg keselek jangkrik gmn y om?RTG uk 20cm.pdhl lg lahap2 ny mkn jangkrik,trakhir ky keselek gt.hari2 brikutnya dy mogok mkn.mksih

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Kalau ngasih jangkrik sebaiknya kaki dihilangkan, karena itu yg membuat ikan arwana keselak jangkrik.

      Untuk memastikan, coba dulu ambil ikan arwananya lalu dicari apakah ada jangkrik yang nyangkut atau tidak. Kalau ada, jangkrik yang tersendat tersebut diambil menggunakan pinset

  10. Unknown Avatar
    Unknown

    Cara ngatasi arwana yg keselek jangkrik gmn y om?efekny jd g mau mkn.g lincah.engap2an ky cari nafas

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Sudah saya jawab Om, coba baca di atas ya. 🙂

  11. Unknown Avatar
    Unknown

    2 bulan lalu si suami beli arwana golden red.selain jangkrik,dia tidak mau makanan lainnya sperti udang ataupun ikan.dan kondisi ikan arwana tersebut sehat dan lahap makan.namun si suami mencoba memberikan obat elbayu/pencegahan tumbuhnya jamur.nah seketika itu si arwana tidak mau makan sampe kurang lebih 2 mingguan.sudah saya coba berbagai saran seperti menguras air,sll menjaga kebersihan air,memberikan obat penambah nafsu makan atau pomate,dan mencoba memberikan heater utk mengatur suhu air kolamnya.namun semuanya tidak ada perubahan.mohon solusinya donk om,barangkali ada yg pernh punya pengalaman seperti yg saya alami saat ini.terimakasih banyak sebelumnya

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Saya sendiri belum pernah mengalami hal semacam ini, menurut saya bisa karena terpengaruh obat atau bisa juga karena bosen dengan jangkrik.

      Arwana juga mudah bosan Om, coba berikan maknan selingan. Masukkan ikan mas kecil kecil, kalau lapar dia kan makan sendiri nanti. Kuras+garam+heater sudah bagus, tinggal lihat perkembangannya

  12. Unknown Avatar
    Unknown

    Kl ph 8.3 bisa berpengaruh ke kurang nafsu makan apa ngga om? Suhu diatas 31…

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Yang penting ikan sehat Om. saya pakai air pH 8-8.5, Aro tetap sehat, sumringah, rakus makannya, yang terpenting aerator banyakin dan air rendah amonia, aman Insyaallah.

      Walaupun ada juga yang menyarankan Ph nya tidak boleh 8, karena tidak cocok dan bisa buat stress dan mati, biasanya kalau PH 8, dikasih daun ketapang.

      But, itu masih sekedar pendapat. Silahkan kalau khawatir bisa dikasih daun ketapang.

  13. Unknown Avatar
    Unknown

    pagi om..mau numpang tanya..arwana irian saya ukuran 20cm lebih hanya makan 1 ekor anakan ikan mas sehari..sedangkan kalau dikasih ulat hongkong agak lahap..normal ga ya krn dikasih jangkrik ga mau ?
    terima kasih..

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Normal Om, selama masih doyan makanan jenis lain mah normal. Palingan ikannya bosen dengan jangkrik

  14. Unknown Avatar
    Unknown

    Maaf om saya baru beli ikan arwana silver ukuran kurang lebih 20cm kebawah, pas beli sekalian beli pakan nya ikan mas kecil, pas saya taroh ikan arwana sma akan nya ko ga di makan ya om, ikan cemdsrung mondar mandir, saran dari om gmna? Makasih

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Saran saya, kasih jenis pakan lainnya Om. Kalau masih belum mau makan, dipuasaain dulu.

  15. Unknown Avatar
    Unknown

    bg ikan arwarna saya sudah bberapa hari tidak mau makan, penyebab nya itu sress / terserang penyakit ya biasa nya ?
    atau saya ikutin langkah" di atas dahulu ? dengan menganti air dan suhu air jadi 30 C ? mohon bimbingan nya

  16. Ben Avatar
    Ben

    Pagi Om, arwana saya red banjar 20 cm-an habis operasi tutup insang dan sempat lompat dari aquarium. Setelah itu nafsu makannya sangat kurang, padahal sudah 3 minggu lebih. Biasa diberi makan ulat hongkong, dan sudah coba diberi selingan jangkrik juga masih susah makannya. Perilakunya seperti biasa, seperti minta makan dengan mondar mandir di kaca depan, tapi saat diberi makan, dia hanya lewat saja seperti tidak melihat makanan yang mengambang di atasnya. Mohon pencerahannya Om, terima kasih.

  17. Unknown Avatar
    Unknown

    Maaf om saya baru aja beli arwana silver memang sih masih kecil saya kasih cacing beku tapi dia gak mau makan. Malah diam saja di pojok aquarium. Mohon solusinya 🙏

Leave a Comment